3 Ide Ruang Belajar yang Unik dan Kreatif

Rumah adalah sebuah ruang yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Tak hanya berfungsi sebagai tempat istirahat, sejatinya rumah dapat digunakan sebagai tempat kerja, belajar, bermain, dan menyalurkan hobi.  Ruang belajar atau ruang kerja, merupakan satu komponen ruang yang semestinya ada di setiap rumah.

Salah satu faktor yang memengaruhi kenyamanan ruang belajar adalah jenis dan warna lantai Anda.  Sebenarnya tak perlu budget yang cukup besar untuk mewujudkan lantai yang nyaman dan indah.  Lantai vinyl dapat dijadikan alternatif dekorasi ruang belajar sesuai kebutuhan Anda.

Menyiapkan Ruang Belajar dalam Berbagai Kondisi

Meski tak memiliki ukuran yang cukup luas, tiga ide kreatif ini dapat diterapkan agar ruang belajar tetap tersedia bagi penghuni rumah:

1. Memanfaatkan Loteng Rumah

Sering kali, loteng digunakan sebagai gudang dan tempat penyimpanan barang yang jarang dipakai.  Padahal justru lebih bermanfaat jika loteng difungsikan sebagai ruang belajar atau bekerja.  Meskipun berukuran sangat kecil, loteng dapat digunakan sebagai ruang bealajar mini yang menarik.

Memanfaatkan Loteng Rumah

Bentuk langit – langit dan ukurannya yang kecil akan menimbulkan rasa nyaman juga tenang.  Terlebih lagi, jika Anda menggunakan lantai vinyl murah dan bisa mengatur rak serta tempat duduk di muka jendela sehingga dapat melihat pemandangan di depan rumah.

2. Ruang Belajar Tersembunyi dan Hangat

Jika Anda ingin tetap terhubung dengan keluarga saat sedang belajar atau bekerja.  Menempatkan ruang bealajar di sisi tersembunyi dari ruang keluarga adalah ide yang cukup menarik.

Ruang Belajar Tersembunyi dan Hangat

Tidak perlu menyekat ruangan dengan dinding yang tinggi.  Anda hanya perlu menempatkan bangku pemisah terbuka yang akan menjadi batas antara ruang belajar dan ruang keluarga. Bagian bawah bangku dapat didesain menjadi ruang penyimpanan agar ruangan tetap tertata rapi dan mengesankan.

Baca juga: Keunikan Jenis Rumah Adat Lampung

3. Ruang Belajar di dalam Kamar Tidur

Pada prinsipnya. mendesain ruang belajar di dalam kamar tidur adalah memanfaatkan space ruang yang tersedia.  Sekat pembatas tidak perlu dibuat terlalu besar dan kokoh.  Anda dapat memanfaatkan headboard tempat tidur sebagai pembatas ruang, juga dapat digunakan sebagai tempat meletakkan aksesoris lucu dan simpel.

Ruang Belajar di dalam Kamar Tidur

Tiga ide desain ruang belajar diatas dapat diterapkan bahkan jika Anda hanya memiliki budget terbatas.  Untuk mendapatkan lantai yang menarik juga terjangkau, Anda bisa memanfaatkan lantai vinyl yang banyak tersedia di pasaran. Tidak ada alasan untuk tidak menyiapkan ruang belajar di rumah Anda ya! 🙂

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are