Mengenal Wisata Candi Borobudur: Kompleks Candi Buddha Terbesar Di Dunia

Intiptrik.com – Nama salah satu tempat wisata di Pulau Jawa ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga kamu. Yaps. Selain sebagai tempat wisata edukatif yang menarik, Candi Borobudur juga merupakan salah satu cagar budaya dunia yang bahkan telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia secara resmi pada tahun 1991 oleh UNESCO.

Wisata Candi Borobudur

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Candi Borobudur mulai dibangun sekitar abad ke-9 pada masa Syailendra di bawah pemerintahan Samaratungga. Pembangunan candi ini diperkirakan memakan waktu hingga 70 tahun. Nama Candi Borobudur memiliki arti Biara Buddha di Bukit, yang berasal dari bahasa Sansekerta ‘Vihara Buddha Uhr’.

Upaya pemugaran telah dilakukan beberapa kali untuk menjaga candi ini. Mulai dari zaman penjajahan Inggris sampai saat ini. Bisa kamu bayangkan bagaimana orang-orang pada zaman itu membuatnya tanpa menggunakan teknologi apapun?

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Aktivitas Yang Bisa Kamu Lakukan

Kompleks Candi Borobudur memiliki luas 123 X 123 m2 dengan 10 tingkat bangunan. Disini kamu akan menemukan sebuah stupa induk di puncak, 72 stupa dan 504 arca yang semuanya berdiri tanpa menggunakan bahan perekat maupun semen.

Kalau kamu menelusuri dinding candi, kamu akan menemukan berbagai relief yang menceritakan tentang hidup Buddha. Kamu juga bisa berkunjung ke dua museum yang ada di kompleks ini yaitu Museum Karmawibhangga dan Museum Samudera Raksa untuk belajar sejarah pembangunan candi dan sejarah perdagangan di benua Asia dan Afrika.

Setelah lelah berkeliling candi, kamu bisa menikmati pemandangan eksotis dari puncak candi sambil befoto ria. Kalau beruntung, kamu akan bisa menyaksikan sunset atau sunrise cantik dari atas sini. Oh ya, jangan lupa membeli aneka souvenir cantik untuk dibawa pulang ya.

Transportasi Menuju Candi Borobudur

Cara paling gampang untuk ke tempat ini tentunya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun khusus untuk kamu yag berasal dari Jakarta, kamu bisa menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta. Selain praktis, kamu juga bisa menghemat uang untuk keperluan lainnya.

Hayoo, siapa yang belum pernah ke Candi Borobudur? Yuk, segera hubungi agen sewa bus pariwisata terdekat sebelum kehabisan!

Gravatar Image
Si tukang nyender tapi jago maen Dota II (jago mati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *