Cara Melancarkan Haid Yang Mudah Dilakukan

 Cara Melancarkan Haid Dengan Tepat

Cara Melancarkan Haid – Normalnya, setiap bulan wanita akan mengalami siklus menstruasi atau yang lebih kita kenal dengan sebutan haid. Tak jarang banyak wanita yang frustasi, stres atau gelisah bahkan galau ketika siklus haidnya tidak lancar. Ketidaklancaran ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi. But, Wait girls! Kita sudah merangkum banyak cara melancarkan haid agar kamu tetap tenang. Sebelum membahas itu, tidak ada salahnya kalau kamu mengetahui faktor yang menjadi penyebab ketidaklancaran haid? Karena, jika kamu sudah mengetahui faktor-faktornya, tentunya kamu dapat melakukan penanganan yang jitu.

 

Faktor Ketidaklancaran Haid

  1. Depresi

Depresi atau stres dapat mempengaruhi siklus haid, Hormon Hypothalamus yang berada pada otak berfungsi untuk mengatur periode haid, jika kamu sedang depresi makan siklus haid kamu dapat terganggu. Untuk kamu-kamu yang lagi banyak pikiran, galau dan kalut. Cobalah dikurangi karena beresiko mempengaruhi siklus haid lho girls!

 

  1. Terganggunya Kelenjar Tiroid

Metabolisme dalam tubuh diatur oleh kelenjar tiroid. Tak hanya itu, kelenjar tiroid juga berfungsi untuk penyeimbang sistem tubuh lainnya. Maka, ketika kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik akan mempengaruhi terganggunya siklus haid wanita.

 

  1. Diet

Turunnya berat badan secara drastis karena diet, dapat menjadi salah satu penyebab terganggunya siklus haid pada wanita.

 

  1. Obat Kontrasepsi

Pil KB (Keluarga Berencana) mempunyai fungsi untuk menunda kehamilan. Tapi, efek samping mengonsumsi pil KB adalah terganggunya siklus haid.

 

  1. Penyakit Organ Reproduksi

Salah satu faktor ketidaklancaran haid adalah ditemukannya penyakit pada organ reproduksi. Polycystic ovary syndrome (PCOS) ialah salah satu penyakit yang membuat siklus haid tidak lancar. Selain itu, apabila penyakit ini berlanjut dapat memicu kemandulan, diabetes, dan penyakit jantung.

 

Setelah kamu mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan ketidaklancaran haid, kini kita akan membahas cara melancarkan haid yang tepat.

 

Cara Melancarkan Haid Dengan Tepat

  1. Isthirahat yang cukup

Kelelahan dapat menghambat kelancaran haid, agar haid kamu lancar, usahakan tubuhmu jangan terlalu dibebani dalam beraktifitas dan beristirahatlah yang cukup agar tubuh kamu tidak terlalu lelah.

 

  1. Perbanyak minum air putih

Dianjurkan selama satu hari meminum 8 gelas air putih, air putih berguna untuk mejaga metabolisme tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi. Dengan memperbanyak minum air putih pastinya melancarkan siklus haid kamu secara alami.

 

  1. Mengonsumi buah

Buah-buahan segar dapat berguna untuk pencernaan karena mempunyai serat yang baik, selain untuk pencernaan, buah dapat melancarkan siklus haid. Konsumsilah buah-buahan segar sebelum kamu memasuki siklus haid.

 

  1. Hindari makanan berlemak

Memakan makanan bergizi yang cukup tentunya melancarkan siklus haid. Hindarilah makanan terlalu banyak lemak seperti makanan cepat saji karena tak baik untuk hormon didalam tubuh yang dapat menghambat haid kamu.

 

  1. Kacang-kacangan

Kandungan omega 3 terdapat pada kacang-kacangan, kacang juga merupakan sumber protein yang penting untuk menghindari anemia. Anemia dapat menjadi lebih parah ketika kamu sedang haid. Mengonsumsi kacang-kacangan juga sangat bagus untuk memperlancar haid kamu.

 

  1. Sayuran hijau

Banyak yang mengetahui bahwa sayuran hijau mempunyai segudang keunggulan serta manfaat untuk tubuh. kandungan serat,  vitamin B dan zat besi pada sayuran hijau dapat menjadikan siklus haid dan sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

 

  1. Roti gandum

Vitamin B, Kalium, seng, serat dan nutrisi lainnya terkandung dalam gandum. Sehingga gandum memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh, yang berdampak untuk melancarkan masa haid kamu.

 

  1. Daging merah

Dengan mengonsumsi daging merah, dapat menggantikan darah yang hilang setiap kamu haid, selain itu juga dapat untuk menghindari kamu dari anemia. Daging merah memiliki zat besi yang bagus untuk kamu konsumsi, kamu dapat mencoba memakan daging sapi atau kambing baik sebelum ataupun sesudah haid.

 

  1. Coklat

Coklat dapat mengendalikan mood kamu ketika haid, selain itu coklat juga dapat untuk membantu melancarkan haid. Coklat yang baik adalah coklat hitam dengan kadar gula rendah serta kandungan coklat yang tinggi.

 

  1. Ikan Salmon

Ketika kamu sedang menstruasi, cobalah mengonsumsi ikan salmon. Kandungan omega 3 terdapat dalam ikan salmon yang memiliki efek untuk melemaskan otot serta mencegah timbulnya kram. Ikan salmon juga memiliki zat besi yang tinggi untuk mengontrol pendarahan ketika sedang menstruasi.

 

  1. Yogurt

Sebelum menstruasi maupun ketika sedang menstruasi kamu dapat mengonsumsi yogurt, yogurt mempunyai kandungan tinggi akan kalsium untuk tubuh, selain untuk menurunkan berat badan, dan mencegah obesitas. yogurt  mampu untuk melancarkan menstruasi kamu serta melemaskan otot-otot kamu.

 

  1. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C sehingga sangat penting untuk mejaga sistem kekebalan tubuh. jeruk juga dapat mencegah berbagai macam penyakit kewanitaan yang mengganggu kelancaran menstruasi.

 

  1. Teh Chamomile

Teh chamomile dapat melancarkan siklus haid, melemaskan otot, dan mencegah emosi ketika saat menstruasi. Teh dari bunga chamomile ini dapat mencegah insomnia, stres, depresi dan ketika kamu memiliki banyak pikiran.

 

  1. Pisang

Pisang memiliki guna untuk mengatur sirkulasi darah tetap lancar, melancarkan sirkulasi darah pada organ reproduksi, dan mengontrol berat badan. Buah pisang mempunyai magnesium, potassium, dan vitamin B6  dalam kandungan nutrisinya. Dengan memiliki nutrisi yang kaya, memakan buah pisang secara rutin dapat untuk melancarkan siklus haid kamu.

 

  1. Olahraga ringan

Olahraga ringan secara teratur seperti berenang, jogging, atau yoga dapat  membatu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh, dapat memicu melancarkan siklus haid kamu.

 

  1. Kunyit asam

Kunyit asam dapat untuk melancarkan siklus haid dan mengurangi rasa sakit ketika haid sedang berlangsung. Kandungan curcumin dalam kunyit membantu melancarkan aliran darah, sebagai penyeimbang hormon dalam tubuh dan dapat membersihkan rahim.

 

Keuntungan Siklus Haid Lancar

  1. Menentukan masa subur

Umumnya siklus haid normal berada antara dua puluh tiga sampai tiga puluh lima hari, apabila siklus haid lancar, tentunya tak sulit untuk menentukan masa subur seorang wanita.

 

  1. Bukti memiliki tubuh yang sehat

Ketidaklancaran haid dikarenakan hormon dalam tubuh terganggu yang dimana berbanding lurus dengan kesehatannya, jika haid kamu lancar maka tubuh kamu dipastikan dalam keadaan sehat. Begitu pula sebaliknya, apabila haid tidak lancar, maka tubuh dalam keadaan tak baik karena hormon didalam tubuh sedang terganggu.

 

  1. Mendapatkan momongan

Bagi yang sudah menikah, mempunyai keturunan adalah impian yang sangat ditunggu-tunggu. Kelancaran siklus haid akan membantu pasangan suami istri lebih mudah untuk menentukan masa subur sang istri. Peluang keberhasilan dalam memiliki keturunan jauh lebih baik.

 

Jagalah pola hidup kamu agar mendapatkan siklus haid yang lancar, perhatikan makanan yang kamu konsumsi, perbanyak nutrisi serta olahraga ringan dapat membantu siklus haid kamu tetap lancar secara teratur, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *