Mau Pasang Lantai Parket di Rumah? Inilah 7 Kayu yang Kokoh untuk digunakan, No 6 Primadona!

Kayu merupakan material alami yang kaya manfaat dan telah digunakan manusia sejak zamam dahulu. Kayu dapat berfungsi sebagai bahan furniture, aksesoris, juga bahan bangunan. Dalam dunia konstruksi, kayu digunakan untuk membuat reng, kaso, tiang penyangga, dan lantai. Nah lantai parket merupakan salah satu bagian rumah yang memanfaatkan bahan kayu. Sebelum digunakan sebagai lantai, parket diolah terlebih dahulu menjadi potongan-potongan berbentuk papan. Harga lantai parket murah dan kualitasnya yang bagus dapat menjadi solusi yang baik daripada menggunakan lantai marmer atau granit yang lebih mahal.

Penggunaan parket di rumah bisa memberikan kesan alami, hangat, dan rapi. Di pasaran, anda bisa menemukan 2 macam parket, yaitu parket yang berasal dari kayu solid dan parket yang terbuat dari kayu laminated.  Lantai parket memiliki tingkat ketahanan dan keawetan yang beragam. Hal ini tergantung dari jenis kayu yang digunakan.  Nah sebelum anda memutuskan untuk membeli parket untuk lantai rumah, sebaiknya anda baca terlebih dahulu ulasan mengenai jenis-jenis kayu kokoh yang bagus digunakan sebagai material lantai parket.

Jenis-jenis Kayu Paling Kokoh untuk Lantai Parket

Karena terdapat begitu banyak jenis kayu yang digunakan sebagai lantai parket, jangan sampai anda memilih jenis yang tidak kuat dan awet. Hal ini penting mengingat lantai parket akan digunakan untuk jangka panjang. Nah berikut ini merupakan 7 jenis kayu kokoh yang bisa anda pilih sebagai lantai parket rumah anda.

1. Mahoni

Kayu yang satu ini bersifat tidak mudah berubah bentuk dan tidak mudah bengkok. Serat kayu ini berwarna merah dengan tekstur yang halus. Kayu Mahoni termasuk pada kelas kuat II, III dan kelas awet III.

2. Merbau

Merbau tergolong kayu keras kelas 1 dengan serat yang putus-putus.  Kayu berwarna cokelat kemerahan ini memiliki daya penyusutan yang rendah.

3. Ulin

Kayu ulin dinobatkan sebagai 10 besar kayu paling keras di dunia. Struktur kayu ini akan akan semakin padat jika terkena air. Selain itu, kayu ini memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu ekstrem. Oleh karena itu kayu ini cocok digunakan untuk decking.

4. Bengkirai

Kayu yang berasal dari Kalimantan ini termasuk dalam kelas awet I, II, III dan kelas kuat I, II. Bengkirai memiliki tekstur yang kasar dengan warna kuning kecokelatan. Lantai yang dibuat dari kayu bengkirai dapat tahan hingga lebih dari 30 tahun.

5. Sonokeling

Kayu Sonokeling sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan lantai dengan corak dan warna yang indah. Kayu ini tergolong kelas awet I dan kelas kuat II. Selain kuat, kayu ini juga tahan terhadap jamur dan rayap.

6. Jati

Kayu jati merupakan kayu primadona dalam hal kekuatan dan keawetan. Selain itu kayu ini tahan terhadap serangga dan memiliki corak yang bagus.

7. Meranti

Kualitas kayu Meranti sangat bagus untuk dijadikan sebagai lantai rumah. Hal ini karena Meranti bersifat keras, dan dapat menahan air.

Nah setelah mengetahui jenis-jenis kayu yang baik digunakan untuk lantai parket, kini waktunya anda untuk mempercayakan pengadaan dan pemasangan lantai parket rumah anda pada Greenfloor. Sebagai distributor lantai parket, toko bahan interior yang berbasis di Greenlake City akan menjamin bahwa parket lantai murah dan berkualitas akan anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Jadi, jangan ragu lagi!

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *