Sangat Bagus Untuk Tubuh, Berikut Manfaat Air Kelapa Yang Mesti Anda Tahu

Manfaat Air Kelapa – Air kelapa adalah salah satu minuman yang sangat menyegarkan apalagi diminum pada saat terik matahari, rasanya begitu nikmat sekali.

Air kelapa sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan menyegarkan serta memiliki banyak manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Air kelapa banyak mengandung manfaat salah satunya untuk mencegah dehidrasi saat melakukan aktivitas seharian diluar dan sangat praktis untuk menurunkan berat badan sebagai alternatif yang cocok untuk diet yang sehat.

Air kelapa sangat cocok apabila dikonsumsi pada saat selesai melakukan aktivitas berat yang banyak mengeluarkan keringat yang dapat menyebakan terjadinya dehidrasi.

 

Kandungan yang ada pada buah kelapa

  1. Vitamin C

Vitamin C diperlukan oleh tubuh yang bermanfaat untuk mencegah sariawan, pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Asam folat

Berfungsi untuk membantu proses produksi DNA untuk pembentukan sel darah merah.

  1. Asam pantotenat

Asam pantotenat berperan sangat penting dlam banyak metabolisme pelepasan energi.

  1. Asam nikotinat

Asam nikotinat sangat efektif dalam membantu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL)

  1. Biotin

Biotin memiliki peran yang sangat penting dalam reaksi biokimia didalam tubuh dan dalam mengalirkan karbon dioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak.

  1. Riboflavin

Riboflavin membantu dalam proses pengolahan asam amino dan lemak yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghambat laju penuaan.

 

Manfaat air kelapa

Berikut ini adalah beberpa manfaat baik untuk tubuh yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi air kelapa :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa sangat kaya akan vitamin dan nutrisi antara lain niasin, riboflavin, thiamin dan folat.

Air kelapa dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat melawan infeksi virus karena air kelapa memiliki sifat anti virus dan anti bakteri sehingga sangat bagus bagi tubuh.

 

  1. Baik untuk kesehatan kulit

 

 

Air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik bagi kulit karena memiliki sifat memperbaiki sel-sel kulit mati dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh serta dapat mencegah tumbuhnya jerawat di wajah anda sehinga menjadikan kulit semakin sehat, lembut dan bersinar yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

 

  1. Baik untuk pencernaan

Enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, kalatase, diatase, dehydrogenase, peroksidase, RNA polymerase dll yang terdapat dalam kandungan air kelapa dapat membantu mempermudah pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Selain enzim tersebut, air kelapa juga memiliki banyak mineral seperti kalsium, seng dan mangan serta merupakan sumber vitamin B diantaranya riboflavin, thiamin, folat serta pyridoxine yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

  1. Antioksidan

Didalam air kelapa terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Dengan rutin tiap hari mengkonsumsi buah kelapa, efek racun yang ada didalam tubuh bisa dengan mudah diatasi.

 

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Air kelapa mempunyai kandungan yang seimbang dari elektrolit yang berguna sebagai penyeimbang elektrolit didalam tubuh yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 

  1. Pengontrol diabetes

Apabila dikonsumsi secara teratur, air kelapa berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh yang berguna untuk membantu mengontrol diabetes.

Proses sirkulasi ini untuk membantu melebarkan pembuluh darah yang mengecil karena adanya pembentukan plak-plak serta dapat membantu melancarkan aliran darah agar dapat terhindar dari diabetes.

 

  1. Menurunkan berat badan

 

 

Mengkonsumsi air kelapa tiap hari secara rutin dan teratur terbukti sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Dan ini metode yang sangat efektif apabila anda berniat untuk melakukan diet tanpa harus merogeh kocek yang banyak.

Cukup dengan konsumsi air kelapa secara rutin tiap hari dapat menurunkan barat badan tanpa melakukan diet ketat.

 

  1. Penyakit batu ginjal

Air kelapa yang banyak memiliki beberapa kandungan dapat membantu dalam melarutkan batu ginjal karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk mencegah pembentukan batu ginjal yang dapat menghambat kinerja organ-organ lainnya didalam tubuh.

 

  1. Mencegah penuaan dini

 

 

Kandungan asam laurat dan sitokin yang terdapat dalam air kelapa, sangat penting digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel.

Kandungan tersebut mempunyai peran yang sangat penting terhadap anti penuaan dini, anti trombotik, anti karsinogenik yang dapat membantu dalam meminimalisir penuaan kulit dan sebagai penyeimbang tingkat PH serta menjaga jaringan kulit agar tetap terjaga dengan baik.

 

  1. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa sangat dikenal luas sebagai pengganti mineral dan cairan yang hilang akibat aktivitas atau berolahraga selama seharian dan dapat membantu dalam mengatasi dehidrasi.

 

  1. Kesehatan kardiovaskuler

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terkena tekanan darah tinggi mempunyai kadar kalium yang rendah.

Kandungan kalium dan asam laurat yang terdapat pada air kelapa sangat efektif dalam mengatur tekanan darah dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang baik untuk mencegah penyakit jantung.

 

  1. Baik untuk ibu hamil

Air kelapa salah satu minuman yang sangat baik bagi ibu hamil yang dapat meredakan “morning sickness” dan mencegah muntah-muntah pada ibu hamil.

Air kelapa mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilan.

 

  1. Organ- organ dapat bekerja dengan baik

Mengkonsumsi air kelapa secara rutin dapat membantu dengan  cepat mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh sehingga organ-organ didalam tubuh dapat bekerja dengan baik.

 

  1. Meningkatkan vitalitas pada pria

 

 

Mengkonsumsi air kelapa secara rutin ternyata dapat mengurangi kadar nikotin yang ada didalam tubuh yang dapat mengganggu tingkat kesuburan pada pria yang menyebabkan vitalitas pada pria menurun.

 

  1. Mencegah penyumbatan pada pembuluh darah

Disini peran air kelapa sangat terasa sebagai pencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah karena mengandung kolesterol yang baik.

 

Tips dalam mengkonsumsi air kelapa

Dalam mengkonsumsi air kelapa ada baiknya dibatasi dan sewajarnya saja meskipun dalam air kelapa terdapat beberapa kandungan mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh.

Berikut tips dalam mengkonsumsi air kelapa :

  1. Jangan mengkonsumsi air kelapa setiap hari secara berlebihan sebab air kelapa memiliki kandungan kalori. Jadi minumlah air kelapa sewajarnya saja.
  2. Minumlah air kelapa 1-2 gelas tiap hari
  3. Jangan meminum air kelapa disaat malam hari sebab cairan ini akan mudah diserap oleh tubuh yang akan mengakibatkan terjadi tumpukan glukosa.
  4. Mengkonsumsi air kelapa bisa membuat kenyang jika dikonsumsi sebelum makan untuk mencegah makan berlebih dan apabila dikonsumsi setelah makan dapat memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kembung.
  5. Minumlah air kelapa dipagi hari saat perut kosong yang dapat memberikan efek positih untuk tubuh.
  6. Sebaiknya mengkonsumsi air kelapa pada saat sebelum atau sesudah berolahraga sehingga bisa menghindari terjadinya dehidrasi.

 

Demikian artikel tentang beberapa manfaat air kelapa beserta tips dalam mengkonsumsi air kelapa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pembaca yang budiman. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *