4 Tips Ampuh Lindungi Keluarga Dari Penyakit Mematikan

Kesehatan kini menjadi hal yang seharusnya paling diutamakan oleh setiap individu. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya penyakit mematikan tersebar yang obatnya sulit ditemukan. Salah satu penyebab munculnya penyakit-penyakit baru disebabkan karena produksi sampah dan polusi yang semakin meningkat.

Negara Indonesia khususnya menjadi negara yang memproduksi sampah dan polusi yang cukup tinggi. Maka dari itu masyarakat Indonesia sudah sewajarnya lebih berhati-hati dan menjaga lingkungan di sekitarnya supaya lebih bersih dan aman.

Salah satu lingkungan yang paling krusial adalah lingkungan rumah karena rumah merupakan tempat istirahat dan berkumpul bersama keluarga, maka lingkungan rumah sudah seharusnya menjadi lingkungan yang sehat. Masalah terbesar bagi kesehatan lingkungan rumah adalah sampah dan asap rokok. Walaupun larangan merokok di Indonesia sudah dipublikasikan melalui berbagai media, tetap saja kesadaran akan bahaya rokok masih sangat rendah. Orang yang merokok di dalam lingkungan rumah sangat membahayakan bagi lingkungan keluarga, apalagi jika dalam keluarga tersebut terdapat anak kecil yang sangat rentan terkena penyakit.

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Lingkungan Rumah

Beberapa hal harus Anda lakukan untuk kesehatan lingkungan rumah Anda. berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga lingkungan rumah Anda:

  1. Membuang sampah yang tergenang air hujan

Sampah yang mampu menampung air hujan sangat berbahaya bagi kesehatan karena air hujan yang tertampung dapat menjadi sasaran empuk bagi nyamuk untuk mengembangkan telur-telurnya, khususnya nyamuk penyebab demam berdarah yang merupakan penyebab kematian tertinggi pada anak di Indonesia.

  1. Kurangi kebiasaan menggantung pakaian

Kurangi kebiasaan menggantung pakaian

Setelah memakai pakaian umumnya kita punya kebiasaan menggantungnya, baik itu di balik pintu atau lokasi lain yang Anda sediakan. Namun sebaiknya kebiasaan ini segera dikurangi karena dapat mengganggu kesehatan udara rumah. Pakaian yang digantung dapat mengkontaminasi udara rumah dengan bau apek yang tentu saja mengandung banyak sumber penyakit.

  1. Tidak merokok sembarangan

Bagi Anda yang merokok, sebaiknya sediakan tempat khusus merokok di rumah. Rokok sebagaimana kita tahu sendiri telah menjadi penyebab munculnya penyakit yang kompleks baik diderita oleh perokok maupun non perokok atau perokok pasif yang tidak sengaja menghisap rokok dari perokokk aktif.

Rokok sudah menjadi masalah yang kompleks di Indonesia sehingga larangan merokok di Indonesia digalakkan di mana-mana. Hal ini dikarenakan zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, paru-paru, tenggorokan, kanker hingga kematian dan menyerang siapapun bahkan orang yang tidak menggunakan rokok. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyediakan ruangan rokok khusus di rumah apalagi jika di dalam rumah Anda terdapat anak di bawah umur.

  1. Membersihkan rumah secara rutin

Membersihkan rumah secara rutin

Tips selanjutnya adalah membersihkan rumah secara rutin minimal satu hari 1x. Membersihkan rumah dapat dilakukan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, membersihkan noda-noda di lantai, tembok dan bagian badan rumah yang lain, membersihkan debu, hingga membersihkan perabotan. Rumah yang tidak sering dibersihkan dapat menjadi sasaran empuk bagi berbagai jenis bakteri jahat, paratis dan virus penyebab penyaki-penyakit kronis.


Artikel menarik lainnya: Papan Nama Untuk Media Promosi


Tips-tips di atas dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan lingkungan rumah Anda sehingga Anda dapat melindungi seluruh anggota keluarga yang Anda sayangi.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *