Ternyata Mudah, Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam – Flek hitam atau yang mempunyai kata lain yaitu ephelis merupakn suatu bintik hitam yang sering terlihat pada bagian wajah yang di akibatkan oleh peningkatan suatu melamin secara alami pada bagian kulit.

Tidak hanya pada wajah saja, flek hitam juga bisa muncul pada bagian wajah lainnya seperti pada leher, lengan dan juga pada dada. Dan flek hitam sendiri akan sangat mudah terlihat pada orang yang mempunyai jenis warna kulit yang putih.

Kondisi seperti ini sangat umum terjadi pada segala jenis usia dan itu merupakan sesuatu yang tidak membahayakan ataupun tidak menimbulkan rasa sakit.

Pada bagian tubuh yang mempunyai kandungan melamin yang lebih tinggi dari pada bagian tubuh lain biasanya akan berwarna lebih gelap, dan itu menyebabkan suatu bintik hitam atau sering di sebut flek hitam.

 

Penyebab dari munculnya flek hitam

Berikut ini adalah beberapa faktor atau penyebab yang bisa menimbulkan flek hitam pada suatu wajah, terlebih pada orang yang memiliki jenis kulit wajah yang cerah :

 

  • Faktor Gen

 

 

Suatu penelitian telah menyebutkan jika suatu flek hitam juga bisa di pengaruhi oleh suatu faktor genetic. Pengaruh dari faktor genetic sendiri bisanya sekitar 30 sampai dengan 70 persen itu tergantung dari banyaknya hormon yang terdapat dalam suatu DNA keturunannya tersebut.

 

  • Faktor Hormon

Masih berkaitan dengan suatu faktor gen, flek hitam juga bisa di pengaruhi oleh faktor hormon. Dan setidaknya ada tiga hormon yang bisa menyebabkan flek hitam yaitu, hormon progesterone, hormon estrogen dan hormon melamin. Dan itu merupakan hormon yang menyebabkan flek hitam dalam dari faktor keturunan.

 

  • Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi sendiri merupakan sutu kondisi dimana hormone melanin meningkat dan menyebabkan suatyu perubahan pada warna kulit.  Dengan meningkatnya melamin secara berlebohan ini bisa merusak warna dari kulit itu sendiri.

 

  • Sinar Ultraviolet

 

 

Ini merupakan faktor yang siapapun bisa mengalaminya, dengan seringnya kulit terpapar oleh sinar UV itu juga bisa menyebabkan kulit mendapatkan flek hitam.

 

  • Polusi

 

 

Ini sangat jelas bisa terjadi dalam kota besar, karena bisanya dalam kota besar sangat tinggi akan tingkat polusinya. Dengan polusi yang tinggi memaksa kulit harus memproduksi antioksidan dan juga mengeluarkan melamin  dengan secara berlebihan untuk bisa melawan bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

 

  • Kosmetik yang berlebihan

Biasanya ini di alami oleh para wanita yang yang sering menggunakan kosmetik secara berlebihan dan sering menggonta-ganti jenis kosmetik yang di pakainya. Ini di sebabkan karena kosmetik mempunyai kandungan bahan kimia dan zat pewarna yang bisa menyebabkan fotosensitivitas, dimana kulit menjadi sangat sensitive terhadap sinar matahari.

 

  • Bekas Jerawat

 

 

Ini merupakan faktor yang sangat mudah untuk di kenali dan juga salah satu faktor yang sangat sering di jumpai pada orang yang mempunyai jerawat di wajahnya. Biasanya bekas jerawat pada suatu wajah seseorang akan meinggalkan suatu bintik hitam yang juga bisa menyebabkan flek hitam.

 

Cara Menghilangakn Flek Hitam pada Wajah

Karena flek hitam yang terdapat pada wajah akan bisa mengurangi rasa percaya diri dan bahkan malu untuk bertemu dengan seseorang. Bahkan jika penanganan yang lambat mengenai flek hitam, itu bisa menyebabkan flek hitam bisa bertambah banyak dan melebar pada sekitaran wajah.

Akan tetapi untungnya ada beberapa cara sederhara yang bisa anda coba untuk menghilangkan flek hitam pada wajah :

 

  • Memakai Masker Alami

Jika anda lebih menyukai dengan memakai bahan-bahan alami untuk menghilangkan flek hitam, berikut ini juga ada beberapa bahan alami yang bisa anda pakai untuk menghilangkan flek hitam :

 

  • Masker Beras

Anda bisa menggunakan beras untuk di pakai sebagai masker wajah penghilang flek htam dengan cara :

  • Siapkan beras dan bersihkan
  • Setelah itu rendam menggunkan air dingin
  • Pakai ulekan untuk menghaluskan beras tersebut
  • Setelah halus jadikan masker pada wajah dan dimkan selama 30 menit
  • Bilang memakai air hangat

 

      2) Masker Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan antibakteri yang sangatlah tinggi, oleh karena itu bisa anda gunakan untuk menghilangkan noba bekas jerawat atau juga flek hitam yang ada pada wajah. Caranya dengan :

– Siapkan beberpa bawang merah secukupnya

  • Haluskan bawang merah tersebut menggunakan ulekan atau bisa meenggunakan blender
  • Pisahkan sari bawang merah dari ampasnya
  • Gunakan sari bawang merah tersebut untuk di jadikan masker wajah
  • Tunggu hingga mongering lalu bilas menggunakan air hangat

 

        3)  Masker Madu

 

 

Madu juga mempunyai kandungan antibakteri, enzim dan juga antioksidan yang tinggi sehingga madu juga bisa anda gunakan sebagai masker alami untuk di jadikan sebagai bahan pelembab alami. Langkah yang bisa anda lakukan :

  • Oleskan madu pada bagian wajah yang mengalami flek hitam
  • Tunggu hingga masker madu menjadi kering
  • Setelah kering lalu bilas menggunakan air hangat
  • Akan lebih efektif lagi jika anda melakukan proses ini 3 kali dalam seminggu

 

  • Menggunakan Minyak Jarak

Biji dari pohon jarak mempunyai kandungan minyak yang sangat cocok untuk di kombinasikan dengan lidah buaya atau vit E untuk bisa di pakai sebagai penghilang flek hitam. Anda bisa mengoleskan minyak tersebut pada wajah dan tunggu hingga mongering lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

 

  • Menggunakan Kulit Manggis

 

 

Kulit manggis memeng terkenal mempunyai banyak manafaat sebagai salah satu bahan yang snagat berguna untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi apa anda sudah menggetahui jika hanya dengan menggunakan kulitnya saja itu bisa di gunakan sebagai penghilang flek hitam pada kulit wajah.

Dengan mengkonsumsi obat yang mempunyai kadungan akan kulit manggis sudah terbukti bisa mengtasi masalah dari flek hitam pada wajah seseorang.

 

  • Menggunakan Jus Buah

 

 

Tidak hanya dengan cara perawatan secara langsung terhadap wajah untuk menghuilangkan flek hitam, anda juga bisa menggunakan jus buah untuk bisa membantu menghilangkan flek hitam.

Dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah seperti jus tomat, timun dan wortel setiap harinya merupakan cara yang efektif untuk mengurangi suatu pembentukan melamin pada kulit bahkan jus buah juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan juga terlihat lebih cerah secara alami.

 

  • Menggunakan Lidah Buaya

Kadungan polisakarida dari lidah buaya bisa digunakan untuk bisa merangsang tumbuhnya sel kulit baru, menghilangkan bekas luka dan juga bisa di pakai untuk menggurangi flek hitam pada wajah.

Bahkan cara memakainya untuk penghilang flek hitam di wajah juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengambil gel dari lidah buaya itu sendiri lalu olehkan pada wajah yang mengalami flek hitam.

Saat mengoleskan gel lidah buaya pada wajah  usahakan di barengai dengan memijat area wajah secara perlahan. Tunggu sampai dengan 20 sampai 30 menit lalu anda bisa membilasnya menggunakan air hangat.

 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan flek hitam pada wajah, anda bisa menggunakan cara yang terbaik yang paling susuai dengan apa yang anda sukai. Semoga dengan membaca artikel ini, itu juga bisa menambah pengetahuan anda tetang cara perawatan wajah yang mudah. Dan juga semoga bermanfaat, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *