11 Manfaat Buah Tomat yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Buah Tomat – Mungkin semua orang tidak aneh dengan buah yang satu ini, akan tetapi mungkin sebagian orang juga masih bingung untuk menentukan jika tomat itu termasuk ke dalam kategori buah atau sayur.

Ini d persulit lagi karena buah ini memiliki biji layaknya jenis buah-buah lainnya, akan tetapi jenis buah ini lebih sering digunakan untuk kebutuhan dapur seperti untuk tambahan bahan masakan maupun makanan.

Namun pada artikel kali ini intiptrik tidak akan membahas tomat itu termasuk ke dalam kategori buah atau sayur. Yang akan kita bahas kali ini adalah banyaknya manfaat yang bisa didapat dari tomat tersebut.

Tidak hanya dapat digunakan untuk penambahan bahan masakan ataupun makanan, buah tomat sendiri memiliki banyak sekali manfaat terlebih lagi untuk kecantikan. Mungkin sebagian orang belum mengetahui jika tomat mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan, maka dari itu mari kita bahas bersama pada artikel kali ini, apa saja sih manfaat tomat untuk kecantikan ?

 

Berikut adalah sejumlah manfaat tomat untuk kecantikan dan juga cara pemakaiannya:

  1. Membuat Kulit Putih dan Bercahaya

 

 

Sebenarnya pada jaman yang modern saat ini bukan hanya kaum wanita saja yang ingin mempunyai jenis kulit yang putih terlebih lagi pada bagian wajah, para pria tentu juga ingin memiliki jenis kulit yang putih. Dan salah satu cara sederhana untuk bisa mewujudkan hal itu adalah dengan cara memakai tomat.

Ini bisa dengan cara mengkonsumsinya secara teratur atau juga bisa dengan cara mengolahnya menjadi masker wajah. Hal ini di dukung dengan kandungan vitamin dan nutrisi pada tomat mengandung zat antioksidan yang di percaya bisa menambah kolagen pada kulit juga bisa menjaga kulit tetap terlihat kencang.  Oleh karena itu, ini bisa membuat kulit bisa lebih terlihat bersih dan juga bercahaya.

 

  1. Mengatasi Jerawat

Dengan masalah jerawat yang sering muncul pada area muka tentu ini membuat seseorang tidak percaya diri. Dan mungkin sudah berbagai cara juga telah di lakukan untuk mengatasi masalah jerawat itu sendiri. Sebenarnya ada satu cara mudah dan juga alami yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah jerawat yaitu dengan memakai tomat sebagai masker wajah.

Ini bisa dilakukan dengan cara mengiris-iris tomat dan menempelkannya pada bagian wajah yang berjerawat atau bisa juga di jadikannya masker untuk wajah. Untuk hasil yang maksimal berikan sedikit tekanan ketika menggunakan masker tomat , ini supaya vitamin yang ada pada tomat dapat meresap ke dalam wajah.

 

  1. Membuat Kulit Menjadi Halus

 

 

Mengkonsumsi tomat secara rutin juga bisa membuat kulit jadi lebih halus dan itu termasuk pada kulit wajah. Selain dengan menggunakan cara menjadikan tomat sebagai masker ini juga bisa di lakukan dengan menambahkan putih telur untuk hasil yang lebih maksimal.

Caranya sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dengan mencampurkan  satu sendok makan putih telur dan sedikit air pada tomat yang sebelumnya telah di haluskan.  Aduk campuran tersebut sampai terlihat menjadi pasta, lalu oleskan pada bagian permukaan wajah. Diamkan hingga mengering kemudian bilas menggunakan air bersih.

 

  1. Menjadikan Wajah Awet Muda

Dengan kandungan lycopene yang terdapat pada tomat, ini sangatlah bermanfaat untuk kecantikan termasuk pada kulit wajah.  Ini bisa mempercepat dalam proses regenerasi kulit dan menangkal radikal bebas sehingga akan membuat kulit nampak awet muda.

Oleh sebeb itu dengan mengkonsumsi tomat secara rutin entah yang masih dalam kondisi buah segar ataupun jus itu sangatlah bagus untuk kulit wajah.

 

  1. Membuat Kulit dingin

Wajah yang umumnya terlalu lama terkena sinar matahari akan sangat terasa panas dan juga tidak nyaman. Maka dari itu salah satu cara mudah agar dapat membuat kulit lebih terasa dingin adalah dengan mamakai tomat.

Caranya ialah dengan menempelkan beberapa irisan tomat pada wajah dan diamkan selama beberapa saat atau sekitar 10 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Dengan kandungan vitamin C dan air yang banyak pada tomat ini bisa membuat wajah menjadi terasa lebih dingin dan juga menyegarkan.

 

  1. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ukuran pori-pori pada wajah bisa menjadi lebih besar jika terkena panas, dan ini tentu bisa menimbulkan jerawat pada wajah. Untuk meminimalisir masalah tersebut, maka tomat bisa menjadi cara yang terbaik. Selain alami ini juga sangat mudah untuk di lakukan oleh semua orang. Bahkan tomat sangat mudah di dapatkan dengan harga yang juga terjangkau.

 

  1. Menghilangkan Masalah Komedo

 

 

Komedo juga menjadi salah satu masalah yang sering muncul pada wajah dan tentunya ini juga dapat menimbulkan masalah jerawat pada wajah. Oleh sebab itu, membuat masker dari tomat juga merupakan cara yang efektif untuk bisa menghilangkan komedo dan membuat wajah jadi lebih bersih.

 

  1. Lindungi kulit dari Radikal Bebas

Dengan kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada tomat yaitu berupa senyawa flavonoid dan juga zea-xanthin. Ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa membuat kulit terlihat lebih tua karena rusaknya sel-sel kulit.

 

  1. Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Masalah dengan kulit berminyak tentunya bisa saja di alami oleh siapa saja, tidak terkecuali oleh pria ataupun wanita. Dengan masalah tersebut itu bisa membuat kulit wajah menjadi terleihat lebih kusam dan kotor. Maka dari itu dengan menggunakan masker tomat secara teratur ini juga dapat mengatasi masalah dari kulit berminyak tersebut.

 

  1. Meminimalisir Kantung Mata

 

 

Mempunyai kantung mata akibat kelelahan ataupun kurang tidur tentunya juga dapat mempengaruhi kondisi dan juga penampilan pada wajah.  Cara sederhana untuk dapat meminimalisirnya adalah dengan menggunakan 2 irisan tomat yang di tempelakan pada wajah. Lakukan dengan sedikit pemijatan ringan pada bagian kantung mat untuk hasil yang lebih maksimal.

 

  1. Atasi Kulit Kering

Kulit kering tidak hanya menjadi masalah pada bagian kulit tubuh lainnya, tetapi ini juga bisa terjadi pada bagian wajah. Dan dengan jenis kulit wajah yang kering ini tentunya bisa menyebabkan  flek hitam. Untuk mengatasinya tomat juga bisa menjadi salah satu pilihan, sebab tomat memiliki kandungan zat besi dan juga vitamin yang terbilang cukup banyak.

 

Demikianlah sejumlah manfaat dari tomat ini kita berikan. Pastinya untuk hasil yang maksimal tergantung pada tingkat kerutinan dan juga keteraturan pemakaiannya, entah itu dengan cara memakainya sebagai masker wajah atau juga bisa mengkonsumsinya sebagai jus. Intinya itu tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Selamat mencoba!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *