Keunikan Jenis Rumah Adat Lampung

Keunikan Jenis Rumah Adat Lampung

Intip Trik Dalam sebutan orang Lampung, rumah adat diberikan sebutan Nuwo Sesat. Hal ini memiliki arti tersendiri setiap katanya yaitu Nuwo adalah rumah dan Sesat adalah adat. Rumah ini sejak zaman dahulu digunakan sebagai tempat tinggal warga Lampung. Rumah dibangun seperti panggung karena beberapa alasan seperti menghindari adanya hewan buas. Berbagai keunikan sebuah daerah bisa Anda ketahui jika berwisata ke sana. Anda bisa memilih salah satu penyedia sewa bus pariwisata di Jakarta yang terpercaya dan handal sebagai akomodasi selama berlibur.

Berikut keunikan jenis rumah adat daerah Lampung

Rumah adat merupakan komponen unik yang ingin diketahui oleh orang banyak. Setiap daerah memiliki rumah adat yang berbeda. Ini merupakan gambaran adat dari sebuah wilayah dan menggambarkan latar belakang suku tersebut. Terdapat beberapa jenis rumah adat yang terdapat di daerah Lampung. Apa saja jenisnya, simak ulasan di bawah ini.

  • Nuwo Lunik

Rumah adat yang satu ini biasanya digunakan oleh warga Lampung pada umumnya. Rumah ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya. Desain rumah ini terlihat sederhana namun tetap kental dengan nuansa suku Lampung.

  • Nuwo Balak

Rumah ini biasanya digunakan oleh kepala suku. Bagian depan rumah ini cukup luas. Sehingga tamu yang berkunjung dan duduk di sana. Pada bagian bawah tangga terdapat tempat khusus yang dinamakan garang hadap. Di tempat ini akan tersedia air yang digunakan untuk mencuci kaki sebelum menaiki tangga rumah.

Baca juga: Surga Dari Asia Tenggara bernama Jakarta

  • Nuwo Sesat Balai Agung

Rumah adat ini digunakan untuk menyeimbangkan adat yang terdapat di Lampung. Rumah adat ini biasanya digunakan sebagai sarana pertemuan bagi para warga untuk bermusyawarah. Di bagian tangga terdapat tiga payung dengan warna berbeda yaitu merah, putih dan kuning. Setiap warna memiliki makna masing-masing.

Itulah beberapa jenis rumah adat yang terdapat di daerah Lampung. Rumah ini sejak lama sudah digunakan oleh warga Lampung. Sampai sekarang ada juga warga setempat yang belum melakukan renovasi untuk rumah tersebut. Ini merupakan peninggalan budaya yang harus terus dilestarikan dengan baik. Dengan melihat rumah adat maka orang lain bisa lebih memahami budaya dari daerah Lampung. Ini merupakan sarana edukasi yang bisa memberikan pengetahuan bagi orang banyak. Terdapat beberapa penyedia jasa sewa bus pariwisata di Jakarta Timur yang bisa dipilih untuk bisa pergi bersama rombongan.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *