Desain Rumah Dengan Gaya Tradisional Khas Indonesia

Desain Rumah Dengan Gaya Tradisional Khas Indonesia

Rumah khas Indonesia sarat akan nuansa tradisional yang tenang dan teratur, lengkap dengan dekorasi yang berbahan alami. Bahan-bahan yang banyak menjadi dasar dekorasi adalah kayu, rotan, dan batu alam. Nuansa alami ini berhasil menghadirkan suasana yang bersahaja. Di samping itu, unsur-unsur alam yang dibawa ke rumah akan memberikan kesan eksotis dan berkarakter. Oleh karena itu, banyak rumah di era modern ini masih mengusung konsep tradisional khas Indonesia. Dimulai dari bahan pintu, jendela, lantai dan tiang yang biasanya sarat akan unsur kayu dan batu. Demikian pula dengan furniture. Sejumlah perabot seperti meja, kursi, ranjang biasanya terbuat dari kayu yang dapat dipadukan dengan rotan dan sejumlah ukiran-ukiran. Ukiran-ukiran ini biasanya merupakan buatan tangan. Tidak lupa sejumlah barang antik seperti guci, bingkai, dan kerajinan tangan dari metal atau besi turut disertakan untuk semakin mendukung dekorasi rumah.

Alternatif Pengganti Bahan Alam Untuk Dekorasi Rumah

Di samping penggunaan bahan-bahan alami tersebut, Anda juga dapat merasakan nuansa tradisional dengan bahan-bahan tiruan yang menyerupai bentuk aslinya. Tujuannya tentu selain menghemat biaya juga mengurangi penggunaan sumber daya alam berlebihan. Seperti area lantai, Anda dapat memanfaatkan pelapis lantai untuk mengganti lantai kayu ataupun batu. Pelapis lantai merupakan salah satu metode dekorasi rumah agar tampil lebih menarik. Motifnya dapat menyerupai batu atau kayu yang sesungguhnya. Banyak material yang bisa digunakan untuk pelapis lantai. Salah satunya adalah pelapis lantai vinyl. Pernahkah anda mendengar mengenai lantai vinyl? Pelapis vinyl terbuat dari bahan PVC dan pasir putih. Hal ini menjadikan harga vinyl lantai murah dibandingkan penggunaan solid wood maupun batu alam. Permukaannya lebih halus bila dibandingkan dengan pelapis jenis kayu ataupun yang lainnya. Bahannya tipis namun demikian tahan terhadap perubahan cuaca, air hujan, maupun paparan sinar matahari berlebih. Diperkirakan bahan ini dapat tahan hingga 20 tahun lebih. Selain itu juga bahan ini hadir dengan beragam motif dan warna, sehingga dapat dipilih sesuai gaya arsitektur rumah yang diinginkan.

Pemasangannya pun cukup mudah, hanya tinggal ditempel. Demikian juga untuk membersihkannya, cukup disapu dan dipel saja. Bagian bawahnya dilapisi sejenis busa sehingga akan membuat lantai terasa nyaman ketika dipijak. Apalagi dari segi harga, lantai vinyl murah bila dibandingkan jenis pelapis lainnya. Sehingga tidak heran pelapis lantai jenis ini cukup digemari di Indonesia.

Lantai vinyl plank

Di antara kelebihan-kelebihannya itu, terdapat beberapa kekurangan dari pelapis ini. Bahan dasar PVC pada lantai ini dapat melepaskan senyawa VOC (Volatile Organic Compounds) ke udara yang dapat menyebabkan bahaya bagi yang sensitif terhadap senyawa ini. Tetapi seiring sadarnya orang akan bahaya ini, sekarang banyak perusahaan – perusahaan yang memproduksi vinyl mulai mengurangi bahan PVC dalam prosesnya.
Kemudian, dalam proses pemasangan harus diperhatikan bagian bawahnya benar-benar bersih karena menggunakan perekat. Apabila tidak bersih maka akan mengurangi kualitas dan juga keawetannya.
Lantai ini cukup awet dengan kondisi alam (cuaca, hujan, dlsb), namun tidak menjadi awet ketika terkena benda tajam. Sehingga benda-benda tajam yang ada di atasnya akan mudah menggoresnya dan tidak dapat diperbaiki lagi.


Artikel menarik lainnya: Keuntungan Wisata Ziarah dengan Sewa Bus Pariwisata di Tangerang


Untuk area tembok, Anda dapat memanfaatkan wallpaper. Wallpaper juga hadir dengan berbagai motif dan warna. Sama halnya dengan pelapis lantai, wallpaper juga berfungsi melapisi area tembok sesuai dengan yang diharapkan. Untuk nuansa alami, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan motif batu, kayu dlsb. Atau Anda pun  bisa memanfaatkan wallpaper polos dengan warna yang sesuai dengan dekorasi yang diharapkan. Selain pemasangannya cukup mudah, perawatannya pun tidak rumit. Dari segi harga juga cukup terjangkau. Ditambah Anda dapat mengganti suasana sesuai keinginan Anda tanpa harus melakukan perubahan permanen pada tembok.

area tembok

Melihat sejumlah keuntungan yang dihadirkan oleh bahan pengganti ini tentu patut dipertimbangkan bagi Anda yang suka mendekorasi rumah. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki rumah dengan gaya arsitektur modern namun ingin mencoba mengkreasikan ke gaya semi tradisional atau sebaliknya. Anda berani mencoba?

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *