Jangan Salah Kaprah, Ini Pengertian Istilah Digital Sebenarnya

Jangan Salah Kaprah, Ini Pengertian Istilah Digital Sebenarnya

Akibat adanya proses modernisasi dan globalisasi, masyarakat biasanya akan disuguhkan dengan bahasa-bahasa dan istilah asing atau jarang terdengar. Banyak bacaan-bacaan yang bahkan menggunakan istilah yang tidak sesuai dengan maknanya. Untuk memahami istilah-istilah asing ini tentu membutuhkan pengetahuan yang lebih. Salah satu istilah yang sering muncul ialah “Digital”. Pernahkah anda membaca karya tulis atau artikel yang menggunakan istilah “digital” namun tidak sesuai dengan maknanya.

Arti Sebenarnya Istilah “Digital”

Digital berasal dari kata digit. Itu berarti bahwa digital memiliki pengertian segala sesuatu yang hubungannya dengan angka dan penomoran. Mesin yang menggunakan penomoran dalam pengoprasiannya juga bisa disebut mesin digital. Misalnya saja anda melihat mesin pencetak ID card di toko. Kemudian, harga mesin cetak ID card digital tersebut cukup terjangkau sehingga anda memutuskan untuk menanyakan apakah pengoprasiannya mudah. Tentu mesin yang telah dioprasikan dengan penomoran seperti ini pasti cenderung mudah karena sudah berbasis teknologi. Nomor dimaksudkan sebagai kode atau sandi yang dapat memudahkan pengguna alat tersebut.

Digital Diartikan Sebagai Alat Elektronik

Masyarakat secara umum sering menggunakan istilah “digital” tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Banyak dari mereka yang memaknai bahwa istilah “digital” memiliki makna barang-barang elektronik, seperti mesin cetak ID card. Jangan menganggap bahwa harga mesin ID card dan gelang wristband digital mahal karena ada embel-embel digital. Segala bentuk alat elektronik belum tentu digital dan segala alat digital pun belum tentu mahal harganya. Alat elektronik merupakan alat digital jika itu menggunakan angka dan penomoran untuk pengoprasiannya.

Baca juga : Ingin ID Card Lebih Awet? Begini Cara Merawatnya

Digital Diartikan Sebagai Sesuatu yang Canggih

Jika anda membeli printer ID card digital, maka bukan berarti printer tersebut sangat canggih. Segala sesuatu yang menggunakan istilah digital belum tentu canggih. Jangan menyalahartikan makna “digital” sebagai sesuatu yang sangat canggih. Toko elektronik biasanya juga memberikan embel-embel digital pada produknya supaya dianggap canggih oleh konsumen. Bahkan toko elektronik yang jual PVC ID card murah untuk printer digital pun pasti memberi embel-embel “digital” pada produk PVCnya.

Jangan menggunakan istilah yang tidak terlalu anda pahami untuk tampak lebih cerdas. Salah-salah menggunakan istilah tidak akan memperlihatkan anda tampak cerdas tapi akan tampak seperti orang yang bodoh. Hal tersebut karena anda pakai istilah tapi tidak mengerti arti dan makna istilah tersebut. Gunakanlah bahasa komunikatif saja untuk berkomunikasi supaya orang lebih bisa menerima apa yang anda sampaikan.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *