Mengenal Warna CMYK yang Sering Bikin Keliru

Intiptrik.com – Selama ini kita hanya mengetahui beberapa jenis warna. Khususnya di Indonesia kita sering menamai warna berdasarkan muda dan tuanya. Contohnya saja warna pink dalam bahasa Inggris menjadi warna merah muda bagi kita, warna maroon menjadi merah tua. Selain penggunaan tua dan muda, kita juga sering menyebutkan istilah warna dengan hal – hal yang menyerupai seperti merah darah, merah bata, hijau lumut dan lain sebagainya. Tanpa kita sadari kita sudah mengurangi penamaan pada warna. Padahal tentunya ada banyak sekali warna didunia ini yang dipadu padankan dari tiga warna dasar yaitu hijau, biru, kuning. Eits, gabungan beberapa warna ternyata menghasilkan warna baru yaitu CMYK.

PENGERTIAN WARNA CMYK

PENGERTIAN WARNA CMYK

CMYK merupakan gabungan dari 4 warna dasar yaitu Cyan, Magenta, Yellow dan Black. 4 warna ini ternyata menjadi warna proses yang lebih banyak dikenal di dunia desain grafis. CMYK merupakan proses warna dimana gelombang cahayanya sudah dikurangi. Pada percetakan warna CMYK akrab kita dengar sebagai penentuan cetakan bahkan bahan yang ingin kita beli. Misalnya saja, saat kita ingin membeli tali lanyard di percetakan, kita memilih warna berdasarkan yang sudah mereka cantumkan biasanya di dinding. Warna CMYK ternyata memiliki proses dengan teknik cetak tertentu untuk mendapatkannya. Beberapa teknik cetak tersebut adalah sablon, offset lithography, leterpress dan sebagainya.

Saat ingin mencetak atau mungkin membuat sesuatu dengan menggunakan warna CMYK akan lebih bervariasi karena terdiri dari beberapa warna yang ditumpuk tumpuk menjadi kesatuan. Singkatan CMYK sering diperdebatkan karena huruf terakhir yaitu K yang mengartikan warna hitam. Mengapa K? karena K artinya Key, di mana warna hitam akan menjadi kunci dari ketiga warna lainnya. Dan proses dari penggabungan warna antara cyan, magenta dan yellow akan menjadi black.

 

gantungan id card

FUNGSI WARNA CMYK

Ada banyak sekali fungsi dari warna CMYK. Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa salah satu contoh kecil penggunaan warna CMYK adalah penjual tali lanyard yang memiliki banyak sekali warna. Jika pada tali tersebut hanya memiliki tiga dasar utama, maka fungsi dari tali juga menjadi berkurang yaitu menunjukkan pengenal. Selain itu, warna CMYK juga dapat diaplikasikan pada tali lanyard kulit dan pada baju sablon. Nah, setelah kamu tahu bahwa ternyata ada warna yang lebih banyak, kamu bisa memilih penggunaan warna yang lebih seru dan menarik.

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *