Malas? Baca Cara Ini Untuk Menghilangkannya!

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Cara Menghilangkan Rasa Malas – Malas? Mungkin ini sudah biasa di hadapi oleh semua orang. Malas-malasan memang asyik, bisa main instagram, bermain game sambil tidur-tiduran dan lain sebagainya. Malas memang hal sepele tapi juga bisa berdampak buruk, mulai terulurnya rencana, pendidikan bahkan karir akan berantakan. Jika tidak diantisipasi sedini mungkin maka rasa malas akan terasa seperti hal yang sangat biasa di kehidupan kamu.

Khusus untuk kamu yang memiliki rencana untuk mengembangkan sebuah usaha, buanglah jauh-jauh rasa malas tersebut. Rasa malas sendiri adalah suatu sifat yang mengabaikan sesuatu hal untuk zona kenyamanan pribadinya atau demi kenyamanan pribadi sehingga enggan untuk bergerak melakukan hal yang sudah direncanakan.

Tak jarang orang-orang mengalami kesulitan dalam menghilangkan kemalasannya, dan terjerumus dalam zona mager (Malas Gerak). Kebiasaan seperti ini akan berujung pada kemalasan jangka waktu panjang. Sebagai contoh, baru-baru ini kepopuleran permainan gadget melanda remaja bahkan dewasa, ketika si A memiliki janji untuk pergi dengan gebetannya dipagi hari, namun dia telat karena keasyikan ngepush rank sampai sore, sehingga sang gebetan marah dan kesal dengan si A. Si A yang bersedih hanya bisa menyalahkan waktu dengan berandai-andai agar waktu dapat terulang kembali. Nah, dari contoh kasus diatas malas itu bukan hanya permasalahan seperti tidur terus menerus atau berdiam diri begitu saja. Mengabaikan sesuatu hal untuk kenyamanan pribadinya pun juga termasuk sebagai salah satu dalam kategori malas.

Malas bukan hanya membuang-buang waktu saja, efek lain dari malas adalah bisa menumpuknya pekerjaan atau masalah yang akan dihadapi.  Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara tepat untuk menghilangkan sifat tidak baik ini, berikut akan kami sajikan beberapa cara jitu untuk menghilangkan rasa malas.

 

1. Penuhi Diri Dengan Motivasi

 

motivation

 

Setiap kamu berhadapan dengan hal-hal yang membuat mu menjadi malas, tanamkan selalu niat dalam hati, bulatkan tekad dan renungi apa yang dapat membuat mu menjadi sukses. Jika kamu merasa memiliki kekosongan dalam bertindak. Diamkan sejenak pikiran mu, carilah apa yang membuat kamu menjadi kembali termotivasi. Seperti misalnya memikirkan kebahagiaan orang tua, senyuman kekasih ketika kamu memberikan dia sesuatu, dan lain sebagainya. Selalu motivasikan dirimu ketika bertindak sehingga kamu terhindar dari hal-hal yang dapat membuat kamu menjadi seorang pemalas.

 

2. Tetap Bergerak

Liburan pekan bukan hanya tentang menghibernasikan diri sehari penuh, memiliki rutinitas harian menjenuhkan memang serasa ingin memanjakan diri untuk tidur. Namun, terlalu banyak tidur dapat membuat otot-otot mu menjadi kaku, dan semakin malas melakukan apapun, jangan biarkan kamu membuang waktu akhir pekan mu hanya dengan tidur saja, kamu dapat melakukan hal-hal berguna lainnya seperti merawat diri kamu dengan cara membuat masker wajah alami untuk mencerahkan kulit wajah mu, atau membuat Pizza di rumah serta membaca tips bisnis sampingan untuk memanfaatkan waktu luang kamu yang berharga.

 

3. Membuat Jadwal

Cara menghilangkan rasa malas lainnya bisa kamu kerjakan dengan membuat jadwal teratur, biasanya rasa malas muncul karena kebiasaan mengabaikan rutinitas harian. Tanamkan jadwal harian mu di dalam benak pikiran mu.  Seperti misalkan, selalu tepat waktu dalam bekerja, akhir pekan bersihkan rumah agar terlihat lebih rapi, dan lain sebagainya.

Apabila hal tersebut sudah melekat dalam diri kamu, percayalah maka kemalasan akan enggan menghampiri kamu. Untuk membuat jadwal, kamu dapat melakukannya dengan hal-hal kecil dahulu. Contohnya melakukan apa yang  akan dikerjakan dari pagi hari hingga malam hari dengan hal-hal yang ringan. Apabila kamu sudah terbiasa, kamu boleh melakukannya dengan jadwal yang lebih mendetail lagi.

 

4. Kerjakan Sesuatu Hal Selepas Bangun Tidur

 

4. Kerjakan Sesuatu Hal Selepas Bangun Tidur

 

Pagi Hari merupakan waktu yang sangat riskan dalam hal kemalasan. Setiap pagi tentunya mager (malas gerak) selalu datang kepada mereka yang rendah konsentrasi dan minim semangat. Hal ini sangat memiliki dampak pada aktivitas harian yang akan terjadi, ketika kamu sudah malas pada pagi hari dan tidak juga mempunyai semangat diri dapat dipastikan kemalasan akan menghantui kamu di setiap harinya.

Hal yang harus dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur, penuhi jiwa kamu dengan semangat untuk memulai hari dalam menghadapi rutinitas mu, tingkatkan konsentrasi dalam benak pikiran, setelah itu segeralah beranjak dari tempat tidur mu, lakukan olahraga ringan seperti stretching, push up, dan sit up, bergegas mandi,  menyantap sarapan atau lakukan apa yang memang harus dilakukan.

 

5. Kewajiban yang harus dipenuhi

Ada sebab ada pula akibat, setiap kemalasan datang dapat disimpulkan bahwa kamu merasa tak memiliki kewajiban yang harus kamu penuhi, nyatanya setiap sesuatu hal pastinya memiliki landasan kuat untuk keberlangsungannya. Setiap malas mendatangimu sebaiknya kamu renungkan kewajiban apa yang harus kamu tanggungkan untuk aktivitasmu. Misalkan, kamu sedang malas untuk datang kekampus menghadiri perkuliahan, kamu harus mengingat kewajibanmu untuk memenuhi perkuliahan dengan mendapatkan IP (Indeks Prestasi) yang membanggakan orang tua kamu, agar lelah orang tua mu dalam membiayai perkuliahan mu akan terbayar.

 

6. Memiliki Target

 

Memiliki Target

 

Target adalah tujuan realistis dalam aktivitas harian kamu, seandainya kamu memiliki pekerjaan dengan deadline, kadang kala stress akan timbul dalam benak pikiran sehingga dapat menyebabkan kemalasan pada diri kamu. Contoh, ketika atasan kamu memberikan tugas untuk mengerjakan laporan dalam waktu 6 jam, kamu merasa tertekan dan cenderung memiliki pikiran negatif terhadap atasan, sehingga kemungkinan kamu membuang waktu mu sekitar dua sampai tiga jam hanya untuk keperluan sendiri dan menyibukan pikiran dengan pikiran negatif terhadap atasan.

Stress yang melanda pikiran kamu akan mendatangkan kemalasan dalam menyelesaikan tugas deadline yang akan dihadapi, untuk menghindari hal tersebut kamu dapat melakukan cara menghilangkan rasa malas seperti merenungkan sejenak apa yang disampaikan atasan mu, membuat planning dan target untuk menghadapi deadline tersebut, buatlah persiapan sebelum melakukan tugas, kumpulkan motivasi, semangat dan pikiran positif lainnya. Kemudian kerjakan tugas tersebut dengan santai dan hindari stress dalam memikirkan deadline tersebut.

 

7. Cuci Muka

Kantuk dapat membuat malas datang ketika kamu melakukan aktivita harian mu, dengan mencuci muka dapat menjadi cara jitu dalam menghilangkan rasa kantuk, gunakanlah sabun pencuci muka yang berbahan dasar daun mint agar menimbulkan efek segar dan dingin pada wajah kamu, serta dapat membuat kamu kembali bersemangat untuk menjalani aktivitas kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *