Cara Membuat Tali Id Card

Id card bertali sering kali dijumpai dalam berbagai kesempatan. Misalnya saja pada saat ujian sekolah dan ujian nasional, peserta didik diminta untuk menggunakan kartu identitas yang wajib dibawa pada saat ujian. Menggunakan id card bertali memiliki kelebihan tersendiri di mana peserta didik dapat mengalungkannya di leher sehingga terhindar dari kehilangan serta tidak terbawa pada saat hari ujian. Di samping institusi formal, banyak pemerintahan beserta event tertentu juga banyak yang memanfaatkan id card bertali sebagai identitas serta sarana promosi.

Cara Membuat Tali Id Card

3 Cara Untuk Membuat Tali Id Card

Terdapat dua macam tali id card yang biasa digunakan yaitu tali id card polos dan motif. Bagi sebagian orang yang tidak ingin repot serta dikejar waktu, tali id card polos menjadi alternatif yang mudah. Cukup beli di sejumlah toko alat tulis kantor dan memilih warna yang diinginkan saja.

Sementara bagi sebagian orang yang menginginkan tampilan keren pada tali sekaligus memfungsikannya sebagai sarana promosi, maka tali id card dengan desain logo lebih cocok digunakan. Meski memakan waktu lebih banyak namun hasilnya pun lebih bagus dengan sejumlah warna dan desain yang ada. Sebagai gambaran bagaimana proses pembuatan tali id card berikut ini telah kami rangkumkan cara membuat tali id card.

1. Membuat Desain Tali

Langkah pertama, tentunya desain tali id card harus dipersiapkan hingga menemukan titik deal. Artinya tidak ada lagi bagian yang akan dirubah pada saat pencetakan. Untuk itu penting mempertimbangkan ukuran tali yang akan digunakan agar dapat fitting dengan desainnya. Di samping itu, desain tali id card akan lebih baik jika bisa mewakili visi dan misi perusahaan, instansi atau event yang akan diselenggarakan.

Sebab hal ini akan berpengaruh pada penggunaan warna tali yang akan dipadankan dengan logo dan tulisan di sepanjang tali. Mendesain tali id card dapat dilakukan dengan menggunakan sejumlah aplikasi seperti photoshop maupun corel draw. Namun jika memiliki kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut, cukup menghubungi pihak desainer pada percetakan dan bicarakan desain yang diinginkan.

2. Membuat Master Desain Ke Paper Transfer

Mengingat kebutuhan tali id card tidak hanya dalam jumlah satuan, maka desain tali tidak dicetak satu persatu pada tali id card yang masih polos. Melainkan tali id card akan dicetak ke paper transfer terlebih dahulu sebegai master. Tinta yang digunakan pun menggunakan tinta khusus. Printer yang digunakan pun berbeda dari printer yang biasa digunakan untuk mencetak kertas hvs. Sehingga pekerjaan ini memang membutuhkan peralatan dan keahlian yang mumpuni.

3. Pencetakan Desain Ke Tali

Desain Tali ID Card

Usai membuat master pada paper transfer kini desain siap dipindahkan ke tali id card yang masih polos. Proses transfer ini dilakukan dengan mesin berbentuk roll dengan memberikan presure bersuhu tinggi. Tujuannya adalah agar tinta dapat menyerap dengan baik ke dalam lapisan tali id card.

Kelebihan cara membuat tali id card menggunakan mesin-mesin ini terdapat pada penggunaan warna yang beragam serta hasil yang lebih menarik sehingga enak dipandang mata dan eye catching. Di samping itu untuk permintaan dalam jumlah banyak, cara ini akan memberikan waktu yang lebih efisien karena dicetak secara digital menggunakan mesin berteknologi modern.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are