Ciri Khas Atap Minimalis Untuk Tampilan Rumah Anti Mainstream

Membangun rumah dari awal memiliki tantangan sendiri. Pemilik rumah mungkin memiliki gambaran ideal untuk interior desain bagian dalam rumah. Namun, konstruksi atap yang sesuai dengan bentuk rumah akan membutuhkan bantuan jasa kontraktor untuk rekomendasi tepatnya. Ternyata terdapat banyak sekali jenis dan bentuk atap rumah yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan penghuninya.

Mengenal Jenis Tampilan Atap Untuk Hunian Minimalis

Rumah bergaya minimalis memiliki bentuk atap unik yang berbeda dari jenis rumah pada umumnya yang berbentuk segitiga. Jika berencana membangun atau merenovasi rumah dengan tampilan minimalis yang kini sedang trending, terlebih dahulu kenali beberapa referensi atap rumah yang dapat digunakan sebagai pilihan.

1. Datar

Ciri Khas Atap Minimalis Untuk Tampilan Rumah Anti Mainstream

Bentuk atap rumah datar adalah model yang paling umum untuk rumah minimalis bergaya modern. Atap ini memiliki konstruksi kuat dengan dak beton kedap air yang dilapisi semen. Tanpa kemiringan, menyebabkan sistem drainase khusus agar atap tidak digenangi air hujan.

2. Kecuraman yang Ekstrem

Tidak jarang atap rumah minimalis memiliki bentuk ekstrim, dak beton dipasang dengan kemiringan yang tinggi. Desain tersebut dilatar belakangi oleh maksud untuk meninggikan langit – langit yang memiliki platform rendah, Model konstruksi atap ini bermanfaat untuk memberikan pertukaran udara yang lancar sehingga bagian dalam tidak lembap atau pengap. Umumnya jenis atap ini dikombinasikan dengan elemen alami seperti bebatuan alami atau aksen kayu untuk menciptakan kesan sejuk.

SIMAK JUGA ARTIKEL INI :Beberapa Kekurangan Pengaplikasian Kusen dengan Bahan Beton

3. Sandar Atau Skilion

Desain sandar mengandalkan bangunan lainnya dan membuat atap tambahan yang menyandar pada bangunan utama. Oleh karena itu bentuk gaya minimalis ini seperti memiliki bagian tambahan layaknya patio bagian depan. Gaya bentuk atap seperti ini dikenal juga dengan nama skilion yang mengkombinasikan tembok vertikal. Desain atraktif ini sangat fungsional untuk mengalirkan air hanya ke satu tempat saja.

4. Bentuk V Ala Kepakan Kupu-kupu

Bentuk miring yang mengarah kedua arah yang berbeda membentuk desain bagai kepakan kupu-kupu. Dua bidang miring yang bertemu pada satu garis lurus memudahkan mengetahui bila ada kebocoran. Selain memiliki daya serap panas yang cukup baik, kemiringan desainnya tampak cantik walaupun simple.

Gaya rumah minimalis selain hemat dan tampak sederhana namu modern merupakan investasi cerdas untuk jangka panjang. Pemilihan atap yang tepat dapat membuat tampilan elegan yang semakin nyaman dengan rekomendari dari jasa kontraktor terpecaya untuk memaksimalkan bentuk atap agar ruangan dalam tidak panas dan memiliki ruang bukaan yang memadai.

 

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are