Gejala, Ciri dan juga Penyebab Penyakit Usus Buntu yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Usus Buntu – Sebelum kita membahas lebih dalam tentang apa saja gelaja dari penyakit usus buntu tersebur, ada baiknya jika kita mengenal lebih jauh dulu tentang apa sih penyakit ini?

Usus buntu merupakan suatu oragn tubuh yang ada di dalam tubuh setiap manusia. Bentuk dari oragan ini seperti tabung kecil yang berukuran panjang sekitar 5 sampai dengan 10 cm dan usus buntu sendiri langsung terhubung pada usus besar.

Untuk usus besar sendiri adalah organ tubuh manusia yang secara khusus bekerja dalam terbentuknya tinja yang nantinya akan di keluarkan sebagai kotoran.

Penyeakit usus buntu merupakan suatu peradangan atau pembengkakan di dalam organ usus buntu. Fungsi dari organ usus buntu sendiri masih belum di ketahui pasti untuk apa di ciptakan, karena pada kasus pengangkatan usus buntuk, tidak ada gelaja atau imbas yang besar terhadap orang yang di ambil usu buntunya itu.

Untuk gejala usu buntu sendiri sangat penting untuk bisa di ketahui, karena jika organ usus buntu mengalami peradangan ataupun infeksi maka itu akan menyebabkan penyakit usus buntu atau biasa di kenal dengan istilah ilmia yaitu apendistis.

Dengan itu tentu akan menyebabkan tingkat komplisai atau nyeri yang sukup serius dn juga pastinya akan sangat membahayakan tubuh dari orang yang mengalami gejala usus buntu terebut.

 

Mengengal penyakit usus buntuk

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang seringya di alami oleh kalangan yang berusia muda. Seperti pada umur 10 samoaui dengan 20 tahun. Akan tetapi walaupun penyakit ini seringnya di alami oleh kalangan muda, namun juga tetap bisa di alami oleh siapa saja.

Itulah sebebnya dengan mengetahui beberapa gejals usus buntu merupakan hal yang juga penting bagi orang tua ataupun kalangan muda. Ini bisa di jadikan antisipasi jika suatu saat anda atau anggota keluarga anda terkena gejala usus buntu itu.

Penyakit ini biasanya di rasakan oleh orang-orang dengan gejala kompilasi pada salah satu komponen perut yang semakin lama akan semakin memburuk.

Dan bukan tiadk mungkin sakit itu akan terus menyebar ke seluruh bagian perut anda.

Walau sering di temukan, gejala usus buntu ini masih banyak yang memang menyepelakannya. Mereka tidak tahu jika itu gejala itu jika di biarkan begitu saja akan semakin parah dan semakin sakit.

 

Penyebab Usus Buntu

Penyebab utama dari penyakit usus buntu sendiri sampai sekarang masih belum di katahui jelas.

Tapi banyak dari pihak medis mengatkan jika penyakit ini muncul akibat adanya penyumbatan menuju pintu usus buntu oleh beberapa elemen seperti contohnya oleh tinja, kelenjar getah jernih dan juga komponen lainnya.

Dari penyumbatan itulah yang nantinya akan menyebabkan pembengkakan dan sangat beresiko terjadi pecahnya organ usus buntuk itu sendiri.

Dalam sebuah pemeriksaan yang di lakukan pada ornag yang mengalami gejala usu buntu adalah dengan memeriksa dari kondisi bagian-bagian perut, salah satunya bagian perut kanan dan juga kiri.

Dan langkah selanjutnya akan di lakukan pengetesan darah untuk bisa memeriksa dari jumlah sel darah putih yang bisa mengindikasikan terjadinya infeksi dan juga pembangkakan.

 

Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala untuk penyakit usus ini awalnya akan mirip seperti penyakit lainnya yang sering juga di rasakan oleh sang penderita penyakit mag ataupun sakit lambung.

Ini karena gejala yang di timbulkan adalah nyeri pada bagian area perut yang sangat hebat, untuk arah nyerinya akan tergantung pada posisi usu buntu itu sendiri.

 

Berikut ini adalag beberapa pembagiannya :

  • Keluhan pada arean atau bagian bawah perut di sebelah kanan meryupakan gejala yang sering di alami oleh anak. pada mulanya nyeri akan di raskan pada pusat di bagian perut tapi lama ke lamaan seiring merasakan sakit, sakit tersebut akan berpindah ke bagian bawah perut.

Dan setelah nyeri terasa pada seluruh bagian perut, maka penyakit akan berlanjut dengan munculnya panas pada tubuh dan juga diare.

  • Sembelit
  • Mual atu muntah-muntah
  • Susah sekali untuk buang angina
  • Mengalami demam yang tidak terlalu panas
  • Nafsu makan juga akan mulai menurun
  • Perut akan terasa kembung
  • Dan biasanya setelah di lakukan pemeriksaan, maka di ketahui jika jumlah leukosit di bawah 15.00/ul dengan bagian neutrophil yang mengalami peningkatan.

 

Gejala usu buntuk pada anak yang mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut di barengai dengan demam dan juga muntah-muntah.

Dan jika peradangan terjadi hanya pada bagian area usus buntu saja, maka bisa di pastikan jika rasa nyeri lebih terasa pada bagian perut sebelah kanan.

Rasa sakit yang di rasakan oleh anak karena di sebabkan gejala usus buntu ini akan menyebabkan anak sering melakukan buang air kecil.

Keluhan nyeri pada perut yang di alami anak bisa saja di sebebkan oleh beberapa hal sepele seperti sembelit, flu perut dan bisa juga di akibatkan karena mngonsumsi obat-obatan.

 

Ciri-ciri Terjadi Usus Buntu

Selain bisa di lihat dari gejala, anda juga bisa mengetahuinya dari ciri-ciri terjadinya usus buntu, seperti berikut ini :

  • Diare

 

 

Sembelit dan juga diare merupakan sesuatu yang sangat berlawanan, akan tetapi itu juga bisa di jadikan sebagai ciri-ciri tejadinya penyakit usus buntu.

Sembelit bisa di sebebkan karena adanya peradangan pada bagian usus buntuk yang juga akan membuat perembesan makanan pada usus besar yang oleh karena itu menjdi terganggu.

Walaupun penyakit diare juga bisa di sebebkan karena factor lain seperti mungkin karena adanya kuman pada area usus yang membuat usus tersebut mengeluarkan semua isi pada perut berupa buang air besar yang encer.

 

  • Kekenyangan

 

 

Rasa kekenyangan mungkin akan sangat wajar di alami oleh setiap orang. Tapi anda juga pelru memperhatikan rasa kekenyangan tersebut, jika itu terjadi dengan frekuensi yang cukup sering maka itu juga bisa di katakana sebagai ciri penyakit usus buntu.

Kekenyangan pada penyakit usus buntu biasanya akan di rasakan sangat sering, bahkan walau itu tidak dalam konsisi sedang makan. Rasa Kenyan itu biasanya akan terasa ketika baru bangun tidur dan ketika menjelang waktu tidur.

 

  • Nafsu makan berkurang

 

 

Ini juga berkaitan dengan rasa Kenyan tadi, maka dengan rasa kenyang yang sering di rasakan walaupun belum memakan apapun itu tentunya juga akan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Gejala itu juga bisa di lihat dengan kondisi badan yang kian lesu, letih dan juga lemah.

 

  • Mual dan muntah

Karena terjadinya peradangan dan juga infeksi pada bagian perut, maka itu juga bisa menyebabkan rasa mual dan muntah. Keadaan ini biasanya akan terjadi ketika akan perut akan menerima asupan makanan.

Dan makanan tersebutpun akan berasa tidak enak dan malah ingin memuntahkannya.

 

  • Myeri pada bagian perut  

 

 

Yang sering terjadi pada penyakit ini adalah rasa nyeri yang terjadi pada bagian perut, pada pertamanya akan terasa nyeri pada bagian pusar tapi kian lama di rasakan nyeri akan terus berpindah dan akan terasa pada bagian bawah kanan perut.

 

Demikianlah sedikit pembahsan untuk gejala, penyebab dan ciri penyakit usus buntu, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda.. salam sehat dan salam sejahtera. Terimakasih..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *