Terbukti Ampuh, 16 Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe – Ketombe? Wah jauh-jauh deh ya dari masalah rambut seperti itu. Coba kamu bayangkan, ketika sedang menghadiri suatu acara dan ketombe kamu terlihat, pastinya membuat kepercayaan diri kamu berkurang, benar bukan?

 

cara menghilangkan ketombe

 

Yaps, ketombe adalah terkelupasnya sel-sel kulit mati di kepala secara berlebihan. Ketombe juga dapat terjadi karena berbagai macam faktor, seperti disebabkan oleh jamur, jamur yang timbul terjadi karena kurangnya kebersihan pada rambut.

 

Ketombe yang sulit hilang merupakan masalah cukup serius lho, selain berdampak gatal pada kulit kepala, ketombe dapat menyebabkan masalah seperti rambut menjadi tidak sehat, rambut menjadi kusut dan mengalami kerontokan rambut.

Kali ini kita akan ulas tentang Cara menghilangkan ketombe, yuk disimak!

 

  1. Baby Oil

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama oleskan baby oil pada kulit kepala kamu, pijat pelan atau remas kulit kepala kamu yang sudah dibaluri baby oil tadi, tutup rambut kamu menggunakan handuk lalu diamkan dalam semalam.

Setelah bangun tidur gunakan sampo anti ketombe untuk mencuci rambut kamu, dan bilas dengan air. Baby oil dapat memelihara kulit kepala kamu ketika kamu sedang tidur.

 

  1. Obat kumur

Campurkan sedikit obat kumur pada air bersih, kemudian tuangkan campuran obat kumur tersebut ke rambut kamu, sebelum menuangkan, cuci rambut kamu seperti biasa. Setelah menuangkan campuran tersebut, tatalah rambut kamu seperti biasa, dan jangan dibilas.

 

  1. Minyak zaitun

 

minyak zaitun

 

 

Sebelum kamu mencuci rambut, oleskan minyak zaitun dahulu, biarkan minyak tersebut sekitar lima sampai sepuluh menit. Lalu cucilah rambut kamu.

Dan sebelum tidur, gunakanlah minyak zaitun untuk kulit kepala kamu, minyak zaitun berguna membebaskan kulit kepala dari ketombe. caranya adalah, olesi minyak zaitun ke rambut kamu, kemudian tutup kepala kamu menggunakan handuk atau penutup rambut lainnya seperti sarung bantal agar kulit kepala kamu menyerap minyak zaitun tersebut.

 

  1. Yogurt

 

yogurt

 

 

Sebelum menggunakan yogurt untuk keramas rambut kamu, cuci terlebih dahulu rambutmu dan bilas, kemudian oleskan yogurt murni atau plain yogurt pada kulit kepala, dan diamkan sejenak sekitar 10 sampai lima belas menit. Bilas, dan cuci lagi rambut memakai sampo sesuai kebutuhan kamu.

 

  1. Biji fenugreek

 

                                                                                                     sumber : https://republika.co.id

 

 

Tumbuk biji fenugreek kira-kira satu sendok makan, tumbuklah secara kasar dengan menggunakan tumbukan manual, hindarilah penggunaan mixer untuk menumbuk. Rendam tumbukan biji fenugreek tersebuk ke dalam satu gelas air, diamkan dalam semalam, setelah direndam dalam semalaman, saringlah rendaman tersebut, lalu gunakan air rendamannya untuk membilas rambut kamu.

 

  1. Miyak Kelapa

 

minyak kelapa

 

Cuci rambut kamu tanpa menggunakan hair conditioner, lalu keringkan rambut kamu, tuangkan sedikit minyak kelapa ke kulit kepala kamu, pijat kulit kepala kamu, dan akhiri dengan mencuci rambut kamu untuk membersihkan sisa-sisa minyak kelapa tesebut. Ulangi pemakaian selama satu minggu sekali agar kulit kepala kamu terhindar dari ketombe.

 

  1. Minyak tea tree

 

minyak tea tree

 

Gunakanlah sampo dengan memiliki kandungan minyak tea tree, kandungan minyak tea tree merupakan antiseptik yang alami, dengan minimal kandungan minyak tea tree sebesar 5% didalam sampo yang kamu pakai, secara efektif mengatasi masalah ketombe pada rambut kamu.

 

  1. Baking Soda

Cobalah menggukanan baking soda untuk mencuci rambutmu, ambil sekitar satu sendok makan baking soda untuk digunakan pada rambut kamu, gunakanlah saat kulit kepala kamu dalam keadaan basah. Lalu cuci bersih rambutmu yang sudah menggunakan baking soda.

Baking soda berfungsi agar kulit kepala memproduksi minyak alami yang berguna untuk membuat kulit kepala tetap lembab dan terhindar dari ketombe.

 

  1. Cuka Apel

 

minyak apel

 

Salah satu penyebab ketombe adalah tumbuhnya jamur di kulit kepala kamu. Penggunaan cuka apel ternyata dapat mengatasi jamur yang tumbuh dikulit kepala.

Cara menggunakannya pun termasuk mudah. Yaitu, campurkan cuka apel menggunakan air, cuci rambut kamu seperti biasanya, lalu gunakan campuran tadi ke kulit kepala kamu, remas-remas kulit kepalamu yang sudah dituangkan campuran tersebut. Hindari kontak mata ketika kamu keramas menggunakan campuran cuka apel.

Diamkan sekitar sepuluh sampai lima belas menit, kemudian bilas dengan air bersih, aroma cuka apel akan segera hilang ketika rambutmu kering.

Ulangi proses ini selama satu minggu sekali agar kulit kepala terbebas dari jamur yang menyebabkan ketombe.

 

  1. Cedarwood

 

                                                                                   sumber : https://www.organicfacts.net

Cedarwood

Cedarwood berguna untuk mengendalikan ketombe, campurkan tujuh tetes minyak cedarwood dan sepuluh tetes juniper kedalam 50 mililiter minyak dasar (carrier oil).

Pakailah secara merata pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Untuk membilasnya, gunakanlah sampo yang ringan pada rambut. Setelah itu bilaslah dengan air hangat.

 

  1. Aspirin

 

aspirin

 

Aspirin dapat digunakan untuk campuran sampo agar mendapat hasil maksimal untuk mengatasi ketombe. Bungkus aspirin setidaknya dua tablet, dengan menggunakan kain tipis, selanjutnya hancurkan aspirin tersebut dengan palu atau tumbuk menggunakan benda keras lainnya, campurkan hasil tumbukan tersebut dengan sampo biasa, lalu keramaslah menggunakan sampo tersebut.

Diamkan sejenak sampo yang menempel dirambut kamu, kira-kira selama dua menit. Kemudian bilas rambut kamu.

 

  1. Jeruk nipis

Potong jeruk nipis menjadi dua, gunakanlah jeruk nipis tersebut ke kulit kepala kamu, lalu pijat dengan lembut. Biarkan kulit kepala kamu yang sudah dipijat menggunakan jeruk nipis selama tiga puluh menit. Setelah tiga puluh menit, keramaslah menggunakan sampo biasa kemudian bilas dengan air bersih.

 

  1. Lidah Buaya

Dengan kandungan Aloevera didalamnya, lidah buaya berkhasiat untuk mengatasi problema rambut. Seperti, kerontokan, rambut rapuh ataupun ketombe. Cara menggunakannya pun terbilang sangat simpel, potong lidah buaya dan ambillah jeli berwarna putih didalamnya.

Oleskan rambut kamu menggunakan jeli tersebut, kemudian pijat secara perlahan. Biarkan sekitar lima belas menit. Lalu bilaslah raumbut mu menggunakan air bersih.

 

  1. Garam

Garam mengandung Kristal abrasive didalamnya yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Basahilah rambutmu terlbih dahulu sebelum menggunakan garam untuk mengatasi ketombe, garam yang dipergunakan adalah garam halus.

Taburi garam tersebut ke kulit kepala, pijat dengan lembut kulit kepalamu dan biarkan sejenak, kira-kira lima menit. Dan bilas menggunakan air bersih.

 

  1. Minyak wijen

Tuangkan minyak wijen diatas wajan anti lengket, hangatkan minyak tersebut. Usapkanlah rambut kamu menggunakan minyak tersebut sampai menyentuh kulit kepalamu.

Pijat secara lembut agar minyak tersebut menyerap, biarkan selama satu atau satu setengah jam, kemudian bilas menggunakan air bersih, setelah itu keramaslah menggunakan sampo seperti biasanya.

 

  1. Minyak almon

 

Minyak almon

 

Minyak almon pun juga memiliki khasiat untuk mengatasi ketombe dikulit kepalamu, oleskan minyak tersebut ke kulit kepala, pijatlah kulit kepala secara perlahan.

Kemudian biarkan selama tiga puluh menit dengan menutupi rambut menggunakan handuk hangat. Bilas dan keramaslah seperti biasa menggunakan sampo.

Sangat mudah bukan untuk mengatasi masalah ketombe yang menganggu keseharianmu, lakukanlah secara rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu-kamu yang lagi bermasalah dengan ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *