Kucing Anggora: Ciri Fisik, Harga, Jenis, dan Cara Merawatnya

Kucing Anggora: Ciri Fisik, Harga, Jenis, dan Cara Merawatnya

Siapa yang tak kenal kucing anggora? Kucing ini memang merupakan salah satu hewan peliharaan yang diminati banyak orang meski harganya terbilang mahal. Spesies kucing yang paling banyak dicari ini, biasanya dikembangbiakan untuk kontes kecantikan kucing ataupun hanya sekedar teman pelengkap di dalam rumah saja. Bagi kamu penggemar kucing, kamu wajib memiliki salah satu kucing eksotis ini.

Terdapat banyak sekali jenis kucing yang ada di dunia, dimana secara garis besar hampir semuanya memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan. Namun, dari keseluruhan itu kucing anggora lah yang menjadi nomor satu kucing terlucu dan menggemaskan.

Bagi para pemula yang baru memasuki dunia kucing, pasti mereka bingung mengenai ciri-ciri kucing anggora. Sebenarnya seperti apa sih ciri fisiknya? Nampaknya banyak orang yang bertanya-tanya demikian. Tenang, karena ada beberapa ciri-ciri fisiknya yang paten.

 

Ciri-Ciri Fisik Kucing Anggora

 

Ciri-Ciri Fisik Kucing Anggora

 

  • Memiliki bulu yang relatif panjang (long hair)
  • Badannya terlihat gempal
  • Terlihat lincah dan menggemaskan ketika berjalan
  • Hidungnya cukup mancung
  • Memiliki telinga panjang, menjuntai ke atas dan berbentuk segitiga sama kaki
  • Kakinya lumayan panjang dan jenjang
  • Memiliki bulu lebat dan ekornya panjang
  • Mayoritas bulunya berwarna putih
  • Bola matanya berwarna kuning dua-duanya, atau kuning sebelah dan sebelahnya lagi berwarna biru (mata ganjil)

 

Harga Kucing Anggora

Berapa sih harga kucing anggora itu? Untuk jenis kucing anggora asli yang baru berumur 3 bulan biasanya dipatok dengan harga kisaran 4 hingga 15 juta rupiah. Harga akan semakin mahal jika usia kucing tersebut memasuki masa-masa produktif. Tapi ada juga yang memiliki harga ratusan ribu saja, biasanya yang masih kitten (bayi kucing). Cukup murah bukan?

 

Kepribadian Kucing Anggora

Jenis kucing anggora merupakan kucing senang bermain dan penurut kepada pemiliknya sehingga kucing ini senang berada di pelukan manusia. Kucing penurut ini tidak suka dikurung di dalam kandang maupun di dalam rumah. Ia lebih suka berada di dekat pemiliknya dan bermanja-manja. Meski kucing ini sering di anggap kucing malas, tapi kucing ini sangat pandai mengawasi daerah sekeliling dan senang berada di rumah.

 

10 Jenis Kucing Anggora

Dibawah ini ada 10 jenis kucing anggora yang terkenal dan sudah menyebar di seluruh penjuru dunia:

 

1. Kucing Anggora Kitten

Jenis kucing anggora kitten merupakan anakan anggora yang baru lahir. Ini juga merupakan bayi dari kucing yang berasal dari Turki. Baik yang asli maupun campuran.

 

2. Anak Kucing Anggora

Apabila telah mencapai umur 6 bulan, maka jenis yang satu ini disebut anak kucing anggora. Dan bagi pemiliknya sepantutnya memberikan perlakukan khusus, seperti memberi makan secara padat namun tidak berlebihan.

 

3.Kucing Anggora Dewasa

Kucing Anggora Dewasa merupakan kucing anggora yang usianya kurang lebih 1 tahun. Ia sudah lebih kuat secara fisik maupun mental.

 

4. Kucing Anggora Ras Campuran Kitten

Jenis ini maksudnya adalah kucing anggora yang ras-nya campuran dan masih bayi.

 

5. Anak Kucing Anggora Campuran

Sedangkan untuk anak anggora campuran yaitu jenis anggora yang usianya 6 bulan minimal dan merupakan anakan dari hasil perkawinan silang dari anggora ras asli dengan ras yang bukan asli.

 

6. Kucing Anggora Dewasa Campuran

Jika anakan anggora ras campuran sudah berumur 1 tahun, maka ia disebut sebagai kucing anggora dewasa campuran.

 

7. Kucing Anggora Turki Bermata Ganjil

Banyak orang yang tergila-gila akan kucing anggora yang satu ini, namun kucing anggora turki termasuk ras yang sudah dilindungi. Karena spesies ini dianggap ras asli dan langka. Lekat dengan kebudayaan dan mitos masyarakat Turki.

 

8. Kucing Anggora Bermata Normal

Jenis yang satu ini merupakan kucing anggora yang pupil matanya normal berwarna kuning, abu-abu atau lain sebagainya. Tidak menunjukkan perbedaan antara kedua matanya, seperti anggora mata ganjil.

 

9. Kucing Anggora Tutul Kehitaman dan Perak

Kucing anggora ini adalah anggora yang memiliki warna tubuh tutul hitam dan perak.

 

10. Kucing Anggora Krem dan Putih

Wah, siapa sangka ternyata jenis kucing anggora ada juga yang memiliki bulu berwarna krem dan putih?

 

Faktor Kesehatan dan Vaksinasi

Sebelum kamu membeli jenis kucing anggora, sebaiknya kamu mengecek faktor kesehatannya pasalnya jika kucing itu keadaan sakit, siap-siap saja kamu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk biaya berobatnya.

Yang wajib kamu perhatikan lainnya yaitu vaksinasi pada kucing. Kucing yang sehat harus sering-sering di vaksinasi agar tidak terserang berbagai penyakit. Selain memiliki kucing yang sehat maka akan menaikkan harga jenis kucing tersebut ketika nanti kamu berniat ingin menjualnya kembali.

 

Cara Merawat Kucing Anggora

 

Cara Merawat Kucing Anggora

 

Bagi kamu yang sudah memiliki kucing anggora, sebaiknya kamu merawatnya dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dibawah ini ada cara merawat kucing anggora termudah, berikut di antaranya:

 

1. Kandang Kucing Anggora

Meski kucing anggora tidak betah di dalam kandang, tapi terkadang kucing anggora masuk kedalamnya untuk isthirahat semata. Hal pertama yang patut kamu siapkan untuk kandang yaitu pastikan bahwa ukuran kandang sesuai dengan ukuran tubuh kucing, tapi alangkah baiknya kamu membuat kandang yang lebih dari itu agar kenyamanan isthirahat kucing kamu tidak terganggu. Buatlah kandang yang terbuat dari aluminium yang tidak mudah berkarat. Jangan lupa juga membersihkan kandang secara rutin minimal seminggu sekali.

 

2. Makanan Kucing Anggora

Untuk masalah makanan, sebaiknya kamu memberikan kucing untuk memakan makanan kucing kering (dry food). Pasalnya makanan tersebut lebih sehat dibandingkan dengan makanan kaleng basah untuk kucing. Bukan itu saja, kamu juga perlu memberi makanan lainnya seperti ayam, ikan, dan makanan yang disukai kucing anggora pada umumnya. Jika salah memberikan makan maka pertumbuhan bulu kucing akan terganggu.

 

3. Memandikan Kucing

Meski susah diajak mandi, sebisa mungkin kamu memandikan kucing anggora minimal dua minggu sekali. Sisirlah bulu kucing anggora dengan sisir khusus yang lembut, dengan begitu kucing anggora kamu akan memiliki bulu yang sehat, panjang, halus, dan lebat.

 

Kesimpulan

Kucing anggora adalah jenis kucing yang terunik baik dari segi fisik maupun tingkah lakunya. Bagi kamu yang ingin memiliki peliharaan yang bisa diajak bermain, kucing anggora lah yang paling cocok kamu miliki. Kamu pun butuh ekstra sabar dengan tingkahnya yang terkadang sangat aktif dan kamu patut untuk merawatnya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *