APAR, Si Kecil Yang Berperan Besar di Dalam Bus

Intiptrik.com – Apa itu APAR? Mungkin bagi sebagian orang yang bekerja pada sektor transportasi dan keamanan sudah tidak asing dengan kata tersebut. APAR merupakan alat yang digunakan sebagai penyelamat dalam keadaan darurat. APAR merupakan singkatan kata dari Alat Pemadam Api Ringan yang tentunya berfungsi sebagai pemadam api pada suatu kendaraan atau ruangan.

APAR di Dalam Bus

Saat ini dengan meningkatnya suatu teknologi juga berefek pada peningkatan jumlah konsleting pada sistem kelistrikan kendaraan. Adanya peningkatan jumlah konsleting pada transportasi mengakibatkan pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk wajibnya APAR pada suatu kendaraan terutama pada transportasi umum seperti bus, taksi, dan lain sebagainya.

Fungsi Dari APAR Dalam Kendaraan

APAR berfungsi sebagai alat pertolongan pertama pada saat terjadinya kebakaran kecil di dalam kendaraan maupun di bagian luar kendaraan seperti kabin mesin ataupun lainnya. Alat ini memiliki jarak semprot yang cukup baik yaitu 4 sampai 6 meter yang mana jarak tersebut sudah tergolong sebagai jarak aman untuk penggunanya.

Di mana Bisa Menemukan APAR?

Anda dapat menemukan alat ini pada kursi sopir ataupun crew sopir, dan bahkan biasanya APAR diletakan dekat dengan pintu darurat bersama kapak darat pemecah kaca. Hal itu dikarenakan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang memungkinkan para penumpang tidak dapat keluar melalui pintu utama maka secara otomatis dapat dengan mudah menjangkau alat tersebut sekalian dengan keluar dari lokasi.

Pentingnya APAR Pada Bus

Hampir 90% armada bus saat ini melakukan reparasi dan upgrade dengan menyertakan berbagai macam interior baru ke dalam bus seperti contohnya TV, AC, stop kontak. Hal tersebutlah yang meningkatkan konsleting kelistrikan bus. Maka dari itu, saat ini pemerintah memberikan himbauan untuk para perusahaan sewa bus AC murah untuk menyediakan alat ini karena dalam sebuah perjalanan akan sulit untuk menemukan sumber air.

Hasilnya, hampir 98% perusahaan sewa bus pariwisata murah untuk saat ini sudah melakukan hal yang cukup baik dengan menyediakan APAR di dalam armada guna sebagai penyelamat pertama pada kejadian yang tidak diinginkan. Untuk sisa 2% masih dalam proses bimbingan dan pemantauan oleh pemerintah.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *