4 Aspek Penting Penataan Ruang Kantor

4 Aspek Penting Penataan Ruang Kantor

Kebutuhan penataan ruang kantor semakin meningkat, penataan ruang kantor dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Setiap perusahaan seakan berlomba-lomba dalam mempercantik ruang kantor nya, apalagi saat ini banyak sekali perusahaan baru bermunculan di kota-kota besar terutama di ibu kota. Hal ini menjadi suatu peluang yang besar bagi para kontraktor interior di setiap kota, khususnya kontraktor interior Jakarta, hampir setiap perusahaan di ibu kota bekerja sama dengan para kontraktor interior, dimana mereka akan membantu dan mempermudah design penataan ruang kantor yang kita inginkan.

4 Aspek Penting Penataan Ruang Kantor

Saat ini banyak perusahaan yang menginginkan penataan ruang kantor yang modern dan minimalis, namun alangkah baiknya penataan ruang kantor tetap memperhatikan beberapa aspek penting, diantaranya adalah:

1. Aspek Keamanan

Keamanan selalu menjadi aspek penting dalam berbagai hal, sebagai manusia kita bahkan tidak tahu kapan bahaya akan datang mengancam kita. Banyak hal-hal yang kurang diperhatikan menyangkut keamanan oleh kebanyakan perusahaan saat ini, salah satunya adalah alat pemadam kebakaran yaitu APAR (Alat pemadam api ringan), alat ini sering dilupakan oleh beberapa perusahaan, padahal alat ini menjadi penanganan pertama ketika terjadi kebakaran sebelum api merambat luas ke seluruh ruangan. Dan hal lainnya yaitu sangat disarankan dalam setiap ruang kantor dilengkapi dengan CCTV atau kamera pengawas, biasanya diletakan di ruang depan tempat pintu keluar masuk, untuk memantau adanya aktivitas kejahatan. Jika setiap ruang kantor dilengkapi dengan alat-alat penunjang kemanan, maka kita akan merasa lebih nyaman saat bekerja.

2. Aspek Fungsional

Dalam penataan ruang kantor kita harus memperhatikan benda-benda atau interior yang sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan perusahaan, sehingga setiap interior yang ada dapat digunakan secara efektif, misalnya dalam memilih kursi dan meja kantor kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaan, jangan sampai menghadirkan komponen-komponen yang hanya akan mengganggu kenyamanan dan bahkan tidak berfungsi sama sekali. Jika semuanya didasari dengan aspek fungsional maka penataan ruang akan lebih efektif dan tentunya akan lebih menghemat budget perusahaan.

Baca ini juga: Desain Interior Post Modern

3. Aspek Kenyamanan

Kenyamanan kantor

Aspek ini menyangkut psikologis para pekerja, penataan ruang kantor harus sesuai dengan berbagai komponen-komponen yang akan membuat para pekerja merasa nyaman. Banyak hal yang akan membuat seseorang merasa nyaman dalam suatu ruangan, salah satunya adalah ruangan yang bersih, wangi, dan penataan ruang yang rapi. Fakta nya ruangan yang nyaman akan sangat mempengaruhi psikologis seseorang, yaitu dapat menimbulkan ketenangan dan kesenagan. Jika para pekerja sudah merasa nyaman maka mereka akan bekerja secara lebih efektif.

4. Aspek Estetika

Estetika merupakan keindahan, aspek ini juga sangat penting guna menciptakan kesan ruangan yang indah dipandang mata. Dalam pemilihan interior gunakan material-material ruangan yang sesuai dengan konsep nya, misalnya gunakan cat tembok dinding dengan warna yang cerah, lakukan pemilihan alat-alat kantor yang sesuai, dan sebaiknya hadirkan juga hiasan-hiasan ruangan, seperti misalnya lukisan-lukisan, pot bunga di atas meja atau disudut ruangan. Keindahan ruang kantor merupakan aspek wajib dalam penataan ruang kantor, hal ini akan mendorong keceriaan dan inspirasi seseorang.

Ke-4 Aspek diatas sangat penting dalam menata ruang kantor, meskipun saat ini jasa kontraktor interior indonesia sangat marak di berbagai kota, namun sebaiknya kita tetap harus tahu hal-hal yang akan mempengaruhi kelancaran dalam bekerja. Jangan lupa untuk menyiapkan budget dalam melakukan penataaan ruang, besaran budget yang kita miliki akan mempengaruhi konsep dan interior ruangan yang kita inginkan, yang terpenting adalah bukan hanya soal konsep atau interior, namun kenyaman dan kemanan adalah yang paling utama.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *