Mengenal Lebih dalam Apa Itu React Native

Aplikasi yang dijalankan oleh perangkat ​​​​​​mobile​​​​, pasti membutuhkan suatu alat untuk mengembangkannya. Sebut saja react native, yang merupakan sebuah framework javascript khusus untuk membuat aplikasi mobile dengan berbasis Android maupun iOS.

Apa Itu React Native

Demi memudahkan pemahaman tersebut, artikel intiptrik.com kali ini akan menjelaskan lebih ke arah pengaplikasian pada Android, serta ditujukan untuk pemula.

React Native adalah Sebuah Framework Dengan Berbagai Keunggulan

React Native adalah

Bagi pemula yang akan terjun langsung dalam pembuatan aplikasi pasti membutuhkan react native. Sebenarnya apa itu react native? Apa saja keunggulannya? Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, react native adalah framework dengan fungsi utama sebagai pengembang aplikasi.

Pengembang tersebut dikhususkan untuk perangkat mobile yang memang saat ini dibanjiri banyak aplikasi menarik. Framework tersebut memang sebagai pelengkap dari bentuk sebelumnya. Dengan dua keunggulan utama berikut ini:

1. Sensasi Native Asli Saat Digunakan

Apa Itu React Native 2

Setiap dari kita yang berkepentingan dalam pembuatan aplikasi, kelak akan merasakan sesuatu yang sangat spesial. Saat memakai react native, pasti akan dibawa seperti berada pada model native sebenarnya.

Hal itu tidak lain karena library dari perangkat memang menggunakan native. Jadi tampilan yang tampak oleh pengguna berupa native asli.

2. Digunakan Dalam Dua Sistem Operasi Berbeda Pada Satu Waktu

Apa Itu React Native 3

React native adalah suatu bentuk framework dengan kelebihan mampu dijalankan pada dua jenis OS dalam satu waktu.

Dengan kata lain pengembang dapat menjalankan proses pembuatan aplikasi untuk android dan ios secara bersama. Serta tidak ada kekhawatiran akan hasilnya. Kemampuan alat ini sangat mumpuni dalam penyelarasan dua komponen mobile.

3. Cara Kerja React Native Terpadu

Apa Itu React Native 4

​​​​​​React Native bekerja dalam dua cara, yang pertama secara lokal, sedangkan bagian lainnya menggunakan koneksi. Cara lokal lebih mengarah pada penggunaan react native saat posisi tidak terkoneksi server. Namun lebih ke arah proses bundling dengan aplikasi, melalui pelekatan sebuah file yang berisi javascript.

Baca juga: Tutorial Membuat Aplikasi Android Studio Terlengkap

Kalau cara satunya lebih mengandalkan suatu koneksi, karena file dihubungkan langsung ke server. Keuntungan dari cara-cara ini, berakibat pada pembuat aplikasi bisa melakukan pembaharuan tanpa harus ribet lewat google playstore.

4. React Native Cocok Untuk Pebisnis yang Ingin Membuat Aplikasi

Apa Itu React Native 5

React native merupakan perangkat handal yang direkomendasikan untuk pebisnis. Mengapa demikian? ketika produk atau jasa ingin digali lebih banyak target memang dibutuhkan terobosan baru. Terobosan itu berupa start up, pebisnis bisa memanfaatkannya untuk membuat bisnis semakin hidup.

Jika dalam penciptaannya berpatokan pada minimal budget, maka membuat aplikasi memakai react native akan sangat membantu. Bantuan dari framework tersebut, akan membawa kepuasan sendiri. Hasilnya pasti bagus, serta tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang yang terlalu banyak untuk ​​​​​​mobile developer.

Empat hal di atas semakin diperkuat dengan banyaknya perusahaan besar skala multinasional, yang telah menikmati hasil aplikasi. Sebagai buah karya dari react native. Beberapa perusahaan yang dimaksud yakni: facebook, instagram, skype, bloomberg dan masih banyak lagi.

Nah, terbukti ciamik bukan? kini saatnya giliran Anda yang memakainya. Yang penting jangan takut akan kerumitannya. Asalkan Anda telah belajar dan menguasai javascript, itu tidaklah menjadi masalah.

Satu hal lagi yang harus diingat react native adalah bagian terpenting dari keberhasilan aplikasi buatan Anda. Sebelum menjalankan react native pada perangkat digital.

Beberapa kelengkapan lain harus sudah diunduh seperti: Android Studio, JDK, serta Genymotion, Node JS, Phyton 2, Chocolatey. Semua bagian tersebut terkoneksi satu sama lain. Hingga akhirnya mempunyai kontribusi besar dalam penciptaan project pertama. Semoga uraian mengenai react native ini dapat mempercerah wawasan, serta pemahaman anda dalam proses penciptaan aplikasi untuk Android dan IOS.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are