Hati-hati Saat Pasang Atap Baja, Perhatikan 5 Hal Ini !

Bangunan baru baik rumah, ruko sampai perkantoran beralih ke material baja dari pada kayu yang sebelumnya umum digunakan. Bahkan jasa kontraktor bangunan banyak yang menyarankan material tersebut. Kekuatan, ringan, awet dan harga menjadi daftar panjang kelebihan baja ringan untuk bangunan,

Waspadai hal Ini Kala Pasang Atap Baja

Salah satu kelebihan baja adalah mudah dipasang. Rangka yang ringan, memudahkan tukang bangunan untuk memindahkan dan memasangnya. Walaupun bebas dari rayap tapi pemasangannya tidak bisa dianggap sepele.  Perhatikan 5 hal berikut sebelum memasang rangka baja.

1. Jenis Rangka Atap

Buat bangunan anda akan menggunakan jasa kontraktor. Pastikan untuk memilih jenis atap yang sesuai dengan desain rumah karena ada beberapa jenis atap yang berbahan baja untuk dipilih. Di antaranya termasuk atap spandek, atap polycarbonate solarlite atau polycarbonate x lite. 

2. Sistem Rangka

Pasang atap berarti harus mempertimbagkan pondasi sampai gentengnya. Semua harus sesuai dengan berat rangkanya sendiri. jadi keseluruhan bangunan dibangun kokoh sebagai satu sistem kesatuan yang kuat. Kunci kekuatannya bertumpu pada integrasi tiap batang baja yang harus terhubung secara pas.

BACA JUGA INI :

Jangan Biarkan Beton yang Baru Kering Rusak, Ikuti Tips Perawatan Ini

3. Kemiringan Rangka

Pertimbangkan kemiringan kala memasang rangka baja, dan juga derajat kemiringannya. Semakin miring atap maka semakin luas atap yang dipasang.

4. Beban Yang Ditopang

Baja juga memiliki ketebalan tertentu yang dicocokan dengan beban yang akan diterima. Sehingga, ketahanan dan kekuatan bangunan terutama bagian atapnya bisa dicapai.

5. Cuaca

tempat di mana bangunan akan dibangun juga perlu mempertimbangkan tentang cuacanya. Area perkotaan yang dominan panas dan bising akan perlu ketebalan rangka yang tebal juga pemasangan lapisan anti panas agar bangunan jadi lebih nyaman. Area dipegunungan yang berangin dan sering hujan akan perlu atap denga rangka ringan namun sambungan kuat dan anti air untuk menghadapi curah hujan yang intense. 

Kesalahan pemasangan rangka baja bisa dikarenakan banyak hal. Antara kesesuaian material, kesalahan pemasangan atau bahkan estimasi yang meleset. Gunakan kontraktor yang bisa menghitung dengan tepat serta estimasi yang jelas. Dengan demikian, bangunan anda akan tahan lama dan kokoh.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *