Cara Merawat Headset Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

Cara Merawat Headset – Inovasi membuat teknologi semakin berkembang. Perubahan-perubahan terjadi begitu cepat. Setiap hari selalu muncul ide baru untuk mengembangkan sebuah alat yang dapat mendukung dan mempermudah pekerjaan manusia.

Cara Merawat Headset

Dalam dunia teknologi kita pasti sering mendengar istilah headset, headphone, handsfree, earphone dan lain-lain. Semua istilah tadi adalah perangkat atau alat yang menunjang audio device. Dalam artikel kali ini kita akan membahas secara spesifik tentang headset dan bagaimana cara merawat headset agar tidak cepat rusak.

Pengertian Headset

Pengertian Headset

Headset adalah salah satu alat atau perangkat penunjang yang membuat penggunanya lebih mudah untuk mendengarkan audio. Perkembangan headset tidak lepas dari perkembangan perangkat audio yang lain. Headset yaitu alat yang berupa gabungan antara headphone dan mikrofon.

Jadi bisa disimpulkan bahwa headset adalah sebuah headphone yang memiliki mikrofon. Seperti sudah disinggung tadi bahwa headset berfungsi untuk mendengar suara dari perangkat komunikasi lain. Tidak hanya mendengarkan saja, headset juga berfungsi untuk memperjelas suara yang kita ucapkan di mikrofon. Jadi headset memiliki fungsi dua arah, mengeluarkan dan menerima sehingga suara yang dihasilkan lebih jelas dan jernih.

Bentuk headset yaitu melingkar pada bagian kepala, memiliki dua buah speaker yang menutup telinga bagian kanan dan kiri secara keseluruhan serta terdapat mikrofon yang mengarah di depan bibir si pemakai. Headset umumnya dipakai oleh perangkat yang besar seperti laptop atau komputer. Tetapi berkembangnya teknologi membuat headset juga saat ini bisa dipakai pada mobile atau smartphone.

Headset Untuk Mobile Atau Smartphone

Headset Smartphone

Pada perangkat komunikasi mobile yang lebih fleksibel dan mudah dibawa ke mana-mana, akan sulit jika menggunakan headset pada umumnya. Oleh karena itu muncullah alternatif lain yang cocok digunakan pada perangkat mobile, yaitu handsfree atau earphone.

Handsfree dan earphone didesain lebih praktis dan fleksibel. Handsfree dan earphone tidak lagi melingkar di kepala melainkan hanya diselipkan di lubang telinga saja.

3 Cara Merawat Headset Agar Tidak Rusak dan Awet

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar headset atau handsfree tidak cepat rusak. Yuk mari kita simak cara merawat headset agar tidak cepat rusak!

1. Jangan biarkan headset atau handsfree terpasang ketika tidur

Kita tidak akan pernah tau apa yang kita lakukan ketika kita terlelap. Membiarkan headset atau handsfree tetap terpasang ketika kita tertidur memungkinkan kerusakan yang lebih cepat. Posisi ketika kita tidur seringkali berubah dan memungkinkan headset atau handsfree yang terpasang di telinga kita tertekan atau tertindih sesuatu atau bagian tubuh kita. Jadi biasakan dilepas dulu ya headset atau handsfreenya sebelum tidur.

2. Hati-hati saat melepas atau mencabut headset atau handfree

Saat seseorang sedang menggunakan headset ataupun handsfree dan terburu-buru untuk melepasnya, bisa jadi kabel-kabel yang ada pada handsfree tertarik dengan kuat dan putus. Ketika ada kabel yang putus biasanya speaker pada handsfree tidak bisa mengeluarkan suara lagi. Oleh karena itu usahakan kalian melepas headset atau handfree dengan hati-hati ya.

Baca juga: Rekomendasi Headset Bluetooth Dengan Kapasitas Baterai yang Tahan Lama

3. Usahakan menyimpan headset atau handsfree dengan rapi

menyimpan headset

Seringkali kita sembarangan dalam menyimpan headset atau handsfree setelah digunakan. Ketika disimpan secara asal, kabel yang ada pada handsfree bisa menjadi terbelit-belit.

Kabel yang terbelit juga menyulitkan kita untuk mengambil dan menggunakannya. Pada saat kabel yang masih terbelit kita ambil secara asal, bisa membuat kabel juga terputus. Maka sebelum disimpan ada baiknya kabel handsfree digulung secara rapi terlebih dahulu. Kemudian baru disimpan. Alangkah lebih baiknya lagi jika disimpan di tempat khusus seperti pouch. Itu akan membuat handsfree tetap rapi dan awet.

Demikian cara merawat headset agar tidak cepat rusak. Semoga artikel ini bermanfaat!

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are