15 Macam Ikan Hias Air Tawar Paling Dicari Orang

 

ikan hias air tawar
                                                                                             sumber : https://gandengtangan.org

Apa sih yang dimaksud dengan ikan hias air tawar? Ikan hias air tawar adalah salah satu jenis ikan yang hidupnya berada di air tawar dan sukai oleh sebagian orang karena bentuk dan juga keindahannya.

Pemeliharaan ikan hias air tawar juga terbilang sangat mudah untuk diperihara baik itu di aquarium maupun di dalam kolam.

 

15 Jenis ikan hias air tawar  paling populer :

 

  1. Ikan Hias Arwana (SCLEROPAGES FORMOSUS)

Ikan hias arwana banyak kita jumpai di Asia Tenggara, ikan hias arwana disebut juga sebagai ikan predator karena memiliki dua gigi yang berada di bawah bibirnya yang berguna untuk mendeteksi mangsanya.

Banyak orang yang memelihara ikan arwana karena sangat unik dan memiliki keindahan tersendiri.

 

  1. Ikan Black Phantom (APTERONATUS ALBIFRONS)

 

ikan black ghost
                                                                                                           sumber : http://duniaair.com

 

Ikan hias Black Ghost (Hantu Laut) terdapat diperairan sungai amazon dan surinaeme. Dikenal dengan sebutan black ghost karena sepintas mirip dengan hantu hitam.

Makanan untuk ikan ini diantaranya jentik-jentik nyamuk, cacing kering dan pelet. Jadi sangat mudah untuk memelihara ikan ini didalam rumah atau diluar rumah sekalipun.

 

  1. Ikan Botia (CHOROMOBOTIA MACRACHANTUS)

 

Ikan Botia
                                                         sumber : https://www.binatang.mewarnaigambar.web.id

 

Ikan hias botia banyak juga digemari di Indonesia dan di mancanegara.  Ikan hias botia yang paling banyak diminati adalah ikan botia badut, botia morteli dan botia india.

Habitatnya sendiri yakni diperairan jernih dengan bebatuan didasarnya. Ikan botia termasuk hewab nokturnal yang  mencari makan pada malam hari.

 

  1. Ikan Cupang

Ikan hias cupang salah satu ikan hias yang banyak digemari di Indonesia. ikan cupang memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik, ikan cupang biasa dipelihara di aquarium  dan merupakan ikan yang bisa bertahan hidup lebih lama dari pada ikan lainnya.

Ikan cupang ini banyak ditemui di Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand.

 

  1. Ikan Corydoras

 

Ikan Corydoras
                                                                                 sumber : http://akuariumhias.blogspot.com

 

Ikan Corydoras berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini dijuluki ikan tikus karena mereka berenang terlihat eperti tikus yang sedang berjalan.

Makanan utama ikan ini yakni serangga, larva serangga dan beberapa jenis cacing serta beberapa sayuran.

 

  1. Ikan Congo Tetra

Ikan ini merupakan ikan hias yang paling menarik karena memiliki warna yang indah dan unik sehingga sangat indah apabila dipandang. Makanan ikan ini yakni cacing beku dan pellet yang berukuran kecil.

 

  1. Ikan Discus (SYMPHYSODON SPP)

Ikan hias discus habitat aslinya berada di lembah sungai amazon, amerika selatan. Ikan hias discus salah satu ikan yang sangat indah dan unik sehingga banyak orang yang menggemarinya.

 

  1. Ikan Guppy

Ikan guppy bisa kita temukan di daerah barnados, trinidad , Guyana, brasil dan beberapa negara di asia tenggara. Bentuk ikan guppy sangat cantik karrena memiliki sirip-sirip dan berbagai warna yang indah.

 

  1. Ikan Gurami Padang

 

ikan gurame padang
                                                                                         sumber : https://www.youtube.com

 

Ikan ini memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan ikan gurami, bedanya kalo ikan gurami padang banyak digemari sebagai ikan hias sedangkan ikan gurami dijadikan sebagai ikan konsumsi yang tentunya sangat lezat apabila digoreng ataupun dibakar.

 

  1. Ikan Hiu Bala

Ikan ini disebut juga ikan bala-bala hiu kecil yakni salah satu spesies dari keluarga cypirinidae yang merupakan salah satu spesies di dalam genus balanatiochelis. Ikan ini sangat cocok dipelihara di aquarium.

 

  1. Ikan Tawar Komet

 

Ikan tawar Komet
                                                                                       sumber : http://www.agrowindo.com

 

Ikan hias air tawar komet masih satu keluarga dengan ikan mas. Keistimewaan dari ikan komet ialah pada warnanya. Warna putih perak menjadi warna dasar dari ikan tawar komet.

 

  1. Ikan mas koki

Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias yang paling diminati para pecinta ikan di Indonesia. ikan mas koki memiliki bentuk yang sangat unik, lucu dan menggemaskan.

Ikan mas koki ini salah satu jenis ikan hias yang mudah untuk kita pelihara dan ikan ini sering diikutsertakan dalam ajang kontes keindahan warna.

 

  1. Ikan Kumpai

 

ikan kumpai
                                                                                                   sumber : http://bahasikan.com

 

Ikan hias kumpai adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat mudah untuk dipelihara. Ikan hias kumpai memiliki banyak variasi diantaranya kuning, putih, dan hijau gelap.

Ikan hias kumpai juga dimanfaatkan sebagai ikan yang layak untuk dikonsumsi.

 

  1. Ikan tawar Koi

 

ikan tawar koi
                                                                                          sumber : http://www.semuaikan.com

 

Ikan hias air tawar koi berasal dari negara sakura (Japang). Jenis ikan koi bastar paling banyak diminati oleh para pecinta ikan hias air tawar koi.

Karena gerakannya yang lamban dan jinak ikan ini banyak pengemarnya khususnya dari kalangan para pecinta ikan hias air tawar.

 

  1. Ikan Louhan

Ikan hias louhan merupakan ikan hias yang sangat terkenal karena warna sisik dan benjolan yang khas dikepalanya. Habitat ikan ini berasal dari Malaysia dan Taiwan. Ikan louhan banyak dipelihara  hampir di seluruh belahan dunia.

 

 Manfaat Ikan Hias Bagi Manusia

 

  • Sebagai hobby

Manfaat ini sudah pasti banyak memberikan efek kepuasan bagi semua orang memeliharanya dan dapat  mengurangi tingkat stress atas aktivitas kita tiap hari.

 

  • Sebagai pengisi waktu luang

Sebagai seorang yang pekerja keras pastinya kita memiliki waktu luang dan tentunya kita bisa merawat secara rutin aquarium sembari memberikan pakan kepada ikan-ikan hias yang kita pelihara.

 

  • Sebagai Investasi

Beberapa jenis ikan hias tentunya memiliki harga yang tinggi dan fantastis yang tentunya memiliki nilai ekonomi yang dapat menghasilkan pundi-pundi puluhan juta rupiah.

 

  • Dekat dengan alam

Memelihara ikan hias pastinya membuat kita untuk lebih dekat dengan alam dan menyayangi salah satu makhluk ciptaan tuhan yang bisa membuat kita untuk lebih mensyukuri nikmat tuhan.

 

  • Sebagai penghilang stress

Bagi para pekerja keras tentunya sangat cocok untuk memelihara ikan hias untuk membantu mengurangi tekanan pekerjaan yang membuat kita stress dan depresi. Dengan memelihara ikan hias kita tentunya lebih enjoy, pikiran jadi tenang, damai dan tentram.

 

Berikut ini tips memelihara ikan hias air tawar di aquarium

  1. Pilihlah aquarium yang berbahan akrilik, aquarium tersebut ringan sehingga sangat mudah untuk dibersihkan.
  2. Ukuran aquarium harus ideal dan harus disesuaikan dengan jumlah ikan hias yang kita pelihara.
  3. Pilihlah jenis filtrasi yang sesuai dengan ukuran aquarium agar filtrasi tetap terjaga fungsinya dengan baik.
  4. Endapkan air terlebih dahulu apabila menggunakan air PAM sebelum dimasukkan ke dalam aquarium
  5. Pemberian pakan sehari-hari pada ikan hias sebaiknya jangan terlalu banyak karena akan berpengaruh pada kualitas air pada aquarium.
  6. Perawatan aquarium sebaiknya dilakukan tiap 2 minggu sekali dengan menganti air agar kebersihan filter selalu terjaga.

 

Berikut ini tips memelihara ikan hias di kolam kecil

 

  • Perhatikan Kebersihan Kolam

Perhatikan kebersihan kolam ikan dari daun-daun yang busuk dan sebaiknya mengganti air pada kolam tiap seminggu sekali.

 

  • Berilah pakan ikan secara teratur

Hal ini sangat penting dalam kelangsungan hidup ikan-ikan tersebut.

 

  • Berikan tumbuhan air di dalam kolam

Tumbuhan air di dalam kolam berfungsi untuk memberian oksigen yang cukup, sebagai penolak alga serta dapat menjadi habitat ikan, tempat berlindung dan bertelur ikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *