Tutorial Membuat Aplikasi Android Studio Terlengkap

Android sudah tidak asing lagi bagi kita para muda-mudi bahkan orang tua, hampir kebanyakan semua kalangan telah mengenal dengan baik android bahkan memakai nya sehari-hari untuk membantu menyelesaikan pekerjaan ataupun kegiatan tertentu.

Android tentunya diisi oleh aplikasi-aplikasi pendukung yang di download atau di unduh untuk dipasangkan kedalam perangkat android sehingga dapat digunakan ataupun dimainkan.

Tutorial Membuat Aplikasi Android Studio

Tapi tahukah kamu bagaimana aplikasi android dapat diciptakan dan bagaimana kita sebagai pemula dan orang awam yang belum memasuki dunia pemrograman dapat membuat aplikasi seperti yang sering kita unduh?

Disini tentunya akan intiptrik.com bahas tentang android studio tutorial terlengkap yang mengenalkan kamu dan memberikan pembelajaran tentang tahapan awal dalam membuat aplikasi pada android studio.

Apa Itu Android Studio

Sebelum jauh kedalam pembahasan tahapan, kita harus mengenal terlebih dahulu apakah android studio itu.

Android studio merupakan suatu perangkat lunak pengembang yang bersifat terbuka atau Open Source sehingga kamu dapat memakainya secara bebas tanpa harus membeli aplikasi nya untuk membangun suatu aplikasi  di android.

Android menggunakan bahasa pemrograman C++. Android Studio hanya dapat kamu pakai pada perangkat komputer atau PC karena aplikasi ini memerlukan daya memori yang sangat besar dalam penggunaan nya dan membutuhkan beberapa library khusus untuk menggunakan dan membuat aplikasi yang kita inginkan.

Setelah mengetahui secara singkat tentang android studio, maka simaklah android studi tutorial berikut yang merupakan tahapan dalam pengembangan pada level pemula.

Agar kamu dapat memahami dan memulai dari dasar pengembangan aplikasi android, maka diperlukan tahapan dan langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Android Studio

Cara Melakukan Instalasi Android Studio

Tentunya dalam memakai aplikasi, kamu harus melakukan pengunduhan pada website resmi android studio agar mendapatkan versi terbaru dan melakukan instalasi dengan mengikuti langkah-langkah instalasi yang akan di tampilkan.

Instalasi akan memakan waktu yang lama dan banyak memori, jadi pastikan memori kamu dan spesifikasi komputer kamu mencukupi.

1. Memulai Project Baru

setelah aplikasi dapat kamu instal dan dibuka, kamu dapat memulai android studio dengan cara memilih File>New Project dan isi nama project yang kamu inginkan.

Setelah kamu dapat membuat nama project tersebut, kamu menentukan SDK yang kompatibel dengan target perangkat yang kamu inginkan.

2. Memilih Template

Android studio dilengkapi dengan template yang dapat kamu pilih seperti Map, Fragment, Fullscreen dan Blank. Pada tahap ini, kamu dapat memilih template kosong agar kamu dapat membuat aplikasi mulai dari tahap dasar.

3. Menjalankan root folder app

android studio tutorial

Pada tahapan tutorial android studio ini, setelah tahapan sebelumnya kamu lakukan maka kamu akan mendapatkan struktur aplikasi android mendasar pada aplikasi.

Di mana pada folder tersebut berisi 3 subfolder yakni manifest yang berisi file Manifes.xml, subfolder java yang berisi source code dengan bahasa pemograman C++ dan souce code yang ada pada folder main.

Terakhir adalah folder res, dimana berisi seluruh aset dan datasource yang kamu akan gunakan pada pembuatan aplikasi.

4. Menjalankan Aplikasi

Ketika folder dan source yang kamu buka pada tahap sebelumnya, kamu dapat menjalankan aplikasi dengan menekan shortcut key Shift+F10 pada keyboard sehingga aplikasi akan melakukan build aplikasi dan tunggu beberapa saat hingga proses dari pembangunan aplikasi selesai.

Aplikasi yang berhasil akan secara otomatis membuka jendela baru yang menampilkan simulator smartphone yang akan menjalankan aplikasi yang kalian buat sebelumnya.

Dengan begitu kalian sukses dalam melakukan tahapan awal dalam memahami android studio tutorial untuk membuat suatu aplikasi. Kalian pun dapat melakukan eksperimen terhadap template yang disediakan pada aplikasi android studio.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are