5 Aplikasi Untuk Belajar Coding Android Bagi Pemula

Pada era digital penggunaan mesin tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Penggunaan mesin bertujuan untuk memudahan kehidupan kita misalnya dengan menggunakan ponsel kita dapat melakukan komunikasi jarak jauh.

Dalam mengendalikan kerja suatu mesin tentu saja kita harus bisa memberikan perintah yang tepat. Perintah yang akan kita berikan sebelumnya akan kita proses terlebih dahulu di komputer. Bahasa yang digunakan tentu saja tidak sama dengan bahasa manusia yang digunakan sehari-hari.

belajar coding android

Bahasa yang digunakan untuk memprogram suatu perintah adalah bahasa pemrograman yang berisi berbagai kode tertentu.

Kode-kode tersebut akan membentuk suatu perintah yang akan menjalankan suatu fungsi tertentu. Hal ini berarti pada saat kita ingin melakukan pemrograman pada komputer atau computer programming, terlebih dahulu kita harus paham dalam melakukan coding.

Secara sederhana coding merupakan kegiatan memberikan perintah pada computer menggunakan berbagai kode tertentu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dalam praktiknya kita perlu berhati-hati dalam membuat kode perintah, karena komputer merupakan sebuah mesin. Kode yang kita gunakan harus tepat agar perintah bisa dijalankan, bahkan apabila terdapat sedikit kesalahan pada kode yang kita masukkan maka perintah tidak dapat dijalankan.

Sebelum kamu memulai coding, tentunya kamu harus tahu tentang bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang sering digunakan antara lain Javascript, HTML, dan CSS.

Belajar coding mungkin terlihat seperti tidak mudah dilakukan bagi pemula, apalagi ditambah dengan fakta dimana kita harus mempelajari kode-kode tertentu yang tentunya tidak sedikit. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa belajar coding menggunakan ponsel Android milikmu.

Belajar tentang coding Android bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama ponsel ada dalam genggaman. Aplikasi belajar coding android bagi pemula sangat bagus untuk di download sebelum mulai terjun dalam web programming.

Aplikasi Terbaik untuk Belajar Coding Android

1. Learn Programing

Learn Programing

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di PlayStore. Bahasa pemrograman pada aplikasi ini sangat beragam antara lain Phyton, Java, dan HTML yang merupakan bahasa pemrograman yang popular digunakan.

Materi yang disajikan dilengkapi dengan contoh penggunaanya. Aplikasi ini juga menyediakan kuis yang dapat kamu ikuti untuk mengukur sejauh mana kemampuanmu.

2. C Programming

c programming app

Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman C yang merupakan bahasa pemrograman tingkat dasar. Tampilan aplikasinya sederhana dan mudah digunakan sehingga sangat tepat digunakan untuk  belajar coding android bagi pemula. Tersedia ratusan pemrograman C yang bisa kamu gunakan untuk belajar.

3. Programming Hub, Learn To Code

Programming Hub, Learn To Code

Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman yang popular yaitu Javascript, HTML, dan CSS. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa tetap digunakan dengan mode offline sehingga kamu tidak perlu koneksi internet maupun menghabiskan kuota untuk menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Untuk Menyimpan File di Smartphone

4. Learn Python

Learn Phyton app

Seperti namanya aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Python. Aplikasi in menyediakan modul belajar tentang coding. Kamu juga bisa praktik menulis kode Python pada aplikasi serta tersedia kuis yang dapat mengukur kemampuanmu.

5. Udacity Learn Programming

Udacity Learn Programming

Banyak bahasa pemrograman yang digunakan pada aplikasi ini antara lain HTML, Javascript, Phyton, dan lain-lain. Aplikasi yang dikembangkan oleh para ahli industri ini  sangat tepat dipilih bagi para pemula karena sangat cocok digunakan untuk belajar dasar-dasar dari pemrograman seperti coding.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are