10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

Cara Mengusir Tikus – Pastinya sangat menjengkelkan ketika kita sedang melakukan pekerjaan rumah ataupun mungkin sedang bersantai, seekor tikus dengan bebasnya mondar-mandir di hadapan kita.

Itu sangat menjijikan sekali bukan ?

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Berbeda sekali dengan yang ada di film kartun yang memiliki tingkah yang lucu. Tikus adalah hewan yang sangat menjijikan, tikus juga sangat merugikan jika berada dalam rumah.

Tikus hewan pengerat yang terkenal sangat ahli dalam melompat, berenang juga menyelinap. Bahkan tikus memiliki gigi yang hampir setara dengan kuatnya baja.

Tikus termasuk hewan omnivora yang sering menggerogoti apa saja yang dia suka, terutama perabotan yang ada di dalam rumah.

Tidak bisa di pungkiri !

Pasti anda pernah menjumpai perabot rumah hancur oleh si tikus rakus itu. Entah itu sofa, lemari bahkan kabel listrik sekalipun ikut di gerogoti, dan pastinya itu sangat menjengkelkan sekali.

Dan kecil kemungkinannya jika dalam suatu rumah tidak terdapat tikus.

Tikus itu sangatlah pintar dalam menyelinap, bahkan dengan tubuhnya yang terbilang lentur tikus hanya perlu celah sebesar 2/3cm untuk bisa masuk.

Tikus biasanya masuk ke rumah lewat lubang drainase, lubang pembuangan air juga bisa lewat kabel yang terhubung ke dalam rumah.

Di antara anda mungkin sudah pernah menggunakan alat-alat modern untuk bisa mengusir tikus. Seperti contohnya perangkap tikus, racun tikus bahkan juga pengusir tikus elektrik.

Tapi apakah anda tahu dengan alat-alat itu pastinya juga memiliki kekurangan.

Seperti  perangkap tikus yang tikus memang takut akan sesuatu yang baru dia lihat, jadi itu tidak akan maksimal untuk bisa mengusir tikus dari rumah.

Racun tikus itu bahkan terlalu berbahaya jika lalai dalam penggunaan, bahkan mungkin itu bisa membunuh hewan peliharaan seperti kucing atau hewan peliharaan anda lainnya.

Pengusir tikus elektrik pastilah sangat mengganggu bagi mahluk hidup di sekitar atau bahkan mungkin manusia sekalipun.

Di sini saya akan memberikan beberapa tips sederhana untuk mengusir tikus dari rumah anda. Tenang saya tidak membebani anda dengan beberapa alat yang merepotkan seperti tadi, tentunya tidak.

Pasti tidak banyak yang tahu jika bahan yang awalnya di anggap tidak berguna ini bisa dipakai untuk mengusir tikus.

Apakah itu benar adanya..

Mari kita cari tahu bersama dan berikut beberapa bahannya.

 

  1. Buah Mengkudu 

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Mungkin sebagian orang hanya tahu jika buah mengkudu hanya berkhasiat untuk tubuh, bukan untuk mengusir tikus.

Memang itu bener sekali..

Selain berkhasiat untuk tubuh, buah mengkudu juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Tidak perlu repot untuk menggunakannya sebagai pengusir tikus.

Anda hanya perlu memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian dan taruh di tempat yang sering di kunjungi tikus. Tapi juga perlu di perhatikan, segera ganti jika buah mengkudu sudah mulai mengering.

 

  1. Daun Sirsak 

 

 

Tikus juga sangat benci dengan aroma menyengat dan itu termasuk juga bau menyengat dari daun sirsak.

Caranya cukup sederhanya sekali anda hanya perlu merobek-robek daun sirsak menjadi beberapa bagian dan taruh pada tempat yang sering di lalui oleh tikus.

 

  1. Daun Mint  

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Layaknya daun sirsak, daun mint juga memiliki aroma yang sangat tidak di sukai oleh tikus.

Caranya anda hanya perlu menghaluskannya pakai blender  dengan di campurkan sedikit air. Setelah itu pakai air itu untuk anda semprotkan pada tempat tikus berada.

 

  1. Bawang Putih  

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Selain bawang putih dimitoskan sebagai sesuatu yang tidak di sukai oleh pocong, bawang putih juga bisa di pakai untuk mengusir tikus lho..

Memang itu bisa ? bisa kok

Salah satu bumbu dapur ini memang paling tidak di sukai oleh  tikus, anda hanya perlu beberapa bawang putih dan kain lasa.

Caranya anda cukup memotong bawang putih dan bungkus menggunakan kain lasa tadi lalu taruh di tempat tikus bersembunyi. Itu akan membuat tikus kabur.

 

  1. Cangkang Telur  

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Nah, siapa yang sering masak telur lalu cangkangnya di buang begitu saja.

Itu sangat di sayangkan lho, cangkang telur juga di bisa di pakai untuk mengusir tikus, kecoa dan binatang penganggu lainnya.

Caranya cukup mudah, jika anda mempunyai cangkang telur anda cukup mengeringkannya terlebih dahulu, bisa dengan cara di jemur.

Setelah cangkang telur kering, selanjutnya anda perlu menghaluskannya menggunakan blender sampai menjadi bubuk. Nah bubuk itulah yang nanti bisa di gunakan untuk mengusir tikus.

Cukup taburkan bubuk cangkang telur di area rumah dan itu bisa mengusir tikus, semut bahkan kecoa.

 

  1. Kulit Jengkol  

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Ada banyak orang yang sangat suka sekali dengan jengkol, dan ada pula yang tidak menyukainya. Itu karena baunya yang sangatlah menyengat.

Nah itu sama seperti tikus  yang sangat tidak menyukai bau akan aroma kulit jengkol, sama seperti aroma daunt mint.

Caranya anda cukup menghaluskannya menggunakan blender dengan sedikit campuran air. Gunakan semprotan air untuk menyemprotkan air blenderan tadi ke area sarang tikus.

Jika anda takut rumah anda akan juga ikut bau, anda bisa menyamarkannya menggunakan pewangi ruangan.

 

  1. Kulit Durian   

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Masih sama juga seperti kulit jegkol, durian juga memiliki aroma yang sangat tidak di sukai oleh tikus.

Tenang saja ! Bukan daging duriannya yang akan anda pakai, anda hanya perlu kulit duriannya saja.

Setelah anda memakan durian yang sangat lezzaaaat itu, anda bisa gunakan kulitna untuk anda taruh pada tempat yang sering di lalui tikus, bisa di bawah meja makan di ujung lubang drainase dan juga di sudut-sudut dapur.

Itu pasti akan  membuat tikus tidak akan berani datang.

 

  1. Kamper 

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Kamper juga bisa di pakai untuk mengusir tikus, caranya sangat simple.

Anda cukup menaruh kamper di sudut ruangan area rumah, dan itu tidak akan mengganggu kegiatan anda di rumah asalkan anda tidak menaruhnya di dekat makanan.

Karena pastinya bukan hanya tikus yang kabur, tapi anda juga pasti ikutan kabur. hehehe. . .

 

  1. Kantung Teh Celup  

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

Jika anda sering minum teh di pagi hari, anda bisa memanfaatkan kantung teh celup bekas anda untuk di jadikan alat pengusir tikus.

Masa sih kok bisa begitu ?

Kantung teh celup bekas memiliki kandungan papermint yang juga bisa membuat hidung si tikus iritasi. Itu akan membuat penciuman hidung tikus terganggu, dan tikus akan kabur dengan sendirinya dari rumah anda.

 

  1. Jangkrik  

 

10 Cara Mengusir Tikus, no 7 Makanan Lezaat Lhoo

 

Hewan mungil ini biasanya di pakai untuk aduan yang memiliki bunyi yang khas.

Nah itu yang akan kita pakai nanti, dengan bunyi khas dari jangkrik itulah bisa kita gunakan untuk mengusir tikus.

Tikus memang hewan pengerat yang tidak menyukai tempat yang berisik, terutama dengan bunyi mengerik dari jangkrik.

Caranya sangat mudah, anda cukup memelihara beberapa ekor jangkrik lalu taruh di tempat yang banyak di huni oleh tikus dan itu pasti membuat tikus tidak akan betah dan kabur.

 

Nah itu lah beberapa bahan sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengusir tikus.

Selain bahan-bahan itu sering anda temukan di rumah, anda juga tidak perlu repot mengeluarkan uang hanya untuk membelinya.  Itu cukup dari bahan bekas anda yang memang sudah tidak lagi terpakai.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga membantu bagi anda yang mungkin sedang kebingungan mencari referensi cara sederhana untuk mengusir tikus rakus dari rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *