Banyaknya Manfaat dan Khasiat dari Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat – Buah Alpukat atau disebut juga avocado ini berasasl dari meksiko dan amerika tengah. Buah alpukat salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, sebagi pencegah dari berbagai macam penyakit kronis serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita.

Buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Selain itu, daun dan biji pada alpukat bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk kesehatan tubuh kita.

Buah ini merupakan salah satu buah favorit sebagian besar kalangan masyarakat untuk dijadikan sebagai minuman jus yang enak dan sangat menyegarkan.

Sangat dianjurkan untuk rutin setiap hari dalam mengkonsumsi buah alpukat yang kaya akan gizi dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Buah alpukat memiliki banyak kandungan zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. kandungan zat tersebut antara lain : flavonoida, zat alkaloida dan zat sapoin.

Beberapa kandungan gizi yang dimiliki buah alpukat antara lain :

 

  1. Vitamin dan mineral

Pada buah alpukat banyak mengandung kuranglebih 20 macam vitamin dan mineral diantaranya vitamin C, zat besi, kalium, vitamin E, vitamin K, folat, seta vitamin B6 yang dapat menjaga kekebalan dan kesehatan  tubuh kita.

 

  1. Lemak baik atau lemak bermanfaat

Pada buah alpukat terdapat minyak seperti minyak zaitun yang bermanfaat untuk melindungi kerusakan kulit yang disebabkan radikal bebas serta dapat mencegah penyakit diabetes.

 

  1. Protein

Protein yang terdapat pada buah alpukat bermanfaat untuk menyerap racun dalam tubuh, dan pada protein tersebut terdapat banyak asam amino yang membentuk sebuah protein lengkap yang mudah diserap oleh tubuh.

 

  1. Lutein

Lutein yang terkandung dalam buah alpukat dapat memberikan manfat untuk kesehatan mata serta dapat mengurangi dari resiko degenerasi mata.

 

  1. Karotenoid

Pada buah alpukat terkandung karotenoid yang bermanfaat untuk menringkatkan fungsi sistem reproduksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh selalu sehat dan bugar tanpa ancaman dari beberapa penyakit kronis.

 

  1. Natrium

Pada buah alpukat terkandung natrium, folat dan kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan penyakit diabetes dan ampuh dalam menurunkan kadar kolrsterol.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat dari buah alpukat yang wajib anda tahu diantaranya :

 

  1. Kesehatan jantung

 

 

Buah alpukat memiliki kandungan asam folat, glutathione dan vitamin E yang bermanfaat untuk menghindari resiko terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, untuk itu ada baiknya selalu rutin mengkonsumsi buah yang akay akan manfaat ini.

 

  1. Kesehatan mata

 

 

Kandungan zat karotenoid yang terdapat pada buah alpukat sangat berguna untuk melindungi terhadap penurunan dalam penglihatan mata dan dapat mencegah dari penyakit katarak.

 

  1. Mencegah kanker mulut

Beberapa zat yang terkandung pada buah alpukat terbukti ampuh dapat mencegah dari penyakit kanker mulut dan dapat mematikan sel-sel yang menyebabkan kanker mulut.

Untuk menghindari dari penyakit tersebut sebaiknya biasakan untuk selalu rutin mengkonsumsi buah alpukat yang bisa dimodifikasi dalam penyajiannya.

 

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

 

 

Zat potasium yang terdapat pada buah alpukat terbukti bisa membantu daladm mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kelumpuhan akibat stroke.

 

  1. Mencegah peradangan

Protein dan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat terbukti dapat membantu dalam mencegah peradangan pada tubuh.

Sangat dianjurkan untuk secara rutin mengkonsumsi buat alpukat, selain mencegah peradangan juga untuk menghindari beberapas virus atau bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan.

 

  1. Sebagai penangkal radikal bebas

 

 

Kandungan minyak yang terdapat pada buah alpukat terbukti ampuh melawan bahaya radikal bebas atau anti-inflamasi yang mampu memperlambat proses penuaan, kanker dan penyakit jantung.

 

  1. Meningkatkan berat badan

Kalori dan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat dapat meningkatkan berat badan secara alami dan aman tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan dengan bahan kimia.

Jadi sangat praktis dalam membantu anda untuk meningkatkan berat badan yang ideal sesuai yang anda inginkan.

 

  1. Membersihkan kulit

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dalam tubuh dan minyak yang terkandung pada buah alpukat dapat dengan mudah diserap oleh kulit yang cocok dijadikan sebagai lotion alami.

 

  1. Mengatasi kulit wajah yang kering dan kusam

 

 

Selain bisa dijadikan sebagai minuman jus, daging buah alpukat juga dapat bermanfaat sebagai masker wajah yaitu dengan cara melumatkan buah tersebut sampai manjadi sebuash adokan yang bisa dijadikan sebagai masker wajah dalam mengatasi kulit kering dan kusam.

 

  1. Menurunkan kolesterol

Kandungan beta sitosterol yang terdapat pada buah alpukat terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol darah dalam tubuh.

Jadi sangat mudah dan praktis tanpas harus rerpot-repot pergi ke dokter yang akan menghabiskan uang anda. Cukup secara rutin mengkonsumsi buah alpukat tiap hari, kadar kolesterol pun akan turun Selama pola makan anda teratur.

 

  1. Mencegah cacat lahir

Kandungan vitamin B dan asam folat yang terdapat pada buah alpukat mampu mencegah cacat lahir dan cacat tabung saraf, sehingga janin yang ada dalam kandungan akan kuat dan sehat.

Terutama untuk ibu hamil sebaiknya rutin dalam mengkonsumsi buah alpukat selama masa kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

 

  1. Sebagai anti-inflamasi

Beberapa zat yang tergandung pada buah alpukat diantaranya asam lemak omega 3, pitosterol, stigmasterol, dan flavonoid. Zat tersebut sangat ampuh dalam membantu mencegah peradangan atau anti-inflamasi.

 

  1. Mencegah stroke

 

 

Pada buah alpukat terdapat kandungan folat yang sangat ampuh dalam mencegah stroke. Setiap hari rutin mengkonsumsi buah alpukat kemungkinan terkena resiko stroke lebih kecil.

 

  1. Mencegah kanker prostat

Zat-zat yang terkandung dalam buah alpukat mampu untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Zat-zat tersebut mampu untuk menghindari beberapa jenis penyakit kronis.

 

  1. Mencegah kanker payudara

Asam oleat yang terdapat pada buah alpukat terbukti sangat ampuh untuk mencegah kanker payudara pada perempuan, menurut banyak studi.

 

  1. Melindungi dari kanker

Menurut sebuah penelitian buah alpukat ternyata dapat membantu mencegah dari kanker kulit, kanker mulut dan kanker prostat serta beberapa penyakit kanker lainnya.

 

  1. Sebagai penyerap gizi yang baik

 

 

Menurut sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi salad yang mengandung buah alpukat dapat menyerap karoten lebih banyak daripada mereka yang tidak mengkonsumsi salad yang tidak mengandung alpukat.

Itulah beberapa manfaat dari buah alpukat yang sudah saya uraikan diatas. Sebaiknya jangan bermalas-malasan untuk selalu mengkonsumsi buah yang kaya akan manfaat itu, agar kita selalu sehat dan terhindar dari beberapa penyakit kronis yang mematikan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Salam sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *