Jangan Biarkan Beton yang Baru Kering Rusak, Ikuti Tips Perawatan Ini

Beton pasti sudah sangat familiar di telinga, ya beton adalah pondasi sebuah bangunan. Beton juga sering digunakan sebagai lantai gedung bertingkat. Penggunaannya sangat penting karena sangat kuat sebagai pondasi, dan lentur sebagai lantai.

Pembuatan beton sebagai pondasi menggunakan teknik cor, yakni dengan membuat adonan beton ke dalam struktur yang telah disiapkan. Proses pengeringannya membutuhkan waktu sangat lama. Jadi tidak heran untuk membangun rumah saja membutuhkan waktu yang lama, apalagi bangunan bertingkat.

BACA JUGA INI :

Arung Jeram Sungai Alas, Tempat Wisata Kece di Aceh

Ketika beton kering akan diratakan menggunakan stamper kodok sehingga hasil dari pembuatan bisa lebih halus dan mudah untuk dipasangi berbagai macam lantai. Harga stamper kodok memang tidak murah, namun kualitasnya sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Semua kontraktor membutuhkan alat ini sebelum akhirnya melakukan finishing lantai.

memberikan-air-pada-beton

Tips Merawat Beton yang Sudah Kering agar Tahan Lama

Proses pengeringan beton sebelum akhirnya benar-benar keras dan masih proses finishing perlu perawatan. Cara merawat beton ini untuk menghindari pengeringan yang terlalu cepat sehingga timbul retakan. Selain itu, untuk menghindari hancurnya cor karena ternyata beton belum mengering dengan benar.

Apa saja tips yang akan membantu beton bisa mengering dengan sempurna. Berikut ini tiga tips yang bisa diikuti.

  • Memberikan air pada beton

Setelah beton kering tujuh hari, berikan air pada permukaannya. Fungsinya adalah untuk menggantikan jumlah air yang menguap. Air akan menyempurnakan pengeringan beton selanjutnya.

  • Menguapi beton

Proses penguapan dilakukan setelah 28 hari beton mengering, saat ini beton sudah kering sebanyak 70%. Tekanan uap yang digunakan juga harus diukur dan dinaikan secara bertahap. Setidaknya dimulai dari suhu 38 derajat celcius.

  • Membongkar bekisting

Ketika beton sudah benar-benar kering, barulah membongkar bekisting. Kayu yang digunakan untuk membentuk beton ini harus dilepaskan ketika sudah kering benar. Jika tidak akan mengubah bentuk beton yang presisi.

Sebelum melakukan perawatan, jangan lupa untuk menggunakan stamper. Jika tidak, proses perawatan tidak akan bekerja dengan baik dan pengeringan tidak berlangsung sempurna. Hasil beton pun tidak rapi, sebaiknya pilih harga stamper kodok yang sesuai dengan budget mulai dari sekarang.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *