Gorden Membuat Tampilan Rumah Cantik dan Estetis

Gorden merupakan salah satu unsur dekoratif yang penting dalam interior suatu ruangan. Bukan itu saja, fungsi dari gorden sendiri juga sangat vital. Dengan demikian, saat merancang tampilan interior rumah, pemilihan gorden tak bisa dianggap remeh. Kini banyak style dari gorden yang bisa dipilih mulai model gorden minimalis hingga yang cantik penuh renda, tentu semua tergantung selera Anda. Selain itu gorden sebaiknya terlihat menyatu dengan elemen interior yang lain, agar menambah estetika ruangan.

Gorden Membuat Tampilan Rumah Cantik dan Estetis

Baca juga : Ketahui Ide Menghias Dinding Ruang Tamu Agar Mempesona

Gorden Bukan Hanya Fungsional, Namun Juga Menambah Keindahan

Karena setiap ruangan memerlukan pencahayaan yang baik, maka gorden menjadi sangat penting peranannya. Selain untuk mengatur pencahayaan natural dari luar, gorden menjadi alat untuk mengatur privasi ruangan. Namun selain mempertimbangkan fungsinya, tampilan gorden itu sendiri harus menunjang penampilan ruangan secara keseluruhan. Hal-hal di bawah ini adalah yang sebaiknya diperhatikan agar gorden menambah indahnya tampilan ruangan Anda.

  1. Pemilihan warna gorden akan berpengaruh terhadap kesan yang ditimbulkannya terhadap ruangan, serta terhadap keselarasan gaya dalam ruangan tersebut.
  • Warna netral biasanya sering digunakan untuk gorden minimalis. Selain cocok untuk banyak gaya ruangan, gorden warna netral memberikan kesan simple dan natural.
  • Warna pastel pada gorden akan memberikan kesan hangat tanpa memberi kesan terlalu mencolok pada ruangan.
  • Warna gelap bisa dipertimbangkan bila Anda merasa bahwa ruangan terlalu terang atau silau. Gorden yang berwarna gelap akan memberi nuansa sejuk sehingga bisa menyeimbangkan ruangan yang terlalu terang.
  • Warna warni yang beragam pada ruangan bisa menaikan mood. Itu sebabnya terkadang penggunan gorden warna warni akan memberi efek positif serta menarik.
  1. Bahan dari gorden bisa memberi tampilan yang berbeda-beda. Bila menginginkan ruangan terlihat mewah Anda bisa memilih gorden dengan bahan sutra atau faux silk. Sedangkan gorden dari kain bahan beludru, akan menambah kesan yang dramatis. Kain linen dan katun akan memberi kesan ringan dan simple, sehingga gorden minimalis biasanya menggunakan bahan dari kain-kain tersebut. Untuk ruangan yang terlalu banyak masuk sinar matahari hingga ruangan terasa terlalu terang dan panas, bahan blackout bisa dipilih agar ruangan menjadi terasa teduh.

Penggunaan Sheer Atau Vitrase

magic-color-

Gorden jendela tipe sheer atau yang sering disebut dengan vitrase biasanya disandingkan dengan gorden standar. Sheer yang biasanya terbuat dari bahan voile ini berfungsi untuk memberikan sedikit privasi tanpa menghalangi cahaya dari luar memasuki ruangan. Karena sifatnya tipis dan tembus pandang, maka biasanya sheer hanya digunakan di siang hari. Pada malam hari di mana biasanya orang menginginkan privasi penuh, sheer tak cukup untuk menghalangi pandangan dari luar ke dalam ruangan. Sheer ada yang polos atau bermotif. Namun untuk gaya gorden minimalis, bisa dipilih sheer dengan bahan polos.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are