Kamu Hobi Menulis? Ini Cara Agar Hobimu Menghasilkan Uang

Sepertinya tidak ada manusia di dunia yang tidak mempunyai hobi ya, atau minimal kebiasaan yang sering ia lakukan. Pasti, semua orang memilikinya. Menulis adalah salah satu hobi yang cukup banyak diminati. Bagaimana tidak, dengan menulis kita dapat menyampaikan rasa yang tak dapat diucapkan oleh kata. Kita dapat menuangkan segala emosi, amarah bahkan cinta lewat susunan kata ini.

Namun sayangnya, bagi sebagian orang menulis masih dianggap sebagai hobi biasa. Banyak yang sebenarnya hobi menulis, atau memiliki bakat menulis, tapi tidak tau apa yang bisa dihasilkan dari semua itu. Padahal, sudah banyak yang berhasil melakukannya. Menjadikan tulisan sebagai pekerjaannya. Bayangkan kamu memiliki sebuah hobi, dan ternyata hobi itu menghasilkan uang. Menulis dibayar bukankah menyenangkan?

Menulis Dibayar, Ini Dia Beberapa Cara Agar Tulisanmu Jadi Uang

Tidak semua orang tau, bahwa kini menulis dapat menghasilkan uang. Tidak perlu membuat sebuah buku untuk mendapatkan uang, dengan menulis sebuah artikel pada situs-situs tertentu kamu dapat menjadikan hobimu ini sebagai ladang pekerjaan.

menulis dibayar
Source via pixabay.com

1. Menjadi blogger

Bukan hanya youtube yang dapat dipasangi adsense, blog juga bisa menampilkan iklan yang nantinya juga akan menghasilkan uang. Kamu bisa menulis apapun pada blogmu, misalnya tentang fashion, kuliner atau traveling. Manfaatkan blogmu semaksimal mungkin deh, dengan begitu menulis dibayar akan benar-benar menjadi hal yang menguntungkan.

Baca juga : Strategi Buat Blog Jadi Sukses

2. Copy writer

Siapa disini yang suka menulis caption instagram panjang lebar? Daripada hanya menulis untuk diri sendiri, lebih baik jadikan itu sebagai ladang untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menjadi seorang copy writer untuk sebuah perusahaan. Tugas dari copy writer adalah membuat tulisan yang menarik di media sosial untuk mempromosikan brand perusahaan.

3. Script writer

Kamu suka membuat dialog cerita? Untuk cerita biasa atau bahkan drama sekolah? Jangan berhenti. Lanjutkan hobimu, kamu bisa mendapatkan uang dengan menjadi seorang script writer. Nantinya, kamu bisa menunjukan hasil karyamu ke Production House (PH) dan bekerjasama dengannya jika cocok. Biasanya seseorang yang memiliki karakter dan cerita yang unik akan mampu menarik perhatian. So, terus latih tulisanmu agar bisa menjadi script writer professional ya.

4. Ghost writer

Jika kita mendengar kata ‘ghost’yang terbayang dalam benak kita adalah hantu. Padahal ghost writer adalah salah satu pekerjaan menulis yang berbayar loh. Ia biasanya menyediakan jasa membuat artikel, cerita atau berita yang anonym alias tanpa nama. Jadi ketika tulisan-tulisan tersebut di upload, nama mereka tidak akan dicantumkan.

5. Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis kelihatannya tidak mudah, tapi percayalah kamu akan mendapat banyak keuntung disini. Selain bisa menghasilkan uang, kamu juga bisa mendapat banyak ilmu dan pengalaman. Dan juga kamu bisa bertemu dengan banyak orang penting, karena keharusan dari seorang jurnalis adalah melakukan wawancara.

Dengan kelima pekerjaan di atas kamu tidak akan langsung menjadi jutawan, karena semua pekerjaan pun harus dilakukan dengan sabar agar mendapat hasil yang sesuai. Tapi ketika kamu secara perlahan dan konsisten untuk menulis, kamu akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

jadi sekarang, daripada kamu menghabiskan waktu untuk menulis untuk diri sendiri lebih baik jadikan bakatmu sebagai ladang penghasilan. Tentunya dengan terus belajar dan mengasah kemampuanmu dalam dunia kepenulisan, agar kualitas tulisanmu semakin membaik setiap waktunya. Menulis dibayar, seperti melakukan hobi yang kita senangi sehingga untuk melakukannya tidak akan merasa sebagai beban. Yuk terus menulis!