Keuntungan Membuat Kamar Mandi Bawah Tangga

​​​​​Sejak memasuki abad dua puluhan, konsep desain rumah minimalis dilirik banyak peminat. Konsep ini adalah gebrakan terhadap desain-desain yang cenderung menggunakan kesan luxury, luas dan mewah pada area-area rumah sehingga konsep desain minimalis seolah menjadi kebalikannya.

Konsep desain minimalis banyak mereduksi hal-hal yang tidak perlu serta cenderung mengutamakan pemanfaatan ruang kosong.

Keuntungan Membuat Kamar Mandi Bawah Tangga

Aplikasi reduksi inilah yang menciptakan konsep minimalis di mana rumah seolah kelihatan mungil meski memiliki semua elemen penting yang harus ada di dalamnya. Walaupun masih banyak pula yang tetap menginginkan konsep rumah yang luas dan mewah seperti pada umumnya.

Kendati demikian, konsep rumah yang seperti ini pun masih tidak terlepas dari konsep minimalis. Terdapat beberapa area dari rumah yang sengaja diadopsi dari konsep minimalis. Salah satunya adalah area kamar mandi bawah tangga yang jarang dimanfaatkan.

3 Keuntungan Dalam Membuat Kamar Mandi Bawah Tangga

Akibat dari penggunaan tangga, terkadang menyisakan ruang kosong di bagian bawahnya. Yang menjadikan ruangan ini sulit untuk dimanfaatkan adalah bentuknya yang tidak sama rata sebab bentuk tangga yang kian ke atas kian menanjak.

Namun dengan beberapa inovasi, kamu bisa memanfaatkan area yang rentan terbengkalai ini menjadi area yang berguna. Salah satu caranya adalah dengan menghidupkan area tersebut menjadi kamar mandi.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan rumah kamu jika bagian bawah tangga dihidupkan sebagai kamar mandi. Berikut Intiptrik.com berikan tiga ulasan tentang keuntungan membuat kamar mandi bawah tangga.

Kamar Mandi Bawah Tangga

1. Pemanfaatan Area Kosong

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya, keuntungan terbesar saat kamu membuat kamar mandi bawah tangga adalah memanfaatkan area kosong di bawah tangga yang sering kali diabaikan.

Meski tidak bisa dibilang cukup lega, namun untuk membuat kamar mandi sederhana yang terdiri dari kloset dan rak minimalis untuk sabun dan keperluan lainnya dinilai masih sangat cukup untuk dijadikan kamar mandi.

Justru dengan kreasi yang kamu buat, kamar mandi kecil yang kamu buat di bawah tangga justru bisa terlihat epik dan dijadikan percontohan.

2. Memudahkan Mobilitas Penghuni Rumah

Terlebih bagi rumah bertingkat, sudah sewajarnya bahwa kamar mandi tidak hanya ada di lantai bawah saja atau lantai atas saja.

Bagi para penghuni rumah tentu hal ini bukanlah masalah. Akan tetapi, terkadang bagi para tamu agak kesulitan menemukan letak kamar mandi yang biasa tersembunyi di dekat dapur atau bagian belakang rumah.

Baca juga: Kamar Mandi Bocor dan Rembes? Tenang, Begini Cara Mencegahnya!

Namun jika kamu membuat kamar mandi bawah tangga di mana tangga mampu menarik atensi para tamu sejak pertama kali. Maka dari itu, tidak heran mereka bisa menemukan kamar mandi dengan lebih cepat. Hal ini memudahkan mobilisasi, baik para penghuni rumah maupun tamu yang datang.

3. Menghindari Perspektif Negatif Tentang Area Bawah Tangga

Entah bagaimana film horor bisa menciptakan ketakutan yang membekas kalau sudah berbicara soal area kosong, apalagi yang terbengkalai di bawah tangga.

Selain itu, otak kita memang didesain lebih sensitif terhadap hal-hal yang berbahaya dan yang dirasa mengancam diri kita, termasuk halnya rasa takut.

Dengan menghidupkan area bawah tangga yang sering kosong dengan membuat kamar mandi bawah tangga ketakutan kamu dan anggota keluarga lainnya bisa berkurang. Dengan demikian kesan horor dan menakutkan di sekitar tangga perlahan bisa dihilangkan.

Gravatar Image
Honesty is the currency of wherever you are