Keunikan Adat Aceh serta Kebudayaannya

Setiap daerah di semua negara memiliki keunikan masing-masing. Begitu juga dengan daerah yang berada di Indonesia. Seperti yang kita tau bahwa Indonesia memiliki banyak pulau serta luasnya pariwisata alam yang bisa kita eksplore. Bahkan tidak jarang wisatawab  yang berkunjung ke Indonesia adlah orang luar negeri dan bertujuan untuk mengeksplore negeri kita. Banyaknya destinasi wisata serta keunikan yang menjadi ciri khas masing-masing daerahlah yang membuat kita bangga terhadap negara kita. Masih banyak sekali hal yang tidak kita ketahui di negara ini. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya untuk kita menjaga dan melihat keunikan-keunikan di Indonesia.

Keunikan Daerah Aceh

Keunikan Daerah Aceh

Di era seperti ini kita bisa mengakses segala tempat dengan mudah. Jika kita berada di Jakarta dan ingin pergi ke daerah lain untuk berpariwisata kita bisa menyewa bus, bahkan sewa bus pariwisata di Jakarta sangatlah banyak. Salah satu kota yang memiliki banyak keunikan adalah Aceh. Seperti yang kita tau bahwa Aceh berada di ujung negara Indonesia. Di sana banyak sekali tersimpan keindahan serat keunikan yang jarang diketahui oleh khalayak umum, sehingga tidak salah jika Aceh dijadikan salah satu tempat untuk kita datangi. Bahkan, tidak jarang juga wisatawan asing yang singgah di Aceh untuk menikmati keunikan serta keindahan alamnya. Berikut keunikan-keunikan adat yang ada di daerah Aceh:

1. Memiliki Banyak Karya Dalam Bidang Sastra

Aceh sendiri sangat terkenal dengan cerita rakytanya. Bahkan ada 80 cerita rakyat yang beredar di daerah Aceh. Semua cerita rakyat tersebut juga memakai bahasa asli dari daerah Aceh, sehingga keaslian serta kuatnya cerita sangatlah terasa. Tidak hanya cerita rakyat, tetapi ada juga sastra puisi. Aceh sendiri sangat terkenal dengan hikayat-hikayatnya. Oleh sebab itu, bagi para pecinta sastra wajib untuk menjadikan Aceh tempat untuk didatangi.

Baca juga: Aneka Festival Budaya Kejawen Peringatan Malam Satu Suro di Berbagai Daerah di Pulau Jawa

2. Tempat Seni

Banyak sekali seni yang dihasilkan di Aceh. Salah satunya adalah tarian, tarian yang paling terkenal dari Aceh adalah Tari Saman. Tari Saman sendiri banyak sekali dijadikan tarian yang dibawakan untuk acara-acara yang formal, bahkan setiap sekolah menjadikan Tari Saman sebagai ekstrakurikuler untuk siswa dan siswinya.

Itulah dua hal yang menjadi keunikan Aceh. Bagi kita yang lelah terhadap kehidupan kota bisa mencoba untuk mendatangi Aceh, karena sewa bus murah di Jakarta pun sudah banyak dan kita bisa memilih dengan bebas.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *