16 Inspirasi Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan Dengan Modal Sedikit

BISNIS SAMPINGANJika kita lihat belakangan ini banyak sekali pedagang kaki lima yang berjualan di mobil pribadi mereka. Ada beberapa kemungkinan yang melatarbelakanginya. Bisa jadi dikarenakan mereka adalah orang kaya (pengusaha/karyawan) yang mengisi waktu senggangnya di gunakan untuk berjualan. Atau bisa juga mereka golongan menengah yang demi untuk mencicil mobil, maka-nya mereka harus punya bisnis sampingan.

Banyak inspirasi dan tips di internet atau media sosial yang menginformasi tentang bisnis sampingan yang dapat di lakukan dengan modal kecil, tapi secara teori ada beberapa di antaranya kelihatan mudah, tapi yang sulit-nya bagaimana caranya agar terealisasikan. Nah, kali ini saya akan berbagi usaha sampingan yang betul- betul pernah saya lakukan dan tentunya menghasilkan pundi – pundi rupiah. Memang tidak besar, tapi paling tidak lumayan lah bisa beli pulsa dan nyicil mobil.

 

Macam-Macam Ide Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Anda Coba

 

  1. Bisnis Jasa laundry kiloan

 

Bisnis Jasa laundry kiloan

 

Jasa laundry adalah bisnis yang sedang viral dan paling digemari untuk dijadikan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Bisnis sampingan ini sangat tepat apabila berada dilokasi yang dekat dengan komplek karyawan, apartemen, kampus dan dipusat keramaian kota. Dengan modal sekitar 10 jutaan, anda sudah bisa untuk  menjalankan usaha laundry.

 

  1. Menjual pulsa elektrik

Jual pulsa elektrik merupakan salah satu usaha sampingan yang sangat mudah untuk dijalankan, selain itu modalnya juga tidak membutuhkan modal yang besar dengan waktu yang fleksibel. Dengan modal sekitar 1 jutaan, anda sudah bisa untuk memulainya. Permintaan  atau pangsa pasar usaha pulsa elektrik sangat dibutuhkan masyarakat luas antara lain tetangga, teman kost, teman kantor atau relasi anda, dan  itu semua menjadi target penjualan bisnis pulsa elektronik.

 

  1. Jasa cuci motor/mobil

Bisnis sampingan yang selanjutnya yaitu jasa cuci motor/mobil,  anda cukup menggelontarkan modal 3 jutaan maka sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini. Peralatan yang diperlukan diantaranya pompa air, kompresor, sabun motor, kain lap, dan peralatan semir ban. Pilihlah tempat yang rumah anda yang sekiranya sangat cocok untuk dijadikan tempat usaha tersebut agar tidak memerlukan biaya tambahan untuk menyewa sebuat tempat.

 

  1. Jasa les privat

Usaha les privat memerlukan suatu keahlihan yang anda miliki, jadi anda cukup mempromosikan diri anda ke anak-anak sekolah yang membutuhkan pelajaran tambahan, dan ini bisa menjadi tambahan penghasilan anda.

 

  1. Bisnis resseler

Resseler merupakan salah satu bisnis yang dilakukan dengan perantara media internet, bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa ataupun karyawan kantoran. Buat anda yang tidak memiliki produk tetapi ingin memiliki stok barang, anda dapat menjalankannya dengan cara resseler. Menjadi bisnis resseler memiliki peluang yang sangat bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

 

  1. Bisnis dropship

 

Bisnis dropship

 

Bisnis dropship merupakan bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal, dimana seorang penjual tidak harus memiliki stok barang, tugas anda hanya sebagai perantara saja untuk mempromosikan barang melalui media sosial, toko online ataupun blog pribadi yang anda miliki dan meneruskan berbagai pesanan pelanggan ke supplier dan dari supplier akan mengirimkan produk pesanan anda ke pelanggan anda.

 

  1. Bisnis angkringan

Bisnis angkringan ini bisa anda kelola bersama dengan teman-teman anda, jika anda merupakan seorang karyawan yang sibuk yang tentunya dengan pembagian waktu dan manajemn yang tepat untuk kelangsungan bisnis angkringan tersebut.

 

  1. Menjual aneka macam kue atau jajanan pasar

Dalam usaha sampingan ini tidak memerlukan modal yang banyak, dan jika anda memiliki istri yang pintar membuat aneka kue ini adalah kesempatan emas untuk bisa langsung menjalankan usaha ini. Aneka kue basah dan kue kering adalah yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Kue basah yang paling diminati diantaranya adalah onder-onde, brownies kukus, dadar gulung, lapis legit apem, pisang keju dll. Dan kue kering yang paling banyak diminati seperti nastar, putri salju, pastel, choco chips dll.

 

  1. Makelar properti

 

Makelar properti

 

Makelar properti sebuah bisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan apabila dilakukan dengan maksimal. Bisnis sampingan ini salah satu bidang investasi yang sangat menjanjikan bagi anda, dan bisa juga menjadi nilai aset yang akan terus tumbuh setiap tahunnya.

Bagaimana cara untuk memulainya?

Anda bisa memperhatikan dilokasi sekitar tempat anda tinggal, apakah disekitar lokasi itu sedang dibangun perumahan. Apabila dilokasi tersebut sedang dibangun perumahan, anda dapat segera menghubungi pengembang dari perumahan tersebut dan mengajaknya untuk bekerja sama dengan menjadi seorang makelar properti.

 

  1. Usaha pertamini

Usaha ini merupakan bisnis anti rugi yang bisa dikerjakan secara rumahan dengan keuntungan yang besar dan sangat menjanjikan. Keuntungan usaha ini bisa meraup sampai puluhan juta rupiah tiap bulannya. Pilihlah tempat yang jauh dari SPBU dan jangan mematok harga yang terlalu tinggi serta berikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Sebeum memulai usaha ini ada baiknya untuk memulai mengurus surat ijin usaha dimulai dari RT, RW, kelurahan dan Kecamatan kemudian meneruskan ke pihak pertamina agar usaha anda berjalan dengan lancar. Inilah alasan banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis ini dengan keuntungan yang sangat menjanjikan dan modal yang kecil tanpa resiko rugi. Bisnis ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk usaha anda.

 

  1. Usaha aneka kerajinan tangan

Usaha kerajinan tangan memiliki potensi yang sangat bagus dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Keahlian dan kreatifitas merupakan modal utamanya selain juga membutuhkan berbagai bahan yang diperlukan yang harganya tidak terlalu mahal. jika anda berbakat dan pintar membuat aneka kerajinan tangan hal ini sangat menguntungkan yang bisa mendatangkan tambahan penghasilan.

 

  1. Usaha budidaya ikan air tawar

 

Usaha budidaya ikan air tawar

 

Usaha budidaya ikan hias air tawar ini sangat menggiurkan, mengapa demikian? Karena ikan dilaut sangat sulit didapatkan akibat banyak orang yang melakukan overfishing. Dengan demikian tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ini sebagai sampingan. Beberapa jenis ikan yang memiliki potensi yang menjanjikan diantaranya ikan lele, ikan gurame, ikan nila, ikan mujair dan ikan mas.

 

  1. Usaha jasa fotocopy

Usaha fotocopy merupakan salah satu usaha yang menjanjikan dan usaha ini butuh keahlian atau kelihaian anda untuk enjalankannya. Pilihlah tempat yang strategis diantaranya pusat perkantoran, sekolahan, kampus dan instansi pemerintahan. Untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit terutama untuk membeli sebuah mesin fotocopy  dengan kualitas yang paling bagus demi kepuasan pelanggan. Selain usaha fotocopy sediakan juga berbagai alat tulis kantor yang lengkap untuk menunjang bisnis ini.

 

  1. Usaha aneka jenis gorengan

Bisnis enaka jenis gorengan jangan dianggap remeh, kenapa? Karena hampir semua lapisan masyarakat kita menyukai gorengan dank arena itulah usaha ini salah satu usaha yang sangat menjanjikan yang wajib anda coba. Gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, tahu isi, molen, cireng, bakwan, ubi goreng menjadi favorit dan selalu laris manis dan diserbu oleh pecinta gorengan dikalangan masyarakat mulai dari masyarakat kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas semua menyukai gorengan.

 

  1. Usaha pembuatan kartu nama dan kartu undangan

 

Usaha pembuatan kartu nama dan kartu undangan

 

Bagi anda yang memiliki keahlian di bidang software photoshop, corel draw dan desain grafis, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ini. Beberapa alat yang dibutuhkan diantaranya seperti laptop dan printer, sudah cukup bagi anda untuk segera memulainya. Promosi sangat dibutuhkan demi kelangsungan bisnis anda, dan yang terpenting kualitas dari hasil kerja anda itu sendiri.

 

  1. Usaha aneka souvenir bantal

Usaha ini salah satu bisnis yang sedang booming akhir-akhir ini dan sangat potensial untuk anda coba. Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena keberadaan bantal yang sangat dekat dengan manusia sebagai tempat untuk bersandar kepala saat istirahat dan tidur ataupun sekedar bersantai.

 

Nah, itulah insipirasi 16 bisnis sampingan yang salah satu-nya pernah saya lakukan dan menghasilkan. Mungkin beberapa di antaranya sudah tidak relevan jika di terapkan sekarang. Tapi yang ingin saya sampaikan di sini adalah pintar – pintarlah membaca peluang agar apa yang kita usahakan bisa menghasilkan dan yang kedua janganlah mudah menyerah dan semangat….!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *