Mengenal Lebih Dalam Mesin Dalam Percetakan

 

Mesin cetak lanyard ( gantungan tali id card )sangat beragam jenisnya, mulai dari digital printing, offset, flexography, gravure. Keempat jenis mesin cetak tersebut mempunyai keunggulan masing-masing. Sehingga lebih dapat menjawab kebutuhan konsumen. Ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri dalam dunia percetakan. Karena saat ini apapun bahannya, desain, dan jumlah produksi, bisa disesuaikan dengan mesin cetak yang akan digunakan.

Jenis Mesin Cetak yang Umum Digunakan Dalam Percetakan

Mesin cetak lanyard memang ada empat kategori. Setiap mesin pasti dipilih oleh percetakan dengan pertimbangan tersendiri. Sebenarnya apa saja karakteristik mesin-mesin dalam percetakan? Paparan singkat berikut semoga bisa membantu.

1. Mesin Cetak Offset

​​​​​​Mesin ini sering digunakan oleh berbagai percetakan. Karena efisien dalam melakukan tugas khususnya untuk jumlah produksi yang sangat banyak. Walaupun dalam jumlah banyak kualitas cetak tidak berpengaruh. Hasil sangat bagus baik dari sisi warna, gambar atau tulisan. Karena teknik pemindahan desain melalui media blanker lalu dituangkan ke dalam master. Beberapa percetakan juga memakai mesin cetak lanyard versi offset karena alasan yang dijelaskan sebelumnya.

Sisi lainnya terkait biaya yang menyertai. Mesin cetak offset tidak terlalu mahal, sehingga pihak percetakan pasti banyak yang memakai. Karena percetakan umumnya lebih sering menerima pesanan cetak dalam partai besar.

2. Mesin Digital Printing

Ini merupakan mesin cetak tali lanyard yang sering dipakai. Karena sudah tidak memakai teknik manual. Semua dilakukan secara otomatis, sehingga jika konsumen ingin hasil cepat dan tidak terlalu banyak jumlahnya, mesin ini sangat direkomendasikan. Selain produk lanyard, mesin kedua ini bisa dipakai untuk cetak brosur, pamflet, kalender, dan masih banyak lagi. Soal hasil, sama seperti dengan mesin offset, yakni tidak akan pecah desainnya.

3. Mesin Cetak Flexography

Mesin ketiga lebih mengarah pada kemasan suatu produk. Mencetak kemasan umumnya memakai mesin ini. Kemasan itu membutuhkan media khusus supaya kerapian dan kejelasan desain terjaga, dibalik uniknya karakteristik bahan kemasan. Maka dari itu flexography menjawab akan kebutuhan tersebut.

4. Mesin Cetak Gravure

Ketika seorang konsumen menginginkan kualitas desain dan gambar terlihat menonjol dan tajam. Maka mesin tersebut yang akan mengeksekusi. Bahkan mesin ini mampu bekerja dengan memakai bahan apapun seperti kain, plastik, kertas, dan lainnya. Hiasan furniture, lanyard juga sering memakai mesin ini.

Itulah paparan singkat terkait mesin mesin cetak berdasarkan kategorinya. Canggihnya teknologi semakin membuat mesin percetakan bertambah ragamnya. Cetak apapun kini menjadi mudah.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *