Hanya ada di Indonesia, ini adalah Alat Musik Tradisional

sumber gambar : www.dictio.id

Alat Musik Tradisional – keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia, bahasa dan adat yang berbeda-beda, tidak hanya mempunyai bermacam-macam kuliner saja, permainan dan alat musik pun juga memiliki varian yang beragam.

Inilah Indonesia, sebuah Negara yang memiliki beragam adat, budaya, bahasa dan suku yang berbeda dalam satu kesatuan bangsa, yakni bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi seputaran alat musik tradisional yang ada di Indonesia.

Tahukah kamu? kalau alat musik tradisional Indonesia tidak hanya untuk sarana hiburan semata? Yups, mungkin kamu-kamu semua sudah banyak yang mengetahui kalau alat musik tradisional di Indonesia digunakan juga untuk suatu ritual adat tertentu dan lain sebagainya.

Sebelum kami memberitahukan alat-alat musik tradisional apa saja yang ada di Indonesia, sebaiknya kamu juga simak kegunaan dan jenis dari alat musik tradisional tersebut. Kegunaan dan juga jenis dari alat musik tradisional dijelaskan dibawah ini:

 

Kegunaan atau fungsi alat musik tradisional Indonesia        

  1. Alat komunikasi

Bedug Masjid, Lonceng Gereja, Lonceng Sekolah, dan Kentongan Bambu Pos Hansip, adalah contoh alat-alat musik yang digunakan untuk memberitahukan bermulanya suatu kegiatan.

 

  1. Iringan tarian

Sebut saja seperti kendang, saron, bonang, rincik, demung, rebab, kecrek, sinden, gong dan juru alok yang menjadi alat musik pengiring tari jaipongan, untuk dewasa ini tari-tarian bisa menggunakan alat musik digital atau elektronik.

 

  1. Budaya dan Keagamaan (Ritual)

Ritual jaman dulu menggunakan iringan musik tradisional sehingga menciptakan nuansa yang kuat akan mistis dan sakral.

 

  1. Hiburan

 

sumber gambar : http://m.tribunnews.com

 

Kegunaan ini bertahan sampai sekarang, karena musik dikenal sebagai bahasa universal, maka tidak heran jika kamu melihat seseorang berjoget ria tidak karuan saat mendengar musik asing namun tidak tahu arti lirik yang dibawakan musik tersebut.

 

  1. Ekspresi

Pernahkan kamu menangisi suatu musik yang dibawakan seseorang? Sebagian orang ada yang pernah mengalaminya, bukan karena musiknya yang sumbang, fals atau membuat polusi suara, tetapi musik yang dibawakan seseorang tersebut begitu syahdu yang tanpa sadar bathin mu tergerak dan air mata terjatuh begitu saja.

Musik tak lain adalah sarana pengekspresian diri seseorang melalui alat musik.

 

  1. Niaga

Alat musik juga digunakan sebagai sarana perniagaan. Contohnya, kentongan bambu yang digunakan pedagang baso, atau gong kecil yang dipakai pedagang es dung-dung yang dimana berfungsi untuk memberitahukan kehadiran merekan kepada calon pembeli.

Musik yang digunakan Band selain bertujuan menunjukan karyanya, mempunyai tujuan lain yaitu agar album musiknya dibeli atau mereka dipanggil untuk melakukan pertunjukan publik yang dimana menjadi sumber penghasilan mereka.

 

Jenis alat musik tradisional Indonesia

  1. Santi Swara dan Laras Madya

Dengan iringan rebana, jenis musik ini cenderung untuk lagu-lagu islami (shalawatan).

 

  1. Goog Renteng

Bonang, Kecrek, Saron, kendang yang menjadi alat pengiring,  jenis musik ini cenderung diiringkan untuk acara maulid Nabi Muhammad SAW.

 

  1. Gambang Kromong

Adalah musik instrumental betawi yang diadaptasi dari musik Tiongkok, gamng kromong dipakai sebagai iringan tari.

 

  1. Krumpyung

 

sumber gambar : http://arissetiawan-etnomusikologi.blogspot.com

 

Menggunakan bambu sebagai instrumennya, instrumen musik ini serupa angklung. Perbedaannya terletak pada daerah asalnya, jika angklung berasal dari Jawa Barat, krumpyung berasal dari Yogyakarta.

 

  1. Huda

Jenis musik ini cenderung mengarah pada musik islami yang berasal dari minang, cikal-bakal musik huda berawal dari penggabungan tiga jenis musik terdahulu pada daerah asalnya, yaitu salaulaik dulang, dikil rabaro.

 

  1. Karang dodou

Biasanya musik ini digunakan untuk ritual memandikan bayi, memberikan nama bayi, mengobati orang  yang sakit parah serta noka pati. Musik ini berasal dari Kalimantan tengah.

 

Nah, setelah sobat intiptrik mengetahui jenis dan kegunaan musik diatas. Yuks ah kitorang cus ke alat-alat musik tradisional yang ada di Indonesia tercinta kita, simaks kuys!

 

Alat-alat Musik Tradisional dari Indonesia

1. Angklung

Angklung adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini masih banyak yang mengenalnya, alunan khas yang didapat melalui  goyangan angklung menghasilkan getaran nada ganda membuatnya unik untuk didengarkan.

2. Gamelan

Alat musik ini adalah kumpulan beberapa alat musik pukul tradisional seperti bonang, gong, dan lain sebagainya.

Gamelang biasanya sebagai pengiring musik daerah dan juga iringan dalam acara pernikahan khususnya adat Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta, di Jawa Barat sendiri gamelan disebut dengan nama Degung.

Degung ini biasanya digunakan sebagai iringan tari jaipong.

 

3. Sasando

Sasando adalah alat musik petik yang berasal dari Pulau Rote, NTT.

 

4. Kecapi

Alat musik peti ini dapat ditemukan di Sulawesi Selatan sebagai daerah asalnya.

 

5. Talempong

 

sumber gambar : www.indonesiakaya.com

 

Jenis alat musik pukul ini serupa dengan bonang, asal dari alat musik ini ditemukan di Minangkabau.

 

6. Talempong Pacik

Seperti namanya, talempong pacik adalah talempong yang dipegang. Alat musik Minangkabau ini bentuk modifikasi dari alat musik talempong.

 

7. Gong

Alat musik satu ini bukan hanya sebagai pengiring musik saja, jaman dahulu gong digunakan untuk menandakan dimulainya suatu acara seperti, penyambutan tamu kerajaan, penyambutan Raja untuk memberikan orasi, dan bahkan untuk pertanda dimulainya perang.

 

8. Rebab

 

sumber gambar : http://liuteriaseverini.it

 

Alat musik yang seperti biola ini menghasilkan suara nyentrik, bahkan terkesan mistis. Keunikan Rebab ialah mempunyai bentuk serupa busur panah.

 

9. Doli

Bukan doli yang menjadi nama gang tempat prostitusi, Doli satu ini adalah alat musik pukul yang menyerupai kendang besar dan lebar.

Doli menghasilkan suara melalui pukulan melalui alat pemukul khusus yang seperti pentol korek yang besar.

 

10. Tehyan

Serupa dengan rebab, tehyan yang berasal dari Daerah Ibu Kota Jakarta ini sangat terkenal di masanya. Biasanya dipakai sebagai iringan Ondel-ondel dalam berbagai perayaan jaman dulu.

 

11. Cenceng

 

sumber gambar : www.dictio.id

 

Ceceng adalah alat musik unik yang menghasilkan suara melalui benturan dua sisi alat musik ini. Alat musik cenceng adalah alat musik tradisional bali yang teradaptasi dari alat musik tiongkok.

Untuk melihat Alat musik cenceng ini, bisa kamu lihat di pertunjukan Barongsai pada saat hari raya Imlek atau festival budaya dan seni tiongkok lainnya.

 

12. Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional khas minangkabau, suara syahdu saluang ini dihasilkan melalui cara ditiup dan dengan menutupi beberapa lubang untuk menghasilkan nada-nada yang berbeda.

 

13. Gendang/Kendang 

 

                                                                                                                            sumber gambar : id.wikipedia.org

 

Alat musik satu ini masih sering ditemukan untuk iringan tarian tradisional, acara pernikahan dan lainnya.

Gendang atau kendang ini berasal dari Jawa ini menghasilkan suara melalui cara dipukul menggunakan telapak tangan pada bagian lunak di dua sisi luar gendang ini yang tebuat dari kulit binatang.

Kulit binatang yang digunakan biasanya seperti kulit kambing, kulit kerbau atau kulit lembu.

 

Itulah alat musik tradisional Indonesia punya, yang hampir sebagian orang sudah mengetahuinya. Sebenarnya masih terdapat beberapa alat musik tradisional lainnya namun tak jarang perbedaannya hanya sebatas di nama dan daerah asalnya saja, contohnya saluang dengan suling ,seruling dan lain sebagainya.

Ikuti terus blog kami untuk melihat serba-serbi informasi serta trik-trik beken lainnya hanya di intiptrik.com .

 

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *