21 Manfaat Susu Kedelai yang Belum Banyak Diketahui Orang

manfaat susu kedelai

MANFAAT SUSU KEDELAI – Susu kedelai adalah salah satu susu yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang  enak dan rendah lemak. Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai mentah yang direbus lalu digiling yang pada umumnya banyak dikomsumsi oleh beberapa orang yang memang alergi pada susu sapi.

Sari kacang kedelai sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur. Kacang kedelai memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Susu kedelai memiliki komposisi yang setara dengan susu yakni : 3,5% protein, 2% lemak dan 2,9% karbohidrat. Karena susu kedelai tidak mengandung laksota maka susu ini aman untuk dikonsumsi oleh bayi.

Jumlah ideal yang disarankan dalam mengkonsumsi susu kedelai adalah 200ml per hari. Dan apabila mengkonsumsi susu kedelai sesuai yang disarankan tentunya akan menjadi nilai yang lebih positif untuk kesehatan kita.

Berikut ini beberapa kandungan yang terdpat pada susu kedelai diantaranya :

  • Protein
  • Karbohidrat dan lemak nabati
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 dan B2
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Mineral
  • Isoflavon
  • Kalsium
  • Serat/ fiber
  • Polisakarida
  • Kolesterol baik
  • Phytoestrogen

 

Dan berikut ini juga kami ulas beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh antara lain :

 

  1. Mencegah diabetes mellitus

Susu kedelai mengandung asam amino arginine dan asam amino glisin yang bermanfaat untuk menjaga kesimbangan hormon insulin. Kekurangan insulin pada tubuh akan menyebabkan seseorang menderita diabetes mellitus. Karena itulah susu kedelai sangat bagus untuk dikomsumsi.

 

  1. Mengurangi kadar kolesterol darah

Susu kedelai mampu menghalau kolesterol jahat, karena susu kedelai mengandung letisin yang bersifat melarutkan kolesterol didalam darah sehingga tidak ada penyumbatan dan penyempitan.

 

  1. Mencegah migraine (sakit kepala sebelah)

 

migraine

 

Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur bisa mencegah dan meredakan migraine sebab susu kedelai sebagai seumber mineral dan vitamin B komplek serta asam amino.

 

  1. Mencegah anemia

Sari kedelai mengandung vitamin B12  yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah. Susu kedelai ini menjadi solusi buat kamu yang vegetarian yang alergi terhadap telur ataupun susu sapi.

Susu kedelai menjadi alternatif sebagai pengganti susu sapi.

 

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit ganas, dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai yang juga banyak mengandung protein, mineral serta vitamin penyakit kanker bisa dicegah. Susu kedelai juga memiliki kandungan selenium yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sebagai pemicu kanker.

 

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang biasanya diderita saat usia semakin menua dan bertambahnya usia yang disebabkan semakin sedikitnya hormone yang ada didalam tubuh kita.

Kandungan vitamin D dan kalsium serta fitosterogen yang dimiliki susu kedelai dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

 

  1. Mencegah penuaan dini

 

penuaan dini

 

Menjadi tua adalah sebuah kepastian dan sudah menjadi kodrat seorang manusia. Di dalam susu kedelai bayak mengandung zat senyawa antioksidan diantaranya beta karotin, chromium, selenium, vitamin B, kalsium, tembaga dan magnesium yang dapat memperlambat penuaan dini.

Itulah sebabnya disaarankan untuk mengkonsumsi secara teratur susu kedelai yang berguna untuk kesehatan tubuh.

 

  1. Membantu kekebalan tubuh

Vitamin dan mineral yang terdapat didalam susu kedelai mengandung kadar gizi yang sangat baik yang  dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit.

Untuk menjaga kekebalan tubuh dan tubuh tetap sehat sebaiknya rutin mengkonsumsi susu kedelai tiap hari.

 

  1. Melembabkan kulit

 

Melembabkan kulit

 

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat mencegah dehidrasi didalam tubuh dan dapat memperbaiki sel kulit mati yang tentunya akan memiliki kulit yang lembab dan lembut yang bagus untuk kesehatan.

 

  1. Mengatasi kulit berminyak

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu produksi kolagen dan memperbaiki serat elastin yang sangat membantu mengatasi kadar minnyak berlebih di wajah  sehinga kulit wajah tidak terlihat kusam.

 

  1. Melancarkan pencernaan

Selain kandungan protein, lemak dan karbohidrat  yang terdapat pada susu kedelai, manfat kandungan lainnya yaitu kandungan isoflavone yang bermanfat untuk meningkatkan absorpsi usus untuk memperlancarkan pencernaan.

 

  1. Kesehatan jantung

Begitu banyaknya kandungan zat yang terdapat dalam susu kedelai terutama asam amino dan isoflavone yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Disarankan untuk rutin mengkonsumsi susu kedelai agar jantung kita tetap sehat.

 

  1. Menghilangkan flek hitam pada wajah

Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat mengatasi masalah bintik hitam yang ada diwajah secara perlahan membuat bintik hitam diwajah semakin berkurang yang membuat wajah kelihatan bersih dan berseri.

 

  1. Membantu program diet

 

Membantu program diet

 

Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat dengan mudah membantu program diet yang sedang anda impikan untuk memperoleh badan yang ideal, sebab susu kedelai mengandung 8 gram protein, sedikit lemak dan karbohidrat yang cukup serta kalori yang lebih sedikit.

Susu kedelai menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin memulai program diet, gak ada salahnya untuk mencobanya bukan?

 

  1. Baik untuk penderita Autisme

Autisme merupakan gangguan perkembangan pada anak yang menyebabkan anak tersebut tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya.

Asupan vitamin, protein dan minerasl yang terdapat pada susu kedelai sangat baik dikonsumsi oleh penderita autisme dalam membantu proses penyembuhannya.

 

  1. Membantu proses pemulihan setelah melahirkan

Protein tinggi yang terdapat pada susu kedelai dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak  setelah persalinan baik itu persalinan normal ataupun persalinan dengan operasi (Caesar).

 

  1. Menjaga kebugaran tubuh

 

Menjaga kebugaran tubuh

 

Nutrisi yang terdapat pada susu kedelai tidak hanya menolong menjaga kesehatan ibu selama kehamilan tetapi juga membantu menjaga kesehatan setelah proses melahirkan dengan mengkonsumsi secara rutin susu kedelai tiap hari.

 

  1. Mencegah kanker prostat

Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin akan memperkecil resiko terserang kanker prostat, karena susu kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yansg dapat menghambat produksi hormon testosteron pada pria.

 

  1. Menjaga kesehatan mental

Susu kedelai memiliki kandungan vitamin D yang tinggi yang berguna untuk mengobati kondisi depresi yang bisa berpengaruh kesehatan kita akibat tekanan tinggi.

 

  1. Mencegah gejala pra-menstruasi

Khusus bagi para wanita sebaiknya rutin mengkonsumsi susu kedelai yang kaya akan gizi terutama magnesium dan kalsium yang dapat membantu mengatasi gejala pra menstruasi.

 

  1. Memperlancar Asi bagi ibu menyusui

 

Memperlancar Asi

 

Susu kedelai juga diketahui memiliki manfaat untuk melancarkan asi yang tentunga dengan ditambah dengan ekstrak daun katuk dan ektrak kurma menjadi makanan pendamping bagi ibu menyusui.

Demikianlah 21 manfaat dari susu kedelai yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari khasiat dari susu kedelai semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *