Wajib Baca nih, Manfaat Cuka Apel yang Masih Sering Di Abaikan

Manfaat Cuka Apel – Cuka apel merupakan suatu bahan alami dari cuka sari apel yang mempunyai kandungan asam yang cukup kuat yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh kita.

Selain itu cuka apel kini uga sangat baik untuk dikonsumsi dan untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat membantu membantu pengobatan berbagai penyakit.

Salah satu manfaat cuka apel diantaranya ialah dapat mencegah rambut rontok, Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah serta dapat menjaga gigi agar tetap kuat.

Selain itu sari cuka apel sekarang ini banyak digunakan untuk merawat kulit, untuk kecantikan dan kesehatan, itu kenapa cuka sari apel saat ini sering dimanfaatkan sebab memiliki fungsi yang luar biasa dan sangat fleksibel.

Dari beberapa hasil penelitian tersebut, bahan alami ini ternyata mempunyai banyak manfaat, mulai dari untuk kesehatan, kebersihan, bahkan kesehatan.

Cuka yang diperoleh sari sebuah proses fermentasi yang cukup panjang akan menyisakan komponen seperti katekin, asam gallic, dan asam asetat. Proses seperti ini yang membuat cuka mempunyai manfaat sebagai anti bakteri dan antioksidan.

Pada umumnya, ada beberapa manfaat atau kegunaan cuka apel yang paling banyak diburu oleh masyarakat untuk mendapatkan banyak khasiatya. Berikut 10 manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh kita, antara lain :

 

  1. Menjaga kesehatan jantung

 

 

Mengkonsumsi cuka apel secara rutin bisa untuk menurunkan kadar lemak dalam darah dan dapat membantu mencegah penyakit jantung yang menjadi salah satu penyabab dari disfungsi ereksi atau impotensi pada laki-laki.

 

  1. Mengatur kadar gula dalam darah

Ini adalah salah satu manfaat dari cuka apel yang paling dikenal oleh masyarakat, terutama bagi penderita diabetes.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa cuka apel dapat meningkatkan sensitive insulin terutama bagi mereka yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Pada saat kita mengkonsumsi cuka apel sebelum makan, maka cuka apel tersebut akan bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah.

Selain itu para ahli juga menganjurkan untuk berhenti mengkonsumsi obat diabetes dna menggantikannya dengan cuka apel dan tetap untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

 

  1. Membantu mengatasi sembelit, asam lambung dan gabgguan pencernaan

 

 

Cuka apel bisa membantu sistem kerja imun dan dapat mencegah sembelit serta membantu mengatasi gangguan asam lambung dan maag.

 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari webmd, Debbie davis, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa cuka apel dapat berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Selain itu menurut beberapa ahli mengatakan cara untuk menurunkan berat badan yang baik ialah dengan tetap menjaga pola makan yang sehat dan dengan berolahraga secara teratur.

 

  1. Menghilangkan racun pada kulit wajah

Manfaat cuka apel yang berkaitan dengan kecantikan ialah dapat membersihkan kulit wajah dan membuang racun yang diakibatkan kulit kusam dan jerawat.

Kandungan beta karoten yang terdapat pada cuka apel data membantu untuk mencegah sel kulit mati dan membantu mencegah kerusakan kulit.

 

  1. Mencegah penuaan dini dan kerutan

 

 

Salah satu manfaat cuka apel untuk kecantikan ialah dapat memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang banyak muncul pada wajah yang akan membuat anda memiliki kulit yang halus, awet muda, mempesona dan memiliki daya pikat.

 

  1. Mengatasi sakit tenggorokan

Salah satu manfaat cuka apel ialah untuk mengatasi radang tenggorokan dan sakit tenggorokan. Dengan cuka apel ini dapat membantu untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat.

Sebab sebagian besar kuman tidak dapat hidup di lingkungan yang asam yang dimiliki oleh cuka apel.

 

  1. Membantu menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari

Cuka apel sudah dikenal sejak lama sebagai pengobatan alami untuk kulit terbakar yang dapat mmebantu untuk menenangkan dan mengurangi rasa sakit serta dapat mempercepat proses penyembuhan pada kulit yang terpapar akibar sinar matahari.

 

  1. Membantu melawan jerawat

Salah satu kegunaan cuka apel untuk kecantikan ialah dapat menghilangkan jerawat dengan cara alami yang merupakan bahan alami yang sangat baik sebab dalam cuka apel mempunyai kandungan zat antiseptic dan anti bakteri yang berguna untuk mencegahj dan menghilangkan jerawat.

Selain itu, cuka apel juga memiliki kandungan lain berupa zat acetic acid dan alpha hidroxy yang bermanfaat untuk menjaga pori-pori kulit agar tetap bebas dari bakteri penyabab jerawat.

 

  1. Dapat membantu menghilangkan bau badan

 

 

Cuka apel dapat digunakan sebagai deodoran alami untuk membersihkan ketiak agar tubuh tetap wangi, segar dan harum yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

 

Efek Samping Cuka Apel

Meskipun cuka apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, Bhan alami ini juga dapat memiliki efek samping terutama pada saat anda mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Nah, berikut ini ada beberapa efek samping jika mengkonsumsi cuka apel secara berlebihan, antara lain :

 

  1. Turunnya kadar gula darah

Menurut penelitian, kebanyakan mengkonsumsi cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah dalm tubuh sebab efek antiglimiknya.

Selain itu dalam beberapa kasus dapat menimbulkan hipoglikemia atau kekurangan gula darah, yang dapat mengurangi pasokan gula darah ke otak dan bahkan dalam kasus dapat menyebakan koma karena kekurangan gula darah.

 

  1. Menyebabkan kerongkongan terasa perih

Mengkonsumsi cuka apel yang berlebihan dapat menyebabkan kerongkongan mengalami luka. Namun demikian untuk bisa membantu mencegah dinding kerongkongan yang menempel langsung dengan sari cuka yang pekat, maka campurkan terlebih dahulu cuka tersebut dengan air hangat sehingga dapat menghindari kerongkongan yang perih.

 

  1. Menyebabkan masalah gigi

Mengkonsumsi cuka apel secara berlebih dapat merusak gigi pada saat dikonsumsi langsung tanpa melarutkan cuka apel terlebih dahulu.

Selain itu dapat menyebabkan warna gigi kekuning-kuningan dan gigi menjadi lebih sensitive akibat terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel.

 

  1. Penceranaan jadi terganggu

Sebab keasamannya, cuka apel dapat memperparah kondisi maagdan menyebabkan gangguan pencernaan akibat terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi cuka apel.

Selain itu orang yang memiliki gangguan percernaan tidak disarankan untuk mengkonsumsi cuka apel tersebut.

 

  1. Dapat memperlambat pengosongan perut

Mengkonsumsi cuka apel secara berlebihan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dengan mengurangi kecepatan makanan dan meninggalkannya diperut.

Dengan demikian bisa mengakibatkan proses penyerapan makanan dari saluran pencernaan menuju ke aliran darah jadi lebih terhambat dan menjadi lambat.

 

Apabila anda mau mengkonsumsi cuka apel, hal terpenting yang harus diperhatikan ialah cara meminumnya.

Selain itu tidak disarankan untuk meminum cupa apel yang belum dilarutkan terlebih dahulu sebab dengan sifat asamnya yang dicampur dengan air akan menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan bahkan bisa melukai tenggorokan.

Jangan langsung menggunakan cuka apel sebagai pengganti obat, sebaiknya anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter mengenai cara mengkonsumsi cuka apel yang baik dan benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *