Cara Pasang Wallpaper Dinding Sendiri

Dari kemarin saya terus membuat postingan motif-motif wallpaper dinding. Nah, khusus untuk hari ini saya akan membahas cara pasang wallpaper dinding sendiri. Hmm, saya rasa sobat IntipTrik mulai penasaran kan bagaimana caranya?

Cara Pasang Wallpaper Dinding Sendiri

Tenang, sebelum memulai pastikan adakah orang yang siap membantu sobat di kala kesusahan atau perlu bantuan untuk memasang wallpaper misalnya istri, anak, keponakan, atau bisa juga tukang bangunan. Kalau ada, hal yang perlu disiapkan lagi adalah peralatannya. Apa saja?

  1. Alas lantai. Pastikan lantai sobat sudah tertutupi pada area pemasangan wallpaper agar permukaan lantai tidak terkena paparan lem. Sobat bisa menggunakan kardus atau terpal.
  2. Tangga untuk menjangkau bagian atas dinding.
  3. Cutter / Gunting.
  4. Pensil.
  5. Penggaris mika.
  6. Meteran.
  7. Benang dan pemberat. Untuk meluruskan pemasangan wallpaper dari atas sampai ke bawah. Cara menggunakannya mudah kok. Sobat hanya perlu memotong benang sesuai dengan ukuran wallpaper lalu ambil ujung benang dan tegakkan dari dinding atas dan lepas pemberat (berupa batu kecil, paku, atau bahan lainnya). Tandai dengan pensil sebagai tanda untuk pemasangan wallpaper agar presisi.
  8. Lem wallpaper.
  9. Siapkan 2 bak untuk adukan lem, 1 untuk adukan lem yang 1 lainnya untuk lem sambungan (lem kental).
  10. Spons.
  11. Kain basah atau kanebo.
  12. Kuas lem.
  13. Roller cat.
  14. Amplas untuk meratakan dan membersihkan dinding berjamur atau kerak dinding yang tidak rata.
  15. Agar wallpaper terpasang merata maka sobat perlu siapkan scraper.

Saatnya Pasang Wallpaper Sendiri

Kini saatnya bagi sobat Intip Trik untuk mengetahui cara pasang sendiri. Tapi pastikan sobat sudah membeli wallpaper dinding ya. Kalau belum apa yang mau dipasang?

Ini dia caranya.

  1. Bersihkan Dinding

Bersihkan Dinding

Pastikan dinding sobat sudah bersih dan sama rata. Jika dinding terlanjur berjamur atau berpori maka amplaslah bagian dinding yang bermasalah kemudian lap dengan kain basah hingga bersih.

  1. Lihat Struktur Dinding Lebih Dulu

Maksudnya sobat harus memastikan apakah jika wallpaper dipasang dinding akan miring atau tidak. Maka dari itu gunakan benang pemberat tadi sebagai acuan agar pemasangan tidak miring. Selain itu, gunakan pensil sebagai tanda pemasangan sehingga pemasangan akan tepat dan akurat.

  1. Memotong Wallpaper

Memotong Wallpaper

Potong wallpaper sesuai kebutuhan dinding. Lebihkan sedikit potongan wallpaper tersebut. Agar nantinya wallpaper tidak terlalu ketat atau kurang. Pemotongan harus dilakukan hati-hati. Jangan sampai tidak lurus. Gunakan cutter/gunting dan penggaris sehingga memotong wallpaper sesuai apa yang sobat inginkan.

  1. Pengeleman

Jika point 1 sampai 3 sudah dikerjakan. Maka selanjutnya adalah pengeleman wallpaper. Lapisi dinding dengan lem menggunakan roll cat tanpa menghilangkan tanda pensil.

  1. Tempel Wallpaper

Tempel Wallpaper

Disini sobat harus berhati-hati. Pastikan penempelan wallpaper dilakukan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

  1. Sambungan Wallpaper

Untuk memasang wallpaper sambungan maka berikan lem yang lebih kental dari sebelumnya. Setelah ditempel sapukan dengan kuas lem.

  1. Ratakan Wallpaper

Jika wallpaper dinding sudah terpasang, yang harus sobat lakukan lagi adalah meratakan wallpaper. Ratakan dengan penggaris akrilik dengan perlahan. Bila terdapat sisa-sisa wallpaper potong dengan cutter. Agar proses semakin merata gunakanlah spons untuk menyerap kelebihan lem.

  1. Cek Lagi

Setelah wallpaper terpasang jangan dulu pergi. Cek kembali apakah ada yang kurang atau tidak. Biasanya banyak orang yang lupa pada bagian sambungan dan sudut.

Nah, bagaimana sobat Intip Trik? Ingin mencobanya langsung?

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *