Kamar Mandi Bocor dan Rembes? Tenang, Begini Cara Mencegahnya!

Masalah yang kerap terjadi pada kamar mandi adalah merembesnya air ke dalam dinding atau lantai. Apalagi di musim penghujan ini dimana beton bangunan lebih gampang mengalami kelembaban.

kamar-mandi-bocor-dan-rembes

Bocor dan rembes bisa terjadi dari pipa air bersih (shower, bathtub, wasteful, kloset), bak mandi atau tempat penampungan air lainnya, dan juga saluran pembuangan.

Air yang terlanjur merembes mengakibatkan kelembaban yang pada akhirnya muncul jamur, flek, bahkan kerusakan parah pada bangunan. Hal ini pastinya tidak diingankan penghuni rumah, termasuk Anda, bukan?

Nah, kali ini admin akan memberikan tips cara mencegah kamar mandi bocor dan rembes untuk Anda. Silahkan baca di bawah ini.

1. Terapkan Konstruksi Kedap Air

Jika Anda sedang meyempurnakan konstruksi rumah, jangan tinggalkan kondisi kamar mandi. Pastikan penerapan konstruksi kedap air melengkapi tembok serta lantai di area kamar mandi. Termasuk juga konstruksi bawah tanah (pondasi), bak mandi, dan lain – lain. Pada bagian ini harus digunakan spesi (adukan) kedap air. Campuran semen dan pasir dibuat dengan takaran 1:3-5.

konstruksi-kedap-air

Konstruksi kedap air pun harus diterapkan pada lantai beton struktual jika kamar mandi berada di lantai atas. Pengerjaan konstruksi harus lebih berhati-hati, sebab penerapan kedap air pada kamar mandi lantai atas akan jauh lebih sulit. Pengecoran beton harus dilakukan dengan tepat, kekentalan adukan seragam, dicor hanya sekali jadi, dan tidak terlalu cepat kering.

2. Pengerjaan Pelapis Anti Rembes

pelapis-anti-rembes

Cara mencegah agar tidak terjadinya bocor dan rembes pada kamar mandi, waterproofing coating adalah solusinya. Jenis metode pelapis kedap air ini mampu mencegah terjadinya penetrasi air sehingga resiko kerusukan beton dapat terminimalisir.

Hakekatnya pelapis anti rembes yang dimaksud disini adalah cat yang anti bocor. Pada proses pengerjaan cat anti bocor ini dikerjakan secara bertahap berdasarkan cairan pelapis yang akan diaplikasikan. Cara paling umum dilakukan adalah memberikan cairan anti bocor di permukaan beton. Cairan berbahan dasar Modified Polyurethane adalah salah satu contoh material yang lazim digunakan pada tahap pertama ini.

Metode coating ini sebagai pencegah merembesnya air ke struktur dalam beton. Jika terdapat genangan air di dinding atau lantai, lapisan inilah yang menahan air tersebut agar tidak masuk ke dalamnya.

Terapkan ke seluruh permukaan dan pada bagian-bagian yang berpoternsi rembes atau bocor lebih tinggi, seperti jalur pemipaan air bersih ke bak mandi, bathtub, kloset, shower dan wastafel, juga saluran air kototr (termasuk area floordrain).

Untuk menerapkan waterproofing coating pada kamar mandi lantai atas, bahan pelapis kedap sebaiknya diaplikasikan 3-4 lapis sebelum acian keramik. Disini Anda harus menyapukan lapisan dengan arah berlawanan. Sebab dengan begitu pencegahan terjadinya rembes dan bocor akan semakin sempurna.

cat-pelapis-anti-bocor-dan-rembes

Pilih jenis cat khusus kamar mandi yang kedap air misalnya Aquaproof. Untuk material kayu, misalnya kusen atau perabot, aplikasikan cat kayu tahan air seperti Cat Biovarnish.

3. Solusi Saat Terlanjur Terjadi Kebocoran

kebocoran-terjadi

Jika kamar mandi Anda sudah terlanjur mengalami kebocoran. Cara memperbaiki dan mencegah agar tidak terjadi lagi adalah membongkar keramik lantai, apapun jenis keramiknya. Jika ada rencana memasangnya kembali maka pembongkaran harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati.

Bersihkan lantai hingga beton sampai kondisi bersih, hal ini untuk memastikan bahwa permukaan beton benar-benar sudah bersih sehingga akhir dari pencegahan anti bocor dengan lapisan kedap air bisa merekat dengan sempurna.

grouting-system

Jika beton terlanjur retak, lakukan penambalan dengan Grouting System untuk memperbaiki struktur beton yang retak. Sistem grouting sendiri merupakan suatu proses, dimana cairan acian semen dan air diinjeksikan atau disuntikkan dengan tekanan sesuai uji tekanan air (water pressure test) ke dalam retakan, dengan adanya cairan tersebut maka setelah kurun waktu tertentu dinding beton akan menjadi padat.

4. Pilih Material dan Perlengkapan Kamar Mandi Yang Berkualitas

perlengkapan-kamar-mandi

Kebocoran kerap terjadi pada material dan perlengkapan kamar mandi. Oleh karenanya pemilihan perabot harus benar-benar berkualitas.

Misalnya pipa, pilihlah pipa PVC berkualitas yang memiliki ketahanan terhadap tekanan sehingga dapat terhindar dari keretakan dan kebocoran.

Pilih juga keran dan berbagai kelengkapan lainnya yang tahan terhadap korosi (karat). Setelah memilih material dan perlengkapan kamar mandi yang berkualitas, maka pemasangannya pun harus dilakukan dengan tepat terutama pada bagian-bagian sambungan yang rentan bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *