9 Ciri-ciri Mahluk Hidup yang Ada Di Bumi

Ciri-Ciri Mahluk Hidup – Kita semua pasti sudah mengetahui jika tumbuhan, hewan dan juga manusia merupakan suatu mahluk hidup yang berada di bumi.

Jika secara umum pengertian mahluk hidup sendiri adalah suatu mahluk yang mempunyai ciri-ciri seperti bergerak, bernafas dan juga berkembang biak.

Pada tumbuhan dan hewan sendiri merupakan mahluk hidup yang memang memiliki berbagai jenis dan juga macam untuk mendapingi hidup manusia.

Tidak bisa dibayangkan bukan jika manusia hidup tanpa ada hewan dan juga tumbuhan, oleh karena itu ada juga yang di sebut rantai makanan.

Rantai makanan sendiri adalah suatu proses makan dan di makan antara mahluk hidup agar terus bisa bertahan hidup. Agak sedikit menyeramkan sih dengan mendengar kata makan dan juga di makan antara mahluk hidup itu sendiri.

Akan tetapi itu merupakan suatu proses ilmiah sebagai mahluk hidup untuk bisa terus ada di dunia, dan jika salah satu  rantai makanan putus itu pasti akan mengakibatkan sesuatu yang besar pada rantai makanan lainnya.

Seperti contoh jika tidak ada tumbuhan, tidak aka nada serangga yang makan tumbuhan dan jika serangga punah tidak akan ada juga katak yang bisa menjadi santapan ular.

Oleh karena itu, rantai makanan merupakan sesuatu proses yang memang sangat penting untuk semua mahluk hidup.

Dan berikut ini saya juga akan menjelaskan beberpa ciri mahluk hidup seperti apa yang sudah kita tahu sebelunya :

 

  1. Bernafas atau Respirasi

 

 

Semua mahluk hidup pastinya melakuan proses ini yaitu bernafas. Bernafaas sendiri adalah proses untuk mengambil udara atau juga bisa di sebut O2  lalu mengeluaraknnya menjadi karbondioksida ( CO2 ).

Oksigen sendiri memang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk melakukan oksidasi. Itu di perlukan tubuh untuk bisa melakukan pembakaran suatu makanan di dlam tubuh untuk bisa menjadi energy.

Untuk setiap mahluk hidup sendidri akan mempunyai proses bernafas yang pastinya berbeda-beda, itu di tentukan dari tempat mereka hidup dan jenis mahluk hidup itu sendiri.

Dan yang paling terlihat jelas adalah antara cara bernafas dari mahluk hidup air dan juga mahluk hidup darat. Berikut ini beberpa jenis macam alat pernafasan pada mahluk hidup :

  • Alat untuk pernafasan hewan biasa di sebut trakea, insang dan juga paru-paru
  • Pada tumbuhan biasanya di sebut dengan lentisel dan stomata
  • Dan pada burung sendiri memiliki alat utuk proses pernafasan yang di namakan pundi-pundi udara

 

  1. Bergerak

 

 

Bergerak juga merupakan ciri-ciri dari mahluk hiudup itu sendiri. Pada proses gerak sendiri antara manusia hewan dan juga tumbuhan sudah pasti sangatlah berbeda.

Karena pada hewan tumbuhahan dan juga manusia memiliki alat gerak yang berbeda.

Yang jelas terlihat berbeda adalah tumbuhan yang di mana proses geraknya sangat jarang terlihat, bahkan sulit untuk di temui.

Seperti contoh daun putri malu yang akan mengkurep jika di sentuh dan juga bunga matahari yang akan terus menghadap matahari dimana posisi mataharai berada.

 

  1. Membutuhkan makan

 

 

Semua mahluk hidup yang ada di dunia sudah pastinya memerlukan makanan untuk bisa terus bertahan hidup.

Setiap makanan yang di makan pastinya di wajibkan yang memang makanan yang mengandung za yang di perlukan oleh tubuh.

Fungsi dari makanan sendiri untuk mahluk hidup adalah untuk bisa mneghasilkan energy, proses pertumbuhan dan juga menggantikan sel yang tela rusak.

Ada juga mahluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri itu adalah hijau daun dengan melakukan proses fotosintesa.

 

  1. Peka terhadap rangsangan (iritabilitas)

 

Setiap mahluk pasti akan mempunyhai respon pada setiap rangsangan yang di rasakannya. Dan biasanya pada hewan dan juga manusia mempunyai panca indra untuk melakukan respons tersebut seperti :

  • Mata sebagai indra pengelihatan
  • Hidung sebagai indra penciuman
  • Telinga sebagai indra pendengaran
  • Lidah sebagai indra pengecap
  • Dan kulit sebagai indra untuk meraba

 

  1. Bertumbuh

 

 

Setiap mahluk yang hidup pasti akan mengalami pertumbuhan, seperti contoh manusia yang tadinya bayi bisa bertumbuh menjadi dewasa dan misalkan biji tumbuhan menjadi tanaman. Dan tanaman bisa bertambah tumbuh menjadi tumbuhan besar.

 

  1. Berkembangbiak ( reproduksi )

 

 

Berkembang biak merupakan salah satu proses mahluk hidup yang di lakukan setiap mahluk hidup untuk menghasilkan keturunan mereka. Itu mereka lakukan agar jenis mereka tidak akan punah di lekang jaman.

Pada mahluk hidup ada 2 cara dalam berkembang biak yaitu seperti kawin ( generative ) dan juga tidak kawain ( vegetative ).

Biasanya pada manusia dan hewan akan berkembang biak dengan cara generatif dan pada tumbuhan seperti tunas dan cangkok berkenbang biak dengan cara vegetative.

 

  1. Menyesuaikan diri ( adaptasi )

 

 

Untuk bisa bertahan hidup pada setiap tempat atau sering di sebut juga habitat, setiap mahluk hidup memerlukan suatu proses adaptasi.

Itu bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang di tempatinya. Seperti contoh beruang kutub yang pastinya akan memiliki bulu yang tebal untuk bisa menahan suhu dingan pada habitatnya.

Jika suatu mahluk hidup tidak bisa melakukan adap tasi terhadap lingkungannya, resikonya adalah mereka akan mati atau bisa saja berpindah dari habitatnya.

 

  1. Mengeluarkan zat sisa ( ekskresi )

Semua mahluk hidup pastinya akan membuthkan suatu energy untuk bertahan hidup, dan pada proses mengolah energy tersebut pasti aka nada zat yang memang sudah tidak di butuhkan oleh tubuh.

Seperti misalkan kita minum air dan jika kita melkukan sesuatu kegiatan pasti akan ada suatu keringat yang keluar dari tubuh kita. Itu termasuk proses ekskresi, proses dmna tubuh mengeluarakan zat yang memang sudah tidak di perlukan oleh tubuh.

 

  1. Memerlukan suhu

 

 

Dan untuk ciri mahluk hidup untuk terakhir adalah memerlukan suhu. Pada setiap mahluk hidup yang dengan jenis dan macam yang berbeda pastinya juiga akan memerlukan suhu yang sudah pasti berbeda juga.

Seperti contoh ikan yang hidup di air tentu membutuhkan suhu sekitar 5 sampai dengan 30 derajat celcius.  Sedangkan pada bakteri bisa mencapai suhu sampai dengan 80 derajat celcius.

Sedangkan pada manusia dan hewan bisanya mereka membutuhkan suhu sekitar 0 sampai dengan 40 derajat celcius.

Yang akan membedakan kebutuhan suhu mereka adalah cara hidup dan keadaan tubuh mereka sendiri.

 

Berikut itu adalah beberapa ciri mahluk hidup berserta tujuannya, semoga dengan artikel yang saya tulis kali ini bisa menambah pengetahuan anda tentang berbagai ciri mahluk hidup yang ada di dunia dan bgaimana cara mereka bisa hidup.

Jika anda ingin mengetahui hal lain tentang mahluk hidup di dunia anda bisa membaca juga artikel saya yang sebelumnya….terimakasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *