5 Tips Desain Hunian Gaya Klasik Tanpa ‘Jebol’ Kantong

Hunian gaya klasik merupakan hunian ‘konglomerat’ atau hunian yang rata-rata hanya dimiliki oleh orang-orang elite. Hal ini disebabkan karena desain hunian gaya klasik selalu memakan biaya yang cukup mahal.

Hunian gaya klasik kuat dengan ciri khasnya yang megah, mewah, elegan, ruangannya yang luas, dan furniture yang rata-rata berbahan granit atau marmer. Dengan ciri khas seperti ini maka wajar saja jika hunian klasik merupakan hunian yang mahal.

Tapi siapa bilang jika hunian gaya klasik hanya dapat dimiliki orang elite? Hunian gaya klasik sangat bisa diterapkan dengan harga yang justru murah.

5 Tips Desain Hunian Gaya Klasik

Tips Desain Hunian Gaya Klasik Murah

Melalui 5 uraian tips ini Anda akan bisa memperhitung aspek yang dapat maksimalkan penerapannya dengan budget terjangkau dilansir dari Windowblind.

  1. Warna

Desain klasik sangat khas dengan warna-warna alam seperti kayu. Maka dari itu gunakan warna kayu, atau bahkan gunakan perabotan seperti kursi, meja, rak, lemari dan lainnya yang berbahan kayu. Selain warna kayu atau cokelat, gunakan juga warna hitam di beberapa sisi dan detail kecil untuk memperkuat kesan klasik.

  1. Cermin

Cermin dalam gaya hunian klasik merupakan aksesoris yang cukup penting. Penggunaan cermin sekaligus dengan cahaya yang dipantulkan dapat menambah kesan-kesan kilau sehingga ‘look’ klasik semakin terasa kuat.

  1. Properti

Properti merupakan perangkat yang tidak kalah penting keberadaannya dalam gaya klasik. Properti dapat memperkuat kesan klasik, khususnya jika properti tersebut selaras dengan warna ruangan. Contoh properti yang dapat menambah bahkan memperkuat kesan klasik adalah lampu gantung besar di ruang utama, guci, vas bunga besar, hingga lukisan yang berbingkaikan kayu. Selain itu penggunaan permadani besar sebagai alas tertentu di beberapa ruangan juga akan sangat membantu menambah kesan klasik dan mewah pada hunian.


Artikel menarik lainnya: Kelebihan Kursi Besi


  1. Gorden

Gorden dapat membantu memperkuat kesan mewah dan klasik sebuah ruangan, tapi tidak semua jenis gorden dapat melakukannya. Salah satu jenis gorden yang dapat menambah kesan klasik pada hunian Anda adalah gorden vertical blind.

Vertical blind merupakan  gorden yang tersusun dari bilah-bilah kayu secara vertical, biasanya menggunakan tali yang ditarik untuk menutup atau membukanya atau mengatur cahaya. Harga jual vertical blind sangat variatif di pasaran tergantung ukuran, bahan dasar, hingga motif, tetapi harga vertical blind cenderung murah.Harga jual vertical blind di pasaran berkisar mulai 30.000 hingga 150.000 rupiah per meter.

Selain jenis gorden, pemasangan gorden juga harus diperhatikan. Pasanglah gorden tinggi-tinggi, artinya melebihi rangka jendela. Hal ini berfungsi untuk membuat ilusi agar ruangan semakin terkesan megah. Semakin tinggi gorden, semakin terasa kesan megahnya.

  1. Detail

Detail hunian klasik memang selalu terkesan dengan detail yang banyak dan khusus, bahkan terkesan rumit dan kuno. Untuk detail Anda dapat menggunakan plafon dengan detail khusus, motif dinding khusus atau menggunakan wallpaper 3d agar detail semakin terasa dan kesan mewah semakin terlihat.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *