3 Langkah Praktis Untuk Persiapan Agenda Kunjungan Industri

Di era perkembangan teknologi dan informasi seperti saat ini, pembelajaran dapat diperoleh melaui berbagai cara seperti berselancar di dunia maya serta menonton video maupun membaca buku secara online. Namun, kunjungan industri adalah salah satu metode pembelajaran yang belum bisa digantikan oleh teknologi saat ini. Kunjungan industri merupakan kegiatan belajar di luar ruang kelas yang mampu membantu peserta kunjungan memahami kondisi dan situasi di tempat industri serta memperlihatkan bagaimana kegiatan produksi berlangsung yang akan mendukung program keahlian peserta kunjungan industri tersebut. Bertambahnya wawasan serta gambaran cara kerja industri tersebut diharapkan mampu membantu mengembangkan keahlian para peserta kunjungan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan

Melakukan kunjungan industri bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan tanpa persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya kunjungan industri yang Anda lakukan dapat berjalan dengan aman dan nyaman terutama bila peserta yang mengikuti kunjungan industri berasal dari sekolah atau universitas dengan jumlah siswa yang tidak sedikit. Yang harus Anda persiapkan yaitu:

1. Kerja sama dengan perusahaan tujuan.

3 Langkah Praktis Untuk Persiapan Agenda Kunjungan Industri

Hal yang pertama harus Anda lalukan adalah memilih perusahaan yang akan dikunjungi serta pilihlah perusahaan yang tidak terlalu jauh. Jika Anda berada di kota Bekasi, Cikarang merupakan kawasan industri yang dapat Anda kunjungi. Pastikan bahwa perusahaan tersebut menerima kunjungan semacam itu karena tidak semua perusahaan bersedia melakukan kunjungan industri. Tentukan hari yang tepat bagi Anda dan perusahaan tersebut karena kunjungan industri melibatkan banyak pihak dari perusahaan tersebut yang mungkin dapat mengganggu aktifitas keseharian mereka bila waktunya kurang tepat. Jangan ragu untuk melakukan konfirmasi ulang supaya kunjungan dapat berjalan lancar.

Baca ini juga: Pengalaman Seru Berwisata Keliling Jepara dengan Bus Mustika Holiday

 

2. Penyewaan transportasi.

Dengan jumlah peserta kunjungan yang tidak sedikit tentu moda transportasi yang paling tepat adalah bus. Biaya sewa bus di Bekasi sangat bervariasi, Anda dapat mencari penyewaan yang menawarkan harga yang sesuai dengan budget. Pastikan Anda menyewa bus dengan kondisi yang masih baik serta menawarkan berbagai fasilitas yang mendukung perjalanan Anda. Kenyamanan juga merupakan faktor yang juga perlu diperhatikan untuk menjaga mood peserta kunjungan industri.

menyewa bus

3. Susunan acara.

Menyusun budget memang penting, tetapi susunan acara tidak kalah penting ketika Anda akan melakukan kunjungan industri. Dengan membuat susunan acara Anda akan memiliki perencanaan yang lebih matang dari segi waktu, tempat, serta budget. Susunan acara juga akan membuat kunjungan industri Anda lebih efektif baik untuk peserta maupun perusahaan penyelenggara kunjungan tersebut. Pengaturan waktu yang ada di susunan acara juga akan mempermudah Anda memobilisasi peserta kunjungan dan mengurangi resiko keterlambatan baik dalam perjalanan maupun kunjungan itu sendiri.

Hal-hal tersebut penting diperhatikan sebelum Anda melakukan kunjungan industri supaya dapat memberikan manfaat yang optimal bagi para peserta maupun perusahaan penyelenggara. Untuk Anda yang berlokasi di Jabodetabek tidak perlu khawatir karena banyak perusahaan di daerah tersebut yang bersedia menerima kunjungan industri baik di kantor pusat maupun pabriknya. Anda cukup mencari perusahaan yang sesuai dengan tujuan kunjungan Anda dan menemukan layanan sewa bus pariwisata murah yang sesuai, maka kunjungan industri akan siap Anda lakukan.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *