Ini Dia Cara Pembuatan Pupuk Kompos Dengan Mudah

Akan sangat bermanfaat sekali apabila semua orang sadar untuk bisa mengolah sampahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan seperti pupuk kompos.

Sampah rumah tangga pun bisa diolah menjadi pupuk kompos yang sangat baik untuk tanaman sehingga tidak akan menyebabkan limbah berlebihan.

Cara pembuatan pupuk kompos sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan tinggal keinginan dan tekad Anda yang harus dibulatkan.

cara pembuatan pupuk kompos

4 Cara Pembuatan Pupuk Kompos yang Sangat Mudah

Pupuk kompos sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanaman di rumah Anda sehingga tak perlu lagi membeli pupuk.

Jika Anda bisa memproduksinya dalam skala besar, tentu pupuk kompos tersebut juga bisa menjadi pupuk untuk tanaman di persawahan atau perkebunan.

Berikut intiptrik.com berikan cara pembuatan pupuk kompos yang bisa Anda terapkan di rumah menggunakan sampah rumah tangga Anda.

1. Pembuatan Pupuk Kompos dengan Memilah Sampah

tempat sampah

Sebaiknya Anda melakukan pemilahan sampah sedari awal untuk memudahkan pembuatan pupuk kompos pada tahap-tahap selanjutnya.

Sediakanlah dua buah tempat sampah di mana satu untuk sampah organik (seperti sisa makanan, daun, dan sejenisnya) dan sampah anorganik (seperti plastik).

Jika Anda sudah menyendirikan sampah tersebut, maka gunakan sampah organik untuk bahan pupuk kompos dan sampah anorganik untuk dibuang di TPA.

2. Menyiapkan Bahan

bahan pupuk kompos

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan semua bahan, yaitu sampah organik yang sudah dipilah, larutan gula, pupuk kAndang (kotoran ternak), dan EM4.

Anda juga harus mempersiapkan wadah untuk tempat membuta pupuk kompos ini. Wadah ini biasanya bisa dari semen atau ember untuk lebih praktisnya.

Pastikan bahwa semua bahan Anda siap dengan kualitas baik. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan beberapa bahan seperti larutan gula dan EM4.

Maka jangan ragu untuk pergi ke toko pertanian yang ada di sekitar Anda karena pemerintah pun biasanya menyediakan secara pasti bahan-bahan untuk pertanian ini.

Anda pun juga harus kreatif untuk mengolah dan menemukan bahan pembuatan pupuk kompos ini.

3. Mengolah Bahan-bahan

langkah pembuatan pupuk kompos

Setelah semua bahan tadi siap, maka langkah pembuatan pupuk kompos selanjutnya ialah tahap pengolahan. Potonglah kecil-kecil sampah organik Anda.

Setelah itu, masukkan tanah pada wadah secukupnya, masukkan sampah organik Anda, masukkan larutan gula, masukkan EM4 secukupnya sesuai takaran di kemasan, masukkan pupuk kandang, dan tutup kembali dengan tanah. Anda bisa menyiram dengan air secukupnya untuk mendapatkan hasil maksimal dari pupuk kompos ini.

Pastikan Anda mengaduk adonan pupuk kompos merata sehingga pupuk akan terselesaikan dengan cepat. Anda bisa membeli wadah yang biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi untuk pembuatan pupuk kompos dan bahkan pengaduknya sudah tersedia.

Baca juga: Cara Menanam Tomat Dengan Mudah

4. Mengaduk Seluruh Bahan Pupuk Secara Intensif

pembuatan pupuk kompos

Selanjutnya untuk mempercepat dan membuat kualitas hasilnya baik ialah dengan sering-sering menambahkan sampah organik dan mengaduknya secara intensif.

Semakin merata pengadukannya maka semakin baik baik pula hasilnya. Memang untuk menekan biaya pembuatan ini Anda dituntut kreatif dalam membuat adukan untuk sampah organik yang nantinya akan menjadi pupuk kompos ini.

Itulah cara pembuatan pupuk kompos yang harus Anda ketahui supaya Anda lebih mudah dan berhasil 100% dalam membuat pupuk kompos sendiri dengan bahan sampah organik Anda.

Manfaatkan sampah Anda untuk membudidayakan tanaman dengan pupuk kompos. Anda bisa menghemat biaya namun tetap mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan pupuk kompos bagi tanaman Anda sendiri.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are