Ide Desain Interior Bertema Sejarah Untuk Ruang Belajar Anak

Sejarah adalah topik penting yang harus dipahami oleh anak.  Pengetahuan akan sejarah adalah modal awal untuk memahami hal-hal yang terjadi di masa kini.  Tanggung jawab mengajarkan sejarah tak hanya dibebankan kepada guru di sekolah.  Orang tua di rumah bahkan lebih bertanggung jawab mengajarkan sejarah yang benar kepada anak.

Desain Interior Bertema Sejarah Untuk Ruang Belajar Anak

Proses pembelajaran tak melulu melalui buku.  Cara ini kerap kali membosankan bagi anak sebab mayoritas buku sejarah yang beredar dikemas dalam gaya cerita yang kurang menarik.  Salah satu cara orang tua mengajarkan sejarah adalah melalui penerapan wallpaper anak anak bertema sejarah di dalam ruangan belajar mereka.

Ide Desain Ruang Belajar Bertema Sejarah

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang digunakan utuk menyampaikan pesan dalam sebuah pembelajaran.  Berikut ini ide desain ruang belajar bertema sejarah yang akan menarik minat anak:

1. Kliping Media Cetak

Media cetak memang sudah tidak akrab bagi anak-anak.  Buatlah kliping dari berbagai media cetak yang berisi tentang peristiwa-peristiwa bersejarah atau fenomenal.  Letakkan di dinding ruang belajar dengan rapi agar bisa menjadi motivasi bagi anak.  Terapkan juga wallpaper kamar anak bertema sejarah untuk menambah nuansa historis di salah satu sudut ruang belajar mereka.

Harga wallpaper anak cukup terjangkau dan bisa digunakan untuk menghemat biaya dekor.  Untuk tema kliping, kamu juga bisa gunakan berita tentang suatu hal yang inovatif seperti misalnya ulasan mengenai Nadiem Makarim, founder Gojek yang mampu mengubah sejarah transportasi di Indonesia.  Dengan cara ini, anak akan akan mempelajari dua hal, yakni belajar sejarah transportasi dan juga sikap inovatis yang bisa menjadi solusi permasalahan masyarakat.

Baca juga: Pengertian Gaya Vintage yang Marak Digunakan Dalam Desain Interior

2. Meletakkan Replika dan Model

Replika adalah benda nyata yang digunakan untuk membantu proses belajar, sedangkan model adalah benda tiruan yang berfungsi untuk merepresentasikan sebuah realitas.  Menghadirkan replika atau model dari suatu hal yang bernilai sejarah akan meningkatkan imajinasi anak dan menumbuhkan daya pikir visioner mereka.

Kamu bisa gunakan model dinosaurus untuk menghadirkan tema sejarah masa purba.  Menarik juga jika kamu tempatkan rumah pohon atau tenda yang digunakan oleh suku-suku nomaden di dunia.  Jika ingin menghadirkan tema budaya nusantara, kamu bisa kumpulkan model rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia yang biasanya dijadikan sebagai gantungan kunci.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *