Cara Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh Dengan Obat Alami dan Obat Apotek

Cara Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh Dengan Obat Alami dan Obat ApotekCara Mengobati Sakit Gigi – Sakit gigi sangatlah menyiksa. Rasanya bisa membuat seluruh badan ikut menderita. Kalau dengar suara berisik pengen-nya marah-marah dan rasa sakit semakin terasa pada saat kita mau tidur, nyut nyut nyut.

Timbulnya rasa sakit pada gigi biasa terjadi karena adanya lubang di gigi. Satu lubang kecil saja mampu membuat pintu masuk bagi bakteri yang dapat menginfeksi.

Bisa jadi juga, sakit gigi dikarenakan oleh gusi yang membengkak. Kedua masalah tersebut memang bisa membuat nggak nyaman banget rasanya.

Untuk meredam rasa sakit ini, anda bisa menggunakan cara mengobati gigi dengan bahan tradisional. Selain murah, bahan yang akan kami sebutkan terbilang mudah didapatkan. Berikut ini adalah obat sakit gigi dengan bahan alami.

 

Obat Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

  • Daun Cengkeh

 

 

Cengkeh pada dasarnya digunakan sebagai bahan rokok. Tapi tahukah anda jika ternyata daun cengkeh bisa digunakan sebagai obat murah untuk mengobati sakit gigi.

Caranya mudah, cuci beberapa helai daun, kemudian seduh dengan air yang mendidih, kemudian lumatkan, peras dengan kain, lalu basahi kapas dengan airnya, kemudian jejelkan ke gigi yang sedang sakit.

 

  • Bawang Putih

Memang bau bawang putih tidaklah sedap, Jangan pedulikan baunya! Bawang putih sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit gigi dan gusi bengkak.

Caranya, haluskan satu suing bawang putih dengan tambahan garam, kemudian tempelkan di tempat yang sakit. Rasanya memang agak pedas dan panas, tapi ini salah satu cara yang mujarab.

 

  • Bawang Merah

Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki zat antiseptic. Maka kunyahlah satu suing bawang merah untuk membasmi kumat pada mulut secara merata.

Jika ada gigi atau gusi yang sakit, fokuskan untuk mengunyah bawang merah di tempat yang sakit. Kalau merasa bawang merah kebesaran, maka haluskan terlebih dahulu bawang merah sebelum digunakan.

 

  • Alpukat

 

Alpukat

 

Selain enak dibuat jus, alpukat bisa juga menjadi obat tradisional untuk mengurangi rasa sakit di gigi. Cukup sangria 1 biji alpukat, kemudian haluskan hingga menjadi bubuk.

Cara penggunaannya adalah dengan masukan bubuk tersebut pada gigi yang mengalami rasa sakit, setelah itu mampatkan dengan kapas.

 

  • Cabai Hijau

 Cabai hijau jangan dikunyah tapi cukup memotong sedikit ujung cabai-nya, lalu dibakar, dan tempelkan ke gigi yang mengalami masalah ketika cabai masih bersuhu hangat. Pemakaiannya cukup dua kali sehari sampai sakit reda.

 

  • Garam

Satu cara dari nenek moyang kita ini, sangatlah mujarab. Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, ternyata garam bisa menjadi obat sakit gigi.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, cukup larutkan garam dengan air hangat lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

 

  • Teh Hangat

 

Teh Hangat

 

Teh hangat bukan hanya mampu menghilangkan komedo membandel pada wajah, teh hangat juga bisa menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit gigi untuk sementara. Cara pemakaiannya yaitu tempatkan kantong teh pada gusi atau gigi yang sakit untuk membantu menghentikan peradangan.

 

  • Jahe

Jahe terdapat kandungan antibakteri yang sangat ampuh memberantas bakteri di dalam mulut. Caranya yaitu dengan memarut satu buah jahe, lalu peras airnya, gunakan air perasan tersebut untuk berkumur.

 

  • Air Kelapa

 

 

 

Air kelapa pun berguna sebagai antiseptik alami. Maka berkumurlah dengan menggunakan air kelapa setiap sesudah menggosok gigi.

 

Obat Sakit Gigi di Apotek

Mengobati rasa sakit gigi bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu alami maupun secara medis. Secara medis, bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa obat sakit gigi, berikut ini ada beberapa obat yang paling ampuh, diantaranya:

 

  • Asam Mefenamat

 

 

Tau merek spontan?? Eh salahh… Ponstan? (banyak orang yang nyebut spontan di apotek padahal maksudnya Ponstan, ngekek sendiri apotekernya, hihih).

Ya, Ponstan dari Pfizer merupakan merek yang terkenal sebagai asam mefenamat. Asam mefenamat adalah generiknya atau nama zat aktifnya.

Khasiatnya sangat ampuh dalam mengobati rasa nyeri pada gigi. Cara kerja dari asam mefenamat yaitu menghambat datangnya sintesis prostaglandin yang disebabkan dari rasa nyeri.

Obat ini tidak dianjurkan untuk orang yang mengalami masalah terhadap pencernaan, karena obat yang satu ini bersifat asam.

Dosisnya 3 kali sehari 1 tablet (500mg) sesudah makan, digunakan sampai rasa nyeri hilang. Selain Ponstan terdapat merek lain seperti Mefinal, Licostan, Pondex, dan lain-lain.

 

  • Antalgin

Antalgin salah satu merek obat yang sangat terkenal dalam menghilangkan nyeri pada sakit gigi. Efek anti nyerinya sangat kuat, lebih kuat dari asam mefenamat.

Obat ini merupakan kombinasi dengan vitamin B complex. Contohnya, Neuralgin, dolo neurobion, dan lain-lain.

Dosisnya 3 kali sehari 1 tablet (500mg) sesudah makan.

Obat ini tidak diperuntukan bagi orang yang alegi terhadap obat ini. Untuk orang yang mengalami kelainan defiseinsi enzim glukosa 6 fosfat dihidrogenase pun tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat yang satu ini.

Anatalgin juga sebaiknya jangan diberikan pada bayi yang berusia di bawah 4 bulan, ibu hami, dan juga orang yang punya tekanan darah rendah.

 

  • Parasetamol

 

Parasetamol

 

Parasetamol terkenal sebagai obat yang paling ampuh dalam menurunkan panas. Tapi jangan salah, karena obat yang satu ini sangat mujarab untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi.

Hal ini dikarenakan obat parasetamol merupakan salah satu obat analgesic yang dapat membantu meredakan rasa sakit gigi.

Dengan banyaknya merek dagang yang tersedia di toko obat, ada yang namanya panadol sirup, paracetamol sirup (generic), pamol sirup, sanmol sirup, biogesic sirup, dan masih banyak lagi.

Dosis untuk orang dewasa: 3-4 kali sehari 1 tablet (500mg) sesudah makan.

Dan dosis untuk anak < 1tahun: ½ sendok teh (80 mg), 1-3 tahun: ½ sendok the (80-160 mg), 4-6 tahun: 1 sendok the (160 mg), 7-12 tahun: 2 sendok teh (320 mg). 3-4 kali sehari sesudah makan sampai rasa sakitnya hilang.

Sebaiknya bagi yang alergi terhadap parasetamol janganlah mengonsumsi obat ini, selain itu bagi yang mengalami gangguan hati dan ginjal juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi parasetamol.

 

  • Kalium Diclofenac

Obat yang satu ini merupakan obat yang paling ampuh dalam meredakan sakit gigi dan mengobati gusi membengkak.

Sama halnya dengan asam mefenamat, Kalium Diclofenac adalah jenis obat OAINS yang punya kegunaan sama persisi, yaitu mampu mengatasi inflamasi pada tubuh manusia.

Selain untuk meredakan sakit gigi, obat ini juga bisa membantu mengatasi peradangan pada sendi serta pengapuran pada tulang.

Obat ini tersedia berbagai macam merek yaitu kaflam, cataflam, eflagen, X-flam, dan lain-lain.

Dosisnya sehari 150 mg. Obat ini juga tidak diperbolehkan untuk anak-anak yang dibawah 14 tahun.

Bagi perokok, tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat ini, dan juga orang yang memiliki penyakit kardiovskular, orang yang memiliki penyakit hipertensi dan asma, orang dengan gangguan hati, ginjal, dan lambung, serta tidak diperuntukan bagi ibu yang sedang hamil.

 

Bisakah Sakit Gigi Dapat Dicegah?

Jadi semua rasa sakit yang disebabkan oleh gigi dapat dicegah asalkan kita dapat melakukan tindakan preventif untuk tetap menjaga ketahanan tubuh, termasuk bagian gigi.

Adapun yang harus anda lakukan yaitu dengan cara menyikat gigi dengan teratur, jangan sering memakan makanan manis, hindari menyikat gigi dengan keras, serta menghidari bulu sikat gigi yang kasar.

Itu semua merupakan kunci utama dalam mendapatkan gigi yang sehat dan kuat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *