Cara Menghilangkan Komedo yang Praktis, Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Komedo – Pastinya tidak akan sangat nyaman memiliki komedo di area sekitar wajah. Selain mengurangi rasa percaya diri karena penampilan kurang maksimal, komedo yang membandel tentunya adalah suatu yang sangat menyebalkan yang ingin sekali di hilangkan.

Tapi sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan komedo yang membandel dengan praktis, mudah dan cepat akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa fakta komedo.

 

Apa itu Komedo

Komedo merupakan suatu benjolan yang ada pada permukaan wajah yang umumnya berwarna hitam. Komedo adalah suatu jenis jerawat yang masih tergolong ringan yang sering muncul pada permukaan wajah.

Akan tetpi selain wajah, komedo juga bisa muncul di area permukaan kulit lainnya, seperti dada, punggung, leher dan juga tangan.

Komedo juga mempunyai beberapa jenisnya, seperti :

  1. Komedo terbuka, ini biasanya sangat terlihat dengan benjolan kecil yang berwarna hitam pada permukaan wajah.
  2. Komedo tertutup, ini adalah jenis komedo yang dimana folikel rambut telah sepenuhnya tersumbat dan biasanya jenis komedo ini berwarna putih.
  3. Mikrokomedo, jenis komedo yang sangatlah kecil dan tidak bisa terlihat oleh mata telanjang
  4. Makrokomedo, jenis komedo berwarna putih yang umumnya memiliki diameter 2 sampai 3 mm.
  5. Komedo solar, jenis komedo ini biasanya di alami oleh para lansia di area dadu dan juga pipinya. Penyebabnya adalah dari paparan sinar matahari yang berlebih.

 

Penyebab Komedo

Foikel rambut adalah bentukan dari sehelai rambut dengan kelejar minyak yang berfungsi untuk bisa menjaga kulit tetap halus.

Penyebab dari komedo sendiri karena adanya sel kulit yang mati yang terdapat minyak berlebih pada ujung folikel rambut.

Karena permukaan kulit yang terdapat komedo terbuka dan terkena paparan udara, itu menyebabkan warna komedo menjadi hitam.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan tumbuhnya komedo di area permukaan kulit :

 

  • Menyentuh wajah terlalu sering

 

 

Dengan memiliki kebiasan menyentuh wajah yang terlalu sering ternyata juga memiliki dambak yang buruk bagi kulit wajah itu sendiri. Dan salah satu dampaknya adalah munculnya komedo dan jerawat pada permukaan kulit.

Tangan yang sering kita gunakan untuk memegang bermacam benda asin tentunya akan mengandung banyak sekali kuman.

Dan oleh karena itu tangan yang kotor dan tidak steril pastinya akan membawa banyak sekali kuman apabila sering kita gunakan untuk menyentuh area wajah.

Maka dari itu, hindari menyentuh area wajah terlalu sering, apalagi dengan keadaan tangan yang tidak steril ataupun kotor.

 

 

 

Jika sering melakukan aktifitas di luar ruangan, tentu wajah juga akan sangat berpotensi terkena polusi, paparan debu dan juga asap ari kendaraan bermotor.

Pulisi, paparan debu dan juga asap kendaraan bermotor tentu bisa membuat kulit anda yang tadinya bersih menjadi kotor dan menimbulkan komedo yang sangat membandel.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk membersihkan wajah setelah melakukan aktifitas diluar ruangan supaya wajah tetap bisa terjaga bersih dan juga sehat.

 

  • Makanan yang berminyak

 

 

Mungkin untuk sebagian orang makanan yang mengandung banyak minyak merupakan suatu makanan yang sangat enak.

Tapi perlu juga diketahui dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak mimyak juga tidak baik untuk kondisi wajah anda.

Dengan makanan berminyak, itu tentu bisa menyebabkan minyak berlebih terutama pada bagian permukaan wajah. Karenanya kurangi jenis makanan yang mengandung banyak minyak yang bisa menimbulkan komedo membandel.

 

  • Jarang mencuci muka

 

 

Agar membuat kondisi permukaan wajah tetap bersih dan sehat, di sarankan untuk anda mencuci wajah dengan rutin.

Kotoran dan bakteri yang terdapat pada permukaan wajah yang jarang dibersihkan akan sangat mudah meninmbulkan komedo.

Setidaknya cucilah permukaan wajah anda minimal dua kali dalam sehari, dan akan lebih baik lagi jika menggunakan produk pencuci muka yang tepat.

 

  • Jarang keramas

Apa dengan malas keramas ada hubungannya dengan komedo pada area permukaan wajah?

Tentu ada, jika seseorang jarang keramas dan memcuci rambut mereka tentu kondisi rambut dan kulit kepala mereka juga akan menjadi kotor dan berminyak.

Minyak berlebih pada area kulit kepala nantinya bisa mengalir ke area permukaan wajah dan menyebebkan munculnya komedo pada area permukaan wajah.

 

  • Make up berlebih

 

 

Khusunya untuk para wanita yang sering menggunakan make up, ini juga tidak baik untuk kondisi kulit wajah kalian.

Paparan dari produk kosmetik yang terlalu sering dan juga terlalu berlebih bisa membuat kotoran dan bakteri semakin menempel, dan tentunya bisa memunculkan komedo.

Terlebih lagi jika make up tersebut tidak segera anda bersihkan setelah saharian  memakainya.

 

  • Malas membersihkan make up

 

 

Apabila aktifitas sehari-hari anda memang di tuntut untuk harus memakai make up, tentu membersihkannya juga merupakan sesuatu yang sangat wajib untuk anda.

Setelah menggunakan make up seharian dan akan beristirahat pastikan terlebih dahulu make up telah bersih dari permukaan wajah.

Jangan sampai make up yang anda pakai tersebut lupa untuk di bersihkan dan menempel sampai anda tertidur.

Tentunta tumpukan  make up pada permukaan wajah juga sangat berpotensi menimbulkan adanya komedo.

 

  • Penumpukan sel kulit yang mati

Dengan penumpukan sel kulit mati yang bisanya di sebebkan karena malas mencuci wajah ini juga bisa membuat komedo mudah menyerang.

Untuk mencegah adanya sel kulit yang mati tentu dengan membersihkan wajah secara rutin juga menajdi salah satu solusinya.

 

  • Kebiasan merokok

 

 

Selain bisa menyebabkan penyakit jantung dan juga paru-paru, merokok juga sangat berpotensi untuk menyebakan komedo pada wajah.

Asap rokok yang sering di hisap mengandung partikel-partikel kecil yang juga berbahaya bagi kulit wajah.

Dengan terpaan asap rokok yang secara terus-menerus tentu membuat kulit wajah kotor dan akan menimbulkan jerawat dan juga komedo.

 

  • Kurangnya air putih

 

 

Air putih memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, entah itu untuk kesehatan ataupun juga untuk kecantikan.  Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup tentu akan membantu melembabkan sel kulit secara alami.

 

Pencegahan Komedo

Untuk bisa mencegah munculnya komedo khusus pada area permukaan wajah, tentu ada beberapa cara yang perlu dilakukan.

Ini tidak perlu di lakukan dengan dengan susah payah, karena ada beberapa cara praktis, mudah dan cepat untuk bisa menghilangkan komedo.

Brikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo :

 

  • Mencuci muka secara rajin dan teratur

Dengan mencuci muka secara teratur tentunya akan sangat baik untuk kesehatan wajah anda. Selain menghilangkan kotoran, ini juga bisa mengcegah timbulnya komedo pada permukaan wajah anda.

 

  • Mencuci rambut secara rutin

 

 

Mencuci rambut secara rutin juga dapat mencegah munculnya komedo, terlebih lagi jika jenis rambut anda adalah jenis rambut yang mengandung banyak sekali minyak.

 

  • Pakai produk penghilang sel kulit mati

Sel kulit mati adalah salah satu penyebab munculnya komedo, oleh karena itu gunakan produk penghilang sel kulit mati agar mencegah munculnya komedodi area permukaan wajah.

Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan produk yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

 

  • Gunakan produk dengan tidak mengandung minyak berlebih

Jika anda sering menggunakan suatu produk kecantikan, tentu akan lebih baik lagi jika menggunakan produk kecantikan yang tidak mengandung banyak minyak.

Sebab beberapa produk kecantikan yang mengandung banyak minyak juga bisa menyebabkan komedo yang membandel pada wajah.

 

Berikut adalah beberapa penyebab dan juga cara menghilangkan komedo dengan mudah dan praktis yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Ini juga merupakan salah satu cara hidup sehat agar anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda, terimaksih 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *