Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dalam Waktu Singkat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dalam Waktu Singkat

Meski bukan masalah medis yang serius, bau mulut seringkali membuat seseorang kurang percaya diri, terutama jika berbicara dengan banyak orang. Bau mulut yang tak sedap bisa dialami oleh banyak orang, bahkan artis sekalipun. Jika anda mengalami masalah tersebut, dengan memahami cara menghilangkan bau mulut dapat membantu menaikkan rasa percaya diri Anda.

Bau mulut adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh setiap orang. Ada cara mudah yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah mulut kita bau atau tidak. Cara pertama yaitu dengan menghembuskan nafas melalui mulut ke tanggan sehingga kita dapat merasakan nafas kita. Cara yang kedua yaitu jilat telapak tangan kita, kemudian air liurnya Anda cium apakah bau atau tidak. Jika berbau berarti Anda punya masalah bau mulut.

 

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis bisa disebabkan oleh banyak hal. Tetapi, studi menunjukkan bahwa 80% dari bau mulut dikarenakan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti masalah gusi atau gigi berlubang. Maka dari itu, menjaga kesehatan mulut dan gigi suatu hal penting yang harus kita lakukan. Disamping itu, ada beberapa kondisi kesahatan lain yang bisa juga menjadi penyebab bau mulut tak sedap, diantaranya:

  • Xerostomia, yaitu terjadinya mulut kering yang dikarenakan adanya gangguan produksi air liur akibat bakteri yang menumpuk di rongga mulut.
  • Adanya gangguan saluran pencernaan, misalnya terdapat infeksi bakteri pylori yang menimbulkan sakit maag dan penyakit asam lambung.
  • Sinusitis yang menyebabkan post nasal drip atau aliran cairan menjadi kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
  • Pengaruh penyebab yang lainnya, yaitu seperti diabetes, infeksi saluran pernafasan ataupun gangguan hati.
  • Makanan, bisa menjadi sumber utama penyebab bau mulut. Apalagi memang makanan tersebut memiliki aroma kuat dan meninggalkan bau tak sedap. Adapun makanan tersebut yang bisa menimbulkan bau mulut yaitu, bawang merah, bawang putih, makanan bersantan, makanan yang kaya rempah seperti kari, dan lain-lain.

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Cara menghilangkan bau mulut secara alami bisa menjadi solusi terbaik dan mudah untuk Anda dalam mendapatkan bau mulut yang segar. Menggunakan bahan alami yang mudah ditemui seperti daun sirih dan teh hijau, yang sudah terbukti bisa menghilangkan bau mulut dan tidak menimbulkan efek samping. Dan dibawah ini ada sedikit rangkuman cara menghilangkan bau mulut secara alami yang mudah dan cepat:

 

  1. Menggosok Gigi 3x Secara Rutin

 

Menggosok Gigi 3x Secara Rutin

 

Cara termudah dan terbukti ampuh dalam mengatasi bau mulut yaitu menggosok gigi secara rutin. Gosok gigi 3x sehari dapat membantu kita untuk menghilangkan kotoran sisa makanan ataupun menghilangkan karang gigi yang menempel di gigi yang menjadi salah satu penyebab timbulnya bau yang tak sedap pada mulut. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung mouthwash, dengan begitu akan membantu kita dalam menyegarkan mulut. Catatan: Ganti sikat gigi Anda setidaknya 2 bulan sekali.

 

  1. Banyak-Banyak Minum Air putih

 

Banyak-Banyak Minum Air putih

 

Siapa sangka bahwa air putih bisa menghilangkan bau tak sedap yang dialami mulut kita. Salah satu penyebab adanya bau mulut yaitu adanya rongga mulut kita dalam keadaan mengering. Hal ini sering terjadi ketika berpuasa, maka dari itu jangan lupa untuk banyak-banyak air putih untuk mengurangi bau mulut yang tak sedap.

 

  1. Konsumsi Teh Hijau

 

Konsumsi Teh Hijau

 

Teh hijau punya kandungan anti oksidan, senyawa anti oksidan polifenol bisa menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Bahkan teh hijau ini mampu mencegah timbulnya gigi berlubang, asal tidak dicampur dengan gula. Konsumilah teh hijau ini setiap pagi hari, maka masalah bau mulut yang sering terjadi akan hilang secara berkala.

 

  1. Menggunakan Daun Sirih

 

Menggunakan Daun Sirih

 

Cara yang satu ini terbilang sangatlah mudah. Khasiat daun sirih ini sudah terkenal sejak nenek moyang kita, selain bisa menyehatkan gusi dan membersihkan gigi, daun yang satu inipun mampu menjadikan nafas kita menjadi segar dan menghilangkan bau mulut. Hal ini dikarenakan daun sirih terdapat minyak atsiri seperti asam stearate, eugenol, dan eucalyptol yang mampu menghilangkan bakteri di sekitar mulut kita. Untuk mengetahui cara penggunaannya, simak berikut ini:

  • Ambil 5 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih
  • Lalu rebus daun sirih yang telah dicuci tadi dengan menggunakan 2 gelas air
  • Rebus daun sirih sampai air tersisa 1 gelas
  • Ambilah air tersebut dan gunakan air daun sirih tadi sebagai obat kumur-kumur
  • Lakukanlah cara ini setidaknya sehari sekali

 

  1. Konsumsi Buah Apel

 

Konsumsi Buah Apel

 

Plak gigi bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi Anda, maka dari itu dengan mengkonsumsi buah apel makan plak pada karang gigi bisa ikut terbuang. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C yang terdapat di buah apel juga mampu menghilangkan bakteri ataupun kelembaban pada rongga mulut.

 

Merk Obat Penghilang Bau Mulut yang Paling Bagus

Dijaman yang serba mudah ini, anda dapat menemukan obat penghilang bau mulut di supermarket atau apotek dengan mudah. Sebagai referensi bagi Anda yang ingin mencari obat yang paling bagus untuk menghilangkan bau mulut, berikut adalah daftar Merk Obat Penghilang Bau Mulut yang Paling Bagus:

 

  1. TheraBreath Fresh Breath Oral Rinse Mouthwash

 

TheraBreath Fresh Breath Oral Rinse Mouthwash

 

Anda butuh obat kumur untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap? Gunakanlah TheraBreath Fresh Breath Oral Rinse Mouthwash. Produk yang satu ini memiliki kandungan senyawa oksidasi kuat yang bisa menghilangkan bau tak sedap pada mulut dan langsung menyegarkan aroma nafas.

Bahkan, obat kumur ini juga bisa meningkatkan kesehatan pada mulut dan gigi. Gunakan obat ini setiap kali setelah menggosok gigi untuk hasil yang lebih maksimal.

 

  1. Proliz Herbal / Propolis Lozenges

 

Proliz Herbal / Propolis Lozenges

 

Proliz Herbal / Propolis Lozenges hadir untuk menyegarkan mulut yang lebih segar. Selain itu, obat yang satu ini mampu menghilangkan gejala seperti batuk dan sakit tenggorokan. Dengan adanya produk ini, Anda yang mengalami bau mulut akan mendapatkan khasiat dari obat ini yang mampu mengembalikan sensasi nafas segar secara lebih lama.

Obat ini bukan digunakan untuk berkumur, melainkan untuk dikonsumsi. Tidak ada kandungan gula di obat ini sehingga sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Kembalikan nafas segar Anda dengan Proliz Herbal / Propolis Lozenges. Andapun bisa membelinya di apotek terdekat.

 

  1. Listerine Total Care Zero Anticavity Mouthwash

 

Listerine Total Care Zero Anticavity Mouthwash

 

Obat Listerine mungkin sangat familiar bagi kita, tapi jika anda sensitif pada mouthwash yang mengandung alkohol, maka Anda dapat menggunakan Listerine Total Care Zero Anti-cavity Mouthwash. Formula obat kumur yang satu ini 100% bebas dari kandungan alkohol.

Produk obat kumur ini bisa menghilangkan bakteri atau sisa makanan sampai ke sela-sela gusi dengan lebih baik dari flossing atau menggosok gigi. Listerine Total Care Zero Anti-cavity Mouthwash pun bisa membuat gigi Anda semakin kuat dan bersih.

 

  1. Spartan Natural Viral Defense Mouth Spray

 

Spartan Natural Viral Defense Mouth Spray

 

Tidak ada waktu untuk berkumur dengan mouthwash?  Tenang, Anda bisa mencoba obat ini yang hadir dalam bentuk spray. Spartan Natural Viral Defense Mouth Spray merupakan salah satu obat semprot penyegar nafas yang multifungsi. Produk obat yang satu ini memiliki 3 varian yang menawarkan aroma yang berbeda-beda, yaitu Mighty Mint, Layvhee Breeze, dan Royal Bloom.

Produk multifungsi ini mengandung Alskinova dan Cistus Incanus yang bisa melindungi dinding tenggorokan dan mencegah virus untuk mencapai tenggorokan. Spartan Natural Viral Defense Mouth Spray bisa ada dapatkan disupermarket dan marketplace terpercaya.

 

  1. Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert

Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert

Anda punya gigi sensitif sehingga tidak sembarang menggunakan obat kumur? Maka anda patut mencoba Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert. Obat kumur yang satu ini dikhususkan untuk gigi dan gusi yang sensitif.

Kandungan bahan aktif yang terdapat mouthwash ini berguna untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Bahkan, Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert juga bisa mengurangi plak yang menempel. Apakah Anda tertarik untuk mecoba obat kumur yang satu ini? Jika ya, silahkan Anda datang ke apotek dan supermarket terdekat.

 

Catatan: Penyebab terjadinya bau mulut bisa terjadi beberapa hal yang tak terduga seperti sering minum kopi, merokok, sariawan, dan gigi berlubang. Karena itu agar nafas kita tetap segar Anda wajib untuk memperhatikan kesehatan mulut dan gigi.

Obat-obat yang telah tertera diatas sangatlah dianjurkan bagi Anda yang ingin menghilangkan bau mulut dan meningkatkan kepercayaan diri. Dan demikianlah beberapa cara termanjur yang bisa kami sampaikan. Jika obat-obat yang telah disampaikan belum mampu mengatasinya, sebaiknya periksakan masalah tersebut ke Dokter gigi dan mulut terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *