Kupas Tuntas Tulisan Eksposisi dari Pembuat Konten Berkualitas

 

Dewasa ini, 99% masyarakat umum mencari informasi melalui internet baik dalam bentuk gambar, video hingga tulisan. Tulisan merupakan bentuk  informasi yang paling banyak digunakan, bahkan dalam gambar maupun video, tulisan selalu digunakan.

Pembuat Konten Berkualitas

Jenis tulisan yang digunakan dalam membuat informasi adalah tulisan eksposisi. Tulisan eksposisi merupakan tulisan yang mampu memaparkan dan memberikan informasi dengan jelas dan rinci dengan fakta dan data yang memperkuat tulisan ini menjadi lebih informatif.

Tulisan eksposisi disebut juga dengan tulisan faktual, hal ini dikarenakan tulisan ini dibuat berdasarkan penelitian dan percobaan langsung juga disertai dengan data dan fakta lapangan.

Untuk konten informatif dalam website dan platform internet lainnya, dalam mendapat tulisan jenis ini Anda dapat menggunakan jasa pembuatan artikel dan SEO murah yang mampu memberikan tulisan standar SEO berkualitas sehingga website Anda memiliki performa yang baik.

Struktur Tulisan Eksposisi

Tulisan eksposisi memiliki struktur yang mampu membangun tulisan tersebut menjadi tulisan yang informatif dan faktual. Struktur tersebut antara lain:

1. Tesis

Tesis ditempatkan di pembukaan yang memuat opini penulis untuk membuka materi informatif atau isi lebih jauh. Tesis juga dapat berisi teori yang kemudian diperkuat dengan opini penulis.

2. Argumentasi

Argumentasi merupakan alasan untuk memperkuat teori yang dipaparkan di tesis yang dapat berisi alasan, pendapat atau bukti  berupa data dari para ahli terkait teori yang ditulis. Argumentasi juga dapat menjadi pusat infromasi bagi para pembaca karena banyaknya sudut pandang yang dituangkan dalam argumentasi.

3. Penegasan ulang

Bagian ini merupakan bagian akhir yang dapat menentukan pandangan penulis. Di bagian ini penulis akan memperkuat dan berusaha membawa pembaca menyetujui isi tulisan dan argumen tersebut.

Teknik Penulisan Eksposisi

Menyajikan tulisan eksposisi tentunya membutuhkan teknik agar tulisan dapat disampaikan dengan jelas. Teknik tersebut antara lain:

1. Identifikasi

Teknik ini merupakan teknik mengembangkan paragraf dari pertanyaan-pertanyaan seperti apa, siapa, dan bagaimana.

2. Perbandingan

Teknik ini merupakan cara menyajikan tulisan dengan membandingkan satu dan lain objek kemudian diperkuat dengan berbagai argumentasi.

3. Klasifikasi

Teknik ini merupakan cara menyajikan eksposisi dengan mengembangkan tulisannya melalui pengklasifikasian objek atau materi tertentu ke dalam kategori tertentu.

4. Analisa

Teknik ini merupakan teknik menyajikan tulisan eksposisi dengan membagikan, menguraikan, atau memisah-misahkan suatu objek atau materi ke dalam komponen tertentu.

5. Definisi

Merupakan teknik yang memberikan dan membatasi suatu objek dengan definisi tertentu. Teknik ini sering juga disebut dengan teknik yang membatasi suatu objek atau materi yang diberi definisi.

Dalam membuat konten tulisan eksposisi, ciri-ciri dan teknik yang telah dipaparkan di atas setidaknya terdapat dalam konten Anda agar pengunjung website terpenuhi kebutuhan informasinya secara akurat. Termasuk dalam menggunakan jasa penulis artikel dan SEO murah pastikan pihak jasa mampu memberikan jenis tulisan eksposisi sesuai dengan apa yang telah dipaparkan di atas.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *