Manfaat Buah Nanas dan Efek Samping Bagi Tubuh

Manfaat Buah Nanas dan Efek Samping Bagi Tubuh

Manfaat Buah Nanas – Nanas atau dalam bahasa Inggris disebut pineapple, merupakan jenis tanaman buah-buahan yang masuk ke dalam keluarga nanas-nanasan (family bromeliaceae). Tanaman yang satu ini bisa tumbuh subur di daerah tropis bertanah gembur, berpasir, serta mengandung banyak unsur hara. Di Indonesia, sentra penanaman utama tanaman yang berasal dari Bolivia, Paraguay, dan Brasil ini, berada di daerah Lampung dan Jawa Barat.

Nanas yang lazim digunakan sebagai campuran rujak dan jus ini memang sulit didapatkan. Harus menunggu musim buah nanas jika ingin menikmati kelezatannya. Kulitnya yang cukup tajam dan warnanya yang eksotis menjadikan buah ini memiliki ciri khas tersendiri.

 

Seperti apa ciri-ciri buah nanas?

Buah nanas punya ciri-ciri sebagai berikut:

  • Punya batang herba yang kuat dengan ketinggian 0,5 – 1,5 meter yang disertai tunas yang merayap pada pangkalnya.
  • Punya daun yang panjang serta tebal dengan ujung yang runcing menyerupai duri.
  • Bunga majemuk tersusun dalam bulir yang begitu rapat, letaknya terminal dan bertangkai panjang.
  • Buahnya buah buni majemuk, berdaging, bulat panjang, berwarna hijau, jika dibuka berwarna kuning. Buah yang satu ini punya rasa manis dan asam. Bijinya kecil, seringkali tidak jadi.

 

Aneka Jenis Buah Nanas

Sebagaimana tanaman buah lainnya yang punya banyak jenis, nanas pun demikian. Setidaknya dari beberapa jenis tersebut banyak dijumpai di Indonesia. Tidak semua orang tahu bahwa nanas punya banyak macam dan bentuk, dan berikut ini adalah macam-macam nanas serta bentuknya:

 

  1. Nanas Cayenne

Cayenne memiliki daun halus, tidak berduri, dan buahnya besar. Jenis Cayenne dikenal diberbagai daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda pula. Seperti Cayennelis (Palembang dan Salatiga). Serawak (Tanjung Pinang dan Pacitan, Suka Menanti (Bukit Tinggi), Bogor (Pontianak, Purbalingga dan Probolinggo), dan Paung (Palangkaraya). Tapi hanya di Subang pertumbuhan nanas Cayenne begitu baik sehingga sebutan nanas Subang seolah identik dengan Cayenne.

 

  1. Nanas Queen

Nanas Queen punya daun yang pendek dan berduri tajam, buah yang satu ini lonjong menyerupai kerucut. Jenis Queen yang paling terkenal adalah nanas dari Bogor (kapas, gati, dan kiara), nanas Palembang, dan juga batu dari Kediri. Daerah lain juga dijumpai jenis ini, yakni: Palangkaraya (nanas Betawi), Pontianak (nanas Cina), Jember (monserat dan bali), Kediri (nanas jawa/bali), Salatiga (nanas Bogor), Bondowoso (kidang dan uling), dan Sumenep (durian).

 

  1. Nanas Spanish atau Spanyol

Nanas Spanish juga punya daun tapi panjang kecil, berduri halus hingga kasar, buahnya bulat dengan mata datar. Dari jenis ini banyak dikenal sebagai nanas merah dan hijau (Bondowoso), rakyat hijau dan rakyat merah (Purwokerto). Nanas ini juga banyak ditemui di Bukit Tinggi (disebut gadut), Pontianak (towon, barak, biasa, tembaga, dan emas), Palangkaraya (bubur), Bali (madu dan kebo), Sukamere (kampung), Kediri (jawa), Bangkalan, (ragunan, maduh, kerbau). Bondowoso (kuning), Kendal (sukun, kaliwungu), dan Sumenep (lomot).

 

Manfaat Buah Nanas Bagi Tubuh

Bagi anda yang suka buah nanas ini, tentu saja tak hanya memanjakan lidah, namun dibalik kenikmatannya terselip manfaat yang istimewa. Mari kita bahas setiap manfaat secara rinci dibawah ini.

 

  1. Mengobati Arthritis

Salah satu khasiat nanas yang paling dikenal bagi kesehatan adalah untuk mengurangi randang sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan arthritis, penyakit yang melemahkan dan menyerang jutaan orang di dunia.

Nanas memiliki kandungan enzim proteolitik yang jarang disebut bromelain, terutama berkaitan dengan pemecahan protein kompleks dan mempunyai efek antiinflamasi yang cukup serius. Bahkan Bromelain berkorelasi positif dengan mengurangi tanda serta gejala radang sendi bagi banyak orang.

 

  1. Meningkatkan Imunitas

Satu buah nanas memiliki lebih dari 130% kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh, ini menjadi salah satu sumber asam askorbat terkaya dan sangat lezat. Vitamin C mampu mengurangi penyakit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan antioksidan didalamnya mampu mempertahankan efek berbahaya dari radikal bebas.

Radika bebas yang dimaksud disini adalah produk sampingan berbahaya dari metabolism sel yang bisa merusak beberapa sistem organ dan menganggu fungsinya, serta menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi kanker. Dengan adanya vitamin C dari nanas maka hal ini akan dilawan.

 

  1. Membantu Pemulihan Tubuh

Salah satu manfaat yang sering diabaikan dari vitamin C yaitu peran penting dalam menciptakan kolagen. Inilah yang menjadi alasan mengapa vitamin ini dipandang sebagai vitamin yang mampu sebagai obat penyembuhan, karena kolagen merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, organ, kulit, dan tulang. Kandungan vitamin C yang tinggi di buah nanas berguna menyembuhkan luka secara cepat, bersamaan dengan mempertahankan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

 

  1. Mencegah Adanya Kanker

Buah nanas secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker mulut, tenggorokan, dan payudara. Buah ini kaya akan berbagai antioksidan, termasuk beta karoten, vitamin A, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, serta tingkat mangan sangat tinggi. Mangan adalah kofaktor penting superoksida dismutase, pengangkut radikal bebas yang manjur telah dikaitkan dengan sejumlah kanker yang berbeda.

Menyantap nanas dengan teratur mampu melindungi anda dari sejumlah besar kondisi kesehatan, termasuk juga diare, konstipasi, sindrom iritasi usus besar, pembekuan darah, dan aterosklerosis, serta tekanan darah tinggi. Nanas yang dikenal kaya akan seratnya ini, dapat mempromosikan perjalanan makanan lewat saluran pencernaan pada tingkat normal dan merangsang pelepasan jus lambung serta pencernaan dalam membantu makanan menjadi larut. Bahkan ini juga dapat membungkus tinja yang longgar, yang membantu untuk mengobati diare dan IBS (Irritable Bowel Syndrome). Selanjutnya, kandungan bromelain dalam buah nanas mampu merangsang pencernaan protein dan mengobati penyakit saluran pencernaan.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Seiringan adanya senyawa antioksidan yang mampu melindungi dari kanker mulut, buah nanas juga punya sifat astringent, yang memperkuat gigi dan gusi. Agen Astringent bisa membantu mengencangkan jaringan dan tubuh sehingga kerontokan rambut, kehilangan gigi dan pelemahan otot atau pelonggaran kulit tidak terjadi. Nanas merupakan zat yang begitu kuat dan sering digunakan sebagai resep obat alami untuk memperbaiki pelonggaran gigi ataupun pencabutan gusi.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel saja yang sering kita dengar sebagai makanan yang mampu meningkatkan kesehatan mata. Tetapi buah nanas juga berguna dalam meningkatkan daya pengelihatan serta mencegah gangguan penglihatan terkait usia atau penuaan. Degenerasi makula yang mempengaruhi banyak orang lanjut usia, dan beta-karoten yang terkandung dalam nanas bisa membantu dalam menunda masalah penglihatan ini.

 

  1. Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing menunjukkan hasil penelitian bahwa vitamin C yang mencukupi bisa bermanfaat bagi tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Dengan adanya buah nanas yang kaya dengan vitamin C ini dapat mempelancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah.

 

Efek Samping Buah Nanas Bagi Tubuh

Dibalik banyaknya manfaat yang terdapat di buah nanas, nyatanya buah ini punya sedikit kekurangan dan punya efek negatif bagi tubuh kita. Nah, mau tahu seperti apa efeknya? Simak berikut ini:

 

  1. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Kandungan zat gula yang terbilang tinggi di buah nanas sangat tidak baik dikonsumsi untuk orang yang menderita diabetes karena ini akan meningkatkan gula darah dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

  1. Menyebabkan Sakit Kepala dan Alergi

Buah nanas juga bisa menyebabkan sakit kepala serta alergi jika dimakan secara berlebihan. Biasanya gejala yang ditimbulkan seperti kulit berubah menjadi merah dan gatal-gatal.

Pada kasus alergi yang cukup parah, efeknya bisa menyebabkan pembekakan pada mulut dan bibir.

Tapi anda tidak perlu khawatir! Ada satu cara manjur untuk mengurangi dampak negatif tersebut, yakni dengan merendam terlebih dulu buah nanas yang telah dipotong ke dalam air yang hangat, dan tambahkan garan secukupnya.

 

  1. Memicu Kontraksi Bagi Kehamilan

Buah nanas ternyata juga tidak bagus dikonsumsi bagi ibu hamil, karena nanas memiliki sifat antelminik dan abortivum yang bisa memicu kontraksi, dan ini berpotensi mengugurkan kandungan.

Maka dari itu, wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk memakan buah nanas.

 

  1. Merangsang Timbulnya Rematik

Buah nanas juga tidak baik dikonsumsi bagi penderita rematik. Karena buah yang satu ini bisa merangsang munculnya rematik ketika sudah masuk ke dalam tubuh dan berada didalam saluran pencernaan.

Makanan yang didalamnya difermentasikan menjadi alkohol yang bisa menyebabkan rasa rematik.

Maka dari itu, sangat tidak dianjurkan bagi penderita rematik untuk mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak agar tidak menimbulkan efek yang lebih buruk bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *